Ciri AJB Palsu yang Perlu Diwaspadai Sebelum Membeli Rumah

Artikel ini terakhir di perbaharui January 5, 2024 by David Ashari
Ciri AJB Palsu yang Perlu Diwaspadai Sebelum Membeli Rumah

Ciri-ciri AJB palsu perlu Anda ketahui lebih dahulu, sebelum akhirnya nanti memutuskan untuk membeli rumah. Sehingga Anda juga tidak bingung dan tertimpa hal yang memang tidak diinginkan. Selain itu, pemalsuan dokumen  tersebut sudah diatur dalam undang-undang.

Sehingga jika ada yang melanggar akan dikenakan hukuman sesuai dengan pasal 263 ayat 1 KUHP.  Meskipun begitu, kerap ada saja beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab dan memalsukan dokumen tersebut untuk kepentingannya sendiri.

Pengertian AJB

AJB merupakan yang kepanjangannya adalah Akta Jual Beli dan menjadi salah satu bukti transaksi otentik dalam jual beli maupun peralihan atas bangunan maupun tanah. Dimana dokumen tersebut dibuat oleh PPAT atau notaris. Selain itu, dalam penandatanganan surat tersebut perlu didampingi oleh seorang PPAT yang telah ditunjuk.

Adapun kedudukan AJB ini sah dalam kacamata hukum yang berlaku di negara ini. Dengan begitu, AJB ini tidak dapat Anda buat dengan seorang diri. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat contoh ajb sementara. Tidak hanya itu saja, dokumen ini menjadi salah satu AJB ini dapat dipindahkan tangankan kepemilikannya, dari penjual kepada pembeli.

Kegunaan AJB

Ada beberapa kegunaan AJB yang nantinya dapat menguntungkan Anda. Seperti menjadi bukti sah atas penjualan jual beli properti, biak itu tanah, rumah, bangunan, dan lain sebagainya. Dimana hal tersebut telah disepakati sesuai dengan ketentuan dan harga yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Selain itu, AJB pun dapat menjadi salah satu bukti perkara, jika memang nantinya satu pihak ternyata memang tidak bisa memenuhi kewajiban. Dokumen ini pun dapat menjadi salah satu bukti yang sah bagi pembeli maupun penjual karena telah memenuhi kewajiban dan haknya.

Ciri-Ciri AJB Palsu

Untuk menghindari dari mendapatkan AJB palsu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Yaitu dengan cara mengenai dokumen palsunya seperti apa. Untuk lebih jauhnya simak ulasan berikut ini dulu yuk!

Tanda Tangan Tidak Sesuai

Ciri dari AJB tidak sah yaitu memiliki tanda tangan yang ada dalam dokumen tidak seperti aslinya. Dengan begitu, tanda tangan PPATS maupun PPAT telah dipalsukan.

Nomor PPAT Tidak Sesuai Format

Ciri selanjutnya, yaitu nomor yang tercantum dalam formatnya tidak sesuai. Dimana nomor tersebut biasanya dibuat asal-asalan bahkan bisa jadi itu hanya meniru AJB yang dibuat oleh pihak lainnya. Jadi, jika Anda melihat dokumen yang nomor PPAT nya tidak jelas atau tidak sesuai format, bisa jadi itu contoh AJB palsu

Timbul Tanda Perubahan

Anda pun perlu hati-hati saat pembuatan ajb palsu, jika nanti dalam dokumennya terlihat adanya tanda perubahan. Misalnya, nampak adanya perubahan dari nama pembeli maupun penjual. Pasalnya, jika begitu, dapat dipastikan itu adalah dokumen palsu.

Blanko dan KOP Surat Tidak Sesuai

Anda juga perlu memperhatikan blangko maupun KOP surat yang ada pada AJB. Apabila nantinya, tidak terdapat KOP maupun blangkus yang berasal dari PPATS ataupun PPAt, maka bisa jadi itu adalah palsu.

Meskipun, jika pun ada kedua hal tersebut, tetapi kantor maupun nama PPAT nya tidak jelas, bisa jadi itu adalah palsu. Namun, jika sebaliknya bisa jadi itu adalah contoh surat AJB asli.

