Tips Membeli Rumah Indent Serta Kelebihan dan Cara Mendapatkannya

Artikel ini terakhir di perbaharui November 13, 2023 by David Ashari
Tips Membeli Rumah Indent Serta Kelebihan dan Cara Mendapatkannya

Rumah indent menjadi salah satu pilihan bagi orang yang sedang mencari atau menginginkan hunian, terutama bagi orang Anda yang ingin mendesain rumahnya sendiri. Namun, untuk lebih mengenal dari perumahan ini, simak ulsan berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Rumah Indent?

Rumah indent adalah salah satu rumah yang nantinya akan dijual, tetapi dalam kondisi belum siap dihuni bahkan belum dibangun. Selain itu, metode pembelian properti ini pun memang akan membuat calon pembeli membayar terlebih dahulu kepada pihak developer.

Kemudahan nantinya akan menandatangani dokumen yang berisi mengenai kesepakatan bersama. Kemudian nantinya pihak developer akan membangun rumah sesuai dengan pesanan pembeli.  Dengan begitu, apa itu rumah indent?

Yaitu sistem pembelian properti ini yaitu nantinya pihak pengembang akan memakan unit rumah maupun properti lainnya. Namun, hanya berbentuk blueprint dari denah. Sehingga nantinya, jika pesanan yang masuk, maka akan dibangun sesuai lokasi dan desain yang sesuai pesanan pembeli.

Keuntungan Membeli Rumah Indent

Pengalaman beli rumah indent bagi pembeli yang memiliki keinginan  membuat rumah sesuai dengan desain yang diinginkan, menjadi sebuah kepuasan tersendiri saat nantinya jadi. Akan tetapi, pastikan bahwa Anda telah bekerjasama dengan pihak pengemabng property yang terpercaya sehingga akan merasakan beberapa keuntungan berikut ini!

Mendapatkan harga lebih murah

Indent adalah rumah yang dijual kepada konsumen, tetapi belum siap huni. Adapun manfaat yang akan Anda rasakan saat membeli properti ini yaitu harga yang dipasarkan jauh lebih murah daripada rumah yang sudah siap untuk ditinggali. Tentunya dengan tipe atau lokasi yang sama.

Kondisi Rumah Masih Baru

Tidak hanya memiliki harga yang cenderung terjangkau, rumah indent pun biasanya mendapatkan banyak promo. Baik berupa bebas DP, hadiah, dan lain sebagianya. Selain itu, kondisi banguan pun nnatinya memang masih baru karena baru dibangun saat Anda memesannya.

Bisa Menentukan Posisi dan Arah Rumah

Seperti yang diketahui,bahwa rumah ini belum dibangun saat Anda melakukan transaksi dengan pihak pengembang. Dengan begitu, Anda dapat menentukan arah atau posisi rumah sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya diabngunbya di dekat tempat ibah, dekat dengan gerbang kompleks, dan lain sebagainya.

Bisa Datang ke Lokasi dan Mengecek Proses Pembangunan

Setelah melakuan transakis dengan pihak pnegmabang, nantinya pun Anda berhak untuk datang langsung ke tempat unit akan dibangun dengan tujuan survei.  Selain itu, Anda pun dapat mengecek secara tidak langsung mengenai model maupun kualitas bangunan yang digunakan dalam pembangunan tersebut.

Rumah Telah Dilengkapi dengan Dokumen

Meskipun sistem dari pembelian jenis rumah ini belum dibangun, tetapi nanti setelah Anda melakukan pembayaran dan memenuhi ketentuan yang berlaku akan mendapatkan hak hukum. Berapa IMB maupun sertifikat tanah yang sudah didaftarkan atas nama pembelian.

 Dengan begitu,  Anda tidak perlu khawatir mengenai kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh rumah indent.

Dapat Melihat Proses Pembangunan

Keuntungan lainnya yang dapat Anda dapatkan yaitu bisa langsung melihat proses pembangunan rumah yang dibeli. Dengan begitu, Anda dapat memantau secara langsung bagaimana progress dari pembangunan rs belut.

Saat Rumah Sudah Jadi Bisa Langsung Ditempati

Setelah  rumah selesai dibangun, maka pengemabng akan melakukan serah terima kepada pembeli. Dengan begitu, nantinya Anda dapat langsung menempati rumah tersebut.

Tips Membeli Rumah Indent

Penipuan rumah indent bisa saja terjadi pada siapa saja, termasuk Anda. Dengan begitu, penting untuk memastikan bahwa pihak pengembang memang kredibilitas yang tinggi. Adapun tips nya adalah sebagai berikut!

Cek Dengan Teliti Reputasi Developer

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk terhindar dari hal yang merugikan di masa depan, maka pastikan Anda memilih pengembang properti dengan reputasi yang baik. selain itu, terbukti oleh pembangun proyek yang berhasil dan baik.

Pastikan developer memegang dokumen legal yang lengkap

Salah satu hukum jual beli rumah indent membutuhkan beberapa dokumen penunjang sehingga nantinya tanah maupun rumah tersebut dapat memiliki perlindungan hukum. Adapun dokumen yang wajiab dimiliki oleh pihak pengambng anatra lain yaitu Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah.

Selain itu, Anda pun perlu memastikan bahwa pihak pengembang memiliki sertifikat tanah, izin lokasi, IMB, Site Plan yang sudah disahkan, dan Surat Izin Penggunaan Bangunan . Bahkan seorang pengembang haruslah memiliki aspek penatagunaan