Tips Beli Apartemen dengan Aman, Simak Panduannya!

Artikel ini terakhir di perbaharui January 4, 2024 by David Ashari
Tips Beli Apartemen dengan Aman, Simak Panduannya!

Cara beli apartemen merupakan serangkaian langkah yang harus ditempuh oleh seseorang untuk dapat memiliki hak kepemilikan aset. Dimana dalam hal ini, memerlukan pertimbangan dari berbagai aspek yang hanya bukan sebatas harga. Apalagi apartemen sekarang termasuk hunian favorit para milenial, khususnya bagi orang-orang urban yang membutuhkan mobilitas tinggi karena berbagai alasan.

Selain itu, karena apartemen juga dapat dijadikan sebagai instrumen investasi properti. Sehingga saat memutuskan membeli sebuah apartemen perlu pertimbangan seperti lokasi, fasilitas, hingga keamanan. Supaya menjaga nilai kredibilitas properti agar tidak menyebabkan rasa penyesalan di kemudian hari yang dapat merugikan.

Cara Beli Apartemen

Ada beragam keuntungan yang memang dapat dirasakan oleh seseorang jika tinggal di apartemen. Namun, karena hal itu justru tidak menutup kemungkinan membuat kelalaian. Terlebih ketika memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen pertama kali. Jangan sampai Anda merasa kalap hanya karena melihat fasilitas yang ditawarkan saja, pastikan terlebih dulu poin-poin berikut.

Riset

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan membeli apartemen adalah melakukan riset. Baik itu secara langsung visitor ataupun melalui situs properti (online). Lakukan riset untuk menentukan apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan beberapa faktor berikut :

  • Lokasi Apartemen

Lokasi selalu menjadi poin pertimbangan yang penting saat membeli sebuah properti seperti apartemen. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli apartemen yang berada di lokasi dengan prospek bagus. Lau cari tahu apakah lokasi tersebut banyak dipilih oleh orang-orang atau tidak. Selain memperhatikan juga sifat dari lokasi yang rawan bahaya atau tidak.

Namun, jika Anda tidak mau terjebak kemacetan dan menghabiskan waktu di berjam-jam di jalan ketika berangkat kerja. Sebaiknya pilih apartemen yang lokasinya berada dekat dengan kantor atau di pusat perbelanjaan dan tempat makan. Fakto ini berlaku untuk menjadi pertimbangan cara beli apartemen di jakarta.

  • Periksa Status Lahan

Faktor yang menjadi pertimbangan cara membeli apartemen berikutnya adalah keabsahan atas legalitas atau status lahan. Apakah status lahan itu bersifat residensial atau komersial. Perlu Anda pahami jika status lahan masuk ke dalam golongan komersial, maka taksiran harganya akan lebih tinggi.

Meliputi biaya keperluan seperti listrik, air, kebersihan yang berbeda dengan status residensial. Memeriksa keabsahan legalitas lahan ini juga dapat mempengaruhi hak kepemilikan akan unit apartemen. Sebab secara umum setiap unit apartemen biasanya hanya memiliki sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) bukan Sertifikat Hak Milik (SHM).

  • Perhatikan Fasilitas dan Fitur yang Ditawarkan

Faktor pertimbangan riset yang ketiga adalah memperhatikan penawaran fasilitas dan fitur. Jadi, apa saja keuntungan beli apartemen di sana jika Anda membeli salah-satu unitnya. Termasuk fasilitas-fasilitas pendukung yang ditawarkan developer. Apakah harga segitu worth it untuk apartemen dengan semua fasilitasnya atau tidak.

  • Perhatikan Usia Bangunan Apartemen

Salah-satu pertimbangan beli apartemen yang cukup vital yaitu usia bangunan jika Anda berencana untuk membeli seken. Hal ini karena, apartemen yang memiliki usia cukup tua biasanya memerlukan biaya perawatan lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan baru.

Oleh karena alasan tersebut, pastikan Anda teliti mempertimbangkan jadi atau tidaknya membeli. Untuk meyakinkan Anda juga bisa mengecek kondisi unit apartemen hingga fasilitas publik pendukung seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan lainnya.

  • Perhatikan Area Parkir

Area parkir yang luas dapat jadi pertimbangan harga apartemen yang masuk dalam penawaran fasilitas. Pasalnya mayoritas apartemen hanya menyediakan lahan khusus parkir untuk menampung satu mobil per unit. Dimana jika memiliki lebih dari dua mobil maka siap-siap saja mengeluarkan dana ekstra untuk tambahan sewa lahan parkir.

Selain itu, cari tahu apakah area parkir tersebut berada dalam penanganan keamanan yang ketat atau tidak. Lalu adakah petugas sekuriti yang menjaga area parkir selama 24 jam. 

  • Pertimbangkan Pemandangan

Apabila tujuan Anda membeli apartemen untuk dijadikan instrumen investasi maka pilihlah yang bisa menyuguhkan pemandangan indah dari balkon. Hal ini karena, harga jual apartemen kembali bisa jadi lebih tinggi. Contohnya apartemen yang menyuguhkan tugu Monas atau kelap-kelip lampu di sekitar patung Bundaran HI dari jendela balkon

  • Perhatikan Keamanan

Keamanan merupakan aspek pertimbangan riset khusus yang dapat jadi syarat beli apartemen. Sebab bagaimanapun juga keamanan termasuk hal penting yang menjadi syarat kenyamanan sebuah hunian.

Apalagi jika Anda berencana tinggal bersama anak-anak atau lansia di sebuah unit apartemen. Pastikan Anda memeriksa apakah ada sekuriti yang berpatroli selama 24 jam atau tidak. Selain itu, apakah lokasi apartemen tersebut rawan kejahatan, banjir, dan permasalahan lainnya atau tidak.

  • Perhatikan Kepadatan

Riset terakhir yang harus jadi poin pertimbangan Anda juga yaitu mengenai kepadatan. Hindari membeli apartemen yang memiliki penghuni cukup padat. Dimana kepadatan ini bisa menimbulkan permasalahan sehari-hari. Seperti antrian lift yang terlalu lama, susah mencari lahan parkir, potensi kebisingan dan macet saat mau keluar masuk apartemen.

Faktor-faktor pertimbangan riset tersebut tentu bisa Anda dapatkan melalui informasi dari penawaran di website ataupun lainnya. Seperti bertanya langsung kepada tim pemasaran dari kawasan properti apartemen itu.

Menentukan dan Mempersiapkan Budget

Menentukan dan mempersiapkan budget merupakan langkah kedua untuk bisa membeli sebuah unit apartemen. Setelah melakukan riset secara menyeluruh Anda dapat mempersiapkan berapa banyak budget yang sekiranya cocok dengan pilihan apartemen itu. Pastikan Anda menentukan budget di atas rata-rata untuk mengantisipasi kekurangan.

Apakah apartemen itu beli atau sewa yang dibuat berdasarkan pertimbangan harga. Oleh karena itu, Anda dapat memilih beberapa apartemen yang jadi pertimbangan sebelum membayar biaya booking free. Sehingga bisa memutuskan jadinya akan menyewa atau membeli. Termasuk menyiapkan KPA, PPJB,  PJB, asuransi dan perawatan lainnya.

Apalagi harga apartemen di Jakarta yang pasarannya sudah berada di angka ratusan juta. Dimana harga tersebut tentu belum tentu termasuk ke dalam biaya PJB, PPJB, dan perawatan, terutama asuransi.

Pembayaran

Setelah merasa cocok dengan apartemen pilihan, Anda dapat langsung segera melakukan pembayaran. Baik itu secara cash atau cicilan dengan sistem KPR melalui developer yang terpercaya dalam menawarkan properti. Cara membeli apartemen dengan cicilan sendiri biasanya developer sudah bekerja sama dengan bank besar yang memiliki kredibilitas baik.

Hanya saja membeli apartemen dengan fasilitas KPR Anda perlu menyiapkan beberapa biaya. Mulai dari biaya DP, administrasi, provisi, asuransi jiwa, dan lain sebagainya.

Ketiga langkah cara beli apartemen tersebut merupakan hal yang tidak boleh luput dari pertimbangan Anda. Mulai dari riset hingga pemilihan pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda secara baik. Bukan hanya sekedar melihat bagaimana bangunan unit apartemen itu sendiri. Selamat mempelajari!