Status Tanah Tidak Jelas

Ciri slenajutnya yaitu, statsu dari tanah maupun banguann tidak lah jelas. Seperti halnya, di dalam dokumen tidak dijelaskan secara detail mengenai batas-batas tanah maupun bangunan. Selain itu, status rumah maupun rumah pun tidaklah jelas.

 Apakah properti atau tanah tersebut dalam keadaan sengketa maupun tidak. Pasalnya, dalam AJB hal tersebut diatur dengan sangat jelas dan tidak ada hal yang samar. Jika kamu menemukan dokumen yang seperti itu, bisa jadi palsu. Anda pun dapat melihat contoh AJB desa untuk data memahaminya lebih jauh.

Biaya Tidak Wajar

Untuk biaya pembuatan AJB itu tergantung dari jenis layanan, daerah, dan lain sebagianya. Namun, jika kamu merasa harga yang ditawarkan kepada Anda ternyata jauh dari harga pasaran, sebaiknya di skip dahulu. Kemudian, mencari jasa yang lainnya untuk membantu mengurus dokumen tersebut.

Cara Mengecek AJB Asli atau Palsu

Anda pun wajib untuk mengecek AJB sebelum akhirnya melakukan jual beli rumah dan tentunya hal ini membutuhkan proses waktu. Sehingga Anda yakin bahwa property bukanlah objek sengketa dan dokumen yang bersangkutan adalah asli. Selain menggunakan cara mengecek ajb di kecamatan , Anda pun dapat mengeceknya dengan cara ini!

Memastikan AJB Dibuat Melalui PPAT

Memang pihak yang membuat AJB palsu ini tidak bisa ditebak, sehingga sebaiknya Anda membuat dokumen tersebut  langsung di kantor PPAT setempat yang sudah terpercaya tanpa menggunakan perantara. Selain itu, dokumen tersebut pun akan secara langsung diawasi oleh PPAT sehingga dokumen sah dan valid.

Mengetahui Biaya Pembuatan AJB

 Cara cek ajb online maupun offline yaitu dengan mengecek biaya dari AJB pada umumnya. Sehingga Anda akan terhindar dari pelaku-pelaku nakal yang memanfaatkan peluang. Perlu Anda ketahui, bahwa biaya rata-arat AJB ini sendiri biasanya sekitar 1% dari total transaksi yang dilakukan.

Mengecek Status Objek Jual Beli

Cara mengecek ajb asli atau palsu yaitu dengan  mengetahui status dari properti yang Anda hendak beli ini memanglah jelas. Jangan mau membeli properti ataupun tanah yang statusnya membingungkan.

Pasalnya, hal tersebut hanya akan menjadi bumerang untuk Anda kedepannya karena ditakutkan statusnya adalah sengketa. Maka, cobalah mengeceknya status kepemilikan maupun riwayat kepemilikan  objek  property maupun tanah di kantor BPN setempat. Dengan begitu, jangan langsung tergiur dengan harga yang murah.

Menggunakan Jasa Agen Properti Kredibel

Anda pun dapat menghindari hal yang tidak diinginkan ini dengan menggunakan jasa agen property yang sudah terpercaya. Mereka secara tidak langsung akan sangat hati-hati dalam mengecek dokumen-dokumen yang berkaitan. Sehingga kemampuan nya dapat membedakan mana AJB asli atau palsu.

Mencurigai Prosedur yang Berbeda

Cara cek surat ajb asli atau palsu yang terakhir yaitu melakukan prosedur yang berbeda dari biasanya. Dimana nantinya, AJB baru dapat keluar hanya jika kewajiban bayar pajak atas jual beli tanah telah selesai dilakukan. Akan tetapi, jika Anda dapat menerima AJB tanpa prosedur tersebut, bisa dipastikan bahwa dokumen tersebut palsu.

Ciri-ciri AJB palsu diantaranya adalah memiliki tanda tangan yang tidak sesuai, timbul tanda perubahan, status tidak jelas, biaya yang tidak wajar, dan lain sebagainya. Dengan begitu, coba pastikan kelengkapan dan keaslian dokumen terlebih dahulu. Sebelum akhirnya nantinya, memutuskan untuk membelinya.