7 Tipe Desain Rumah Sederhana yang Wajib Anda Ketahui

Artikel ini terakhir di perbaharui July 31, 2023 by Daisy Andalia
7 Tipe Desain Rumah Sederhana yang Wajib Anda Ketahui

Tidak semua orang memiliki lahan rumah yang luas, namun hal itu dapat diatasi dengan pengaturan ruangan yang efisien. Meskipun begitu, Anda masih dapat mendapatkan desain rumah sederhana namun terlihat mewah sesuai dengan keinginan. Berikut adalah contoh-contoh desain rumah sederhana yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi Anda. Simak inspirasi rumah sederhana berikut ini!

7 Inspirasi Rumah Sederhana

Meskipun harga rumah saat ini semakin meningkat, hal itu tidak menjadi penghalang. Rumah sederhana dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki tempat tinggal dengan anggaran terbatas. Di bawah ini beberapa desain rumah sederhana namun terlihat mewah yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.

1. Rumah Tipe 36

Rumah Sederhana Tipe 36

Pilihan model rumah sederhana namun indah yang pertama dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki hunian nyaman dengan harga terjangkau. Rumah ini memiliki luas bangunan 36 m2, yang mungkin merupakan tipe rumah kecil sederhana yang paling umum di Indonesia. Dengan luas 36 m2, tipe ini bisa menjadi inspirasi desain rumah sederhana 2 kamar yang cocok untuk keluarga kecil Anda.

2. Rumah Tipe 21

Rumah Sederhana Tipe 21

Berikutnya, terdapat desain rumah sederhana dengan tipe 21, yang menjadi inspirasi desain rumah minimalis. Rumah minimalis dengan ukuran ini memiliki tata ruang yang sederhana dan efisien. Umumnya, rumah tipe 21 memiliki 1 kamar tidur, ruang tamu yang terhubung dengan dapur, serta sebuah kamar mandi. Anda dapat menggunakan fitur minimalis agar rumah dapat menampung banyak furnitur dengan baik.

3. Rumah Tipe 45

Rumah Sederhana Tipe 45

Rumah tipe 45 menjadi salah satu tipe hunian yang banyak dicari karena ukurannya yang cukup besar. Gambar desain rumah sederhana 3 kamar di atas mencakup ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi. Anda juga dapat menambahkan taman kecil di depan agar suasana menjadi lebih asri. Jika Anda berencana membangun rumah tipe 45 dengan taman yang luas seperti gambar di atas, Anda dapat memperhitungkan 3 kamar. Umumnya, rumah dengan tipe ini memiliki luas bangunan antara 6 m x 7,5 m, 5 m x 9 m, atau 8 m x 5,6 m. Rumah tipe ini sangat cocok untuk keluarga muda, karena ukurannya tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.

Baca juga: 7 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Ini Triknya!

4. Rumah Tipe 60

Rumah Sederhana Tipe 60

Apabila Anda berkeinginan untuk menerapkan desain rumah sederhana dengan 3 kamar di kawasan pedesaan, pilihlah tipe 60. Rumah tipe ini memiliki luas bangunan sekitar 60 m2 dan biasanya terdiri dari 3 hingga 4 kamar tidur, sesuai dengan keinginan. Karena lebih luas daripada tipe 54, Anda dapat memiliki teras yang cukup luas di bagian belakang rumah. Tipe ini sangat cocok untuk desain rumah sederhana di kawasan pedesaan.

5. Rumah Tipe 120

Rumah Sederhana Tipe 120

Berikutnya, terdapat desain rumah sederhana dengan tipe 120. Tipe rumah ini merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang menginginkan hunian sederhana namun mewah. Pada umumnya, rumah ini memiliki 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, dapur tersendiri, ruang makan, carport, dan juga beranda belakang sebagai tempat bersantai.

Baca juga: 7 Desain Dapur Sempit Minimalis, Sederhana Namun Menawan!

6. Rumah Tipe Modular

Rumah Sederhana Tipe Modular

Saat ini tengah populer rumah dengan bentuk persegi panjang yang berukuran kecil dengan waktu pembangunan hanya sekitar 3 bulan. Rumah tersebutlah yang dinamakan tipe modular. Tipe modular ini unggul dari sisi fleksibilitas dan desainnya. Daya tahan rumah tipe modular pun cukup lama, yakni paling sedikit 60 tahun. Untuk mendapat kesan homey, Anda bisa tambahkan beberapa furniture pelengkap di area ruang tamu, dari meja hingga sofa, atau bahkan aksesoris lainnya.

7. Rumah Conch House

Model Rumah Sederhana Conch House

Model Conch House kini sangat populer di Amerika Serikat. Rumah sederhana ini biasanya terbuat dari material kayu dengan bentuk persegi panjang dan memiliki 2 lantai. Keunikan rumah ini adalah bagian bawahnya yang tidak menyentuh lantai, mirip dengan rumah adat di Indonesia. Anda dapat menerapkan desain rumah minimalis sederhana pada model Conch House agar penataannya menjadi lebih maksimal.

Itulah berbagai macam desain rumah sederhana yang dapat menjadi inspirasi untuk membangun rumah idaman Anda. Kini, banyak orang yang menggunakan desain rumah sederhana di kampung maupun di perkotaan. Apa lagi di tengah melambungnya harga properti, kini rumah sederhana sudah cukup. Hubungi kami untuk rekomendasi rumah sederhana idaman Anda. Semoga artikel kali ini bisa menginspirasi, ya!