Ini Dia Daftar 8 Bank Penyedia Bunga KPR Murah!

Artikel ini terakhir di perbaharui November 10, 2022 by
Ini Dia Daftar 8 Bank Penyedia Bunga KPR Murah!

Semakin hari, semakin tinggi minat masyarakat dalam mengajukan KPR untuk membeli rumah. Dengan minat yang semakin tinggi tersebut, pihak perbankan berlomba-lomba memberikan penawaran produk KPR nya dengan beragam suku bunga, tidak sedikit pula yang menawarkan suku bunga yang relatif rendah atau murah.

Daftar Penyedia Bunga KPR Murah

Sebelum membahas mengenai daftar bank penyedia KPR murah, Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai apa itu KPR. KPR adalah suatu produk pembiayaan untuk membeli rumah yang disediakan oleh lembaga keuangan perbankan. 

KPR sendiri merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah yang memiliki suku bunga berbeda-beda tergantung dari perbankan mana yang anda gunakan. Berikut 8 pilihan KPR dengan suku bunga rendah, yaitu :

1. KPR Bank Tabungan Negara (BTN)

Salah satu produk KPR dari Bank BTN adalah KPR subsidi yang diperuntukkan bagi        Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Suku bunga KPR subsidi BTN adalah sebesar 5,0% fixed sepanjang waktu kredit. Sedangkan untuk besaran suku bunga KPR nonsubsidi BTN berkisar antara 8,88 hingga 9,49 persen, namun bukan suku bunga fixed sepanjang masa kredit.

2. KPR Bank BNI

Bank BNI menawarkan program suku bunga KPR murah melalui program BNI Griya. Produk ini menawarkan tarif kredit murah dengan suku biaya fixed mulai dari 6,75%  untuk 3 tahun. Misalnya jika Anda hendak membeli rumah dengan harga Rp 500.000.000 dengan uang muka Rp 75.000.000 untuk tenor kredit 3 tahun dengan bunga 6,75% maka cicilan perbulan yang harus Anda bayar yaitu Rp 13.074.242.

Selain memiliki produk BNI Griya yang memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian, take over, pembangunan maupun renovasi properti mulai dari rumah tapak, ruko, villa, apartemen hingga tanah. KPR BNI juga memiliki BNI Griya Multiguna dapat digunakan oleh konsumen untuk tujuan konsumtif dengan jaminan properti yang dimiliki konsumen seperti sertifikat tanah, rumah, ruko dan lainnya.

3. Bank Mandiri

Masih dengan bank pemerintah, Bank Mandiri  yang menawarkan program KPR bunga rendah dengan rincian sebagai berikut :

  • 3,75% fixed 1 tahun
  • 4,25% fixed 3 tahun
  • 4,50% fixed 3 tahun
  • 5,50% fixed 5 tahun
  • 8,50% fixed 10 tahun

Misalnya, jika Anda memiliki penghasilan per bulan Rp 5.500.00, dengan tenor 10 tahun dan bunga KPR Mandiri 5 persen maka Anda akan mendapatkan hasil maksimal kredit Rp 285.000.000 dan cicilan Rp 3.000.000. Perhitungan tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda agar tidak mengambil harga yang melebihi maksimal kredit.

Mandiri KPR menggunakan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel sehingga memungkinkan Anda untuk membeli rumah dengan menentukan sendiri jangka waktu dan pembagian jumlah kredit. Kemudian dengan adanya tambahan kredit limit untuk Mandiri KPR yang telah berjalan satu tahun dengan status pembayaran angsuran lancar selama 6 bulan kebelakang akan memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

KPR Mandiri telah bekerja sama dengan lebih dari 900 pengembang di seluruh Indonesia dan diperuntukan bagi perorangan yang ingin membeli rumah, ruko maupun apartemen. Bank Mandiri juga melayani pembiayaan KPR Mandiri untuk jenis take away atau pengambilalihan kredit dari bank lain, KPR Mandiri top up atau penambahan limit kredit Mandiri KPR yang sudah berjalan, KPR Mandiri angsuran berjenjang, KPR Mandiri flexible.

4. Standard Chartered Bank

Bank swasta berikut ini menawarkan program KPR yang cukup menarik. Salah satunya yaitu program Home Suite untuk masyarakat. Selain itu bank yang menawarkan bunga KPR murah ini juga menawarkan Kredit Tanpa Agunan atau KTA dengan bunga mulai dari 0,56 persen dan limit mencapai Rp 300 juta. Masa tenor yang diberikan memang hanya dalam 5 tahun manun kredit ini bisa Anda dapatkan tanpa adanya jaminan apapun. Inilah rinciannya:

  • 6,75% p.a fixed untuk 3 tahun pertama, selanjutnya berlaku suku bunga mengambang
  • 8,75% p.a fixed untuk 5 tahun pertama, selanjutnya berlaku suku bunga mengambang
  • 6,50% p.a suku bunga mengambang

Misal Anda membeli rumah Rp 400.000.000, bunga 6,75% tenor 3 tahun maka cicilan perbulannya yaitu Rp 13.361.110. Standard Chartered Bank juga menawarkan fasilitas pengalihan KPR dari bank lain dan equity loan atau yang lebih dikenal sebagai Kredit Multi Guna.

5. Maybank Indonesia

KPR Maybank yang menawarkan bunga KPR murah ini juga cukup menarik karena memiliki promo potongan bunga rendah dan juga uang muka yang terjangkau sehingga semua orang bisa memilih properti yang lebih murah. 

Selain itu biaya atau tarif yang diberikan juga tergolong normal sehingga tidak akan membebani. Jenis properti yang diambil juga beragam termasuk rumah, apartemen maupun kantor sehingga Anda bebas memilih properti apa yang diinginkan.

Program pinjaman KPR yang ditawarkan Maybank cukup kompetitif dengan   rincian sebagai berikut :

  • 3,62% fixed 1 tahun, minimal jangka waktu 5 tahun
  • 4,62% fixed 3 tahun, minimal jangka waktu 7 tahun
  • 5,62% fixed 5 tahun, minimal jangka waktu 10 tahun
  • 8,62% fixed 10 tahun

Misal Anda membeli rumah Rp 600.000.000, bunga 3,62% jangka waktu 5 tahun maka cicilan perbulannya yaitu Rp 11.338.500. KPR Maybank memiliki tenor pinjaman maksimal 20 tahun sehingga bisa meringankan beban cicilannya. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pembelian properti bekas ataupun take over.

6. KPR Panin Bank

Program KPR Panin Bank terhitung murah mulai dari 5,75% fixed 5 tahun sampai dengan 9,75% fixed 10 hingga 15 tahun. Misal harga properti Rp 250.000.000 dalam tenor 5 tahun bunga 7,75% maka angsuran yang harus dibayar perbulan yaitu Rp 5.039.240. KPR Bank Panin pun menawarkan pilihan tenor hingga maksimal 20 tahun. Panjangnya waktu tenor tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi pelanggan.

Selain memiliki suku bunga KPR murah, KPR Panin juga memiliki biaya yang lebih ringan. Proses persetujuan juga hanya dalam 3 hari kerja. Pembayaran angsuran juga cukup mudah yang mana Anda hanya perlu menyediakan dana di rekening Tabungan Panin dan Panin Bank akan melakukan perdebatan setiap bulan untuk membayar angsuran rumah. Sertifikat dokumen penting juga akan tersimpan dengan aman hingga dapat langsung diserahkan saat masa kredit selesai.

7. KPR BCA

Promo bunga KPR yang ditawarkan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ini adalah sebesar 2,65% eff p.a (bunga efektif per tahun) yang berlaku untuk rumah baru dan   second. Selain itu suku bunga yang tersedia seperti 8,75% fixed 1 tahun, 8,50% fixed 3 tahun, 8,75% fixed 2 tahun dan 9% fixed 5 tahun.

Misal harga properti Rp 500.000.000, uang muka Rp 75.000.000, tenor 10 tahun dan bunga 8,50% fixed 3 tahun maka cicilan yang harus dibayar yaitu Rp 5.269.392. Bank yang menawarkan bunga KPR murah ini juga memiliki berbagai fitur dan agen properti yang akan mempermudah dalam pembelian dan pengajuan KPR. Suku bunga juga relatif stabil sehingga Anda tidak perlu khawatir angsuran melonjak. Menariknya pengajuan KPR juga bisa dilakukan secara online sehingga bisa dari mana saja dan kapan saja.

8. KPR CIMB Niaga

Bank swasta ini termasuk salah satu yang sering menyalurkan KPR dengan suku bunga kompetitif. Produk KPR yang ditawarkan memiliki tenor panjang hingga 25 tahun. Berikut rincian suku bunga CIMB Niaga adalah :

  • 5% fixed selama 3 tahun
  • 6% fixed selama 5 tahun
  • 6,36% fixed selama 6 tahun
  • 8,66% fixed selama 10 tahun

KPR CIMB Niaga menerapkan suku bunga KPR murah, tenor flexible hingga 20 tahun, memiliki kerja sama dengan banyak developer dan broker serta memiliki area cakupan yang luas. Misal jika Anda mengajukan pembiayaan Rp 500.000.000 dengan uang muka Rp 75.000.000, tenor 5 tahun dan bunga 5% maka cicilan perbulan Rp 8.020.274.

Dengan kemudahan KPR, Anda tidak hanya dapat membeli rumah baru, namun juga dapat membeli rumah second dengan harga relatif miring. Namun, Anda bisa mengambil take over KPR atau proses pembelian rumah yang masih dalam tahap cicilan oleh pemilik terdahulu.

Nah, itulah beberapa bank pemerintah dan swasta yang menawarkan berbagai bunga KPR rendah. Selain hal-hal diatas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu salah satunya bunga fixed dan bunga floating. Hitung dengan baik masa bunga fixed dan juga bunga floating. Perlu Anda perhatikan juga kemampuan Anda dalam melunasi cicilan perbulannya.

Semoga informasi diatas dapat memberikan pandangan anda dalam memilih KPR Bank yang paling tepat. Bagi Anda yang sedang mencari hunian nyaman, klik di sini untuk menemukan rumah idaman untuk Anda dan keluarga tercinta. Semoga tips kali ini bermanfaat ya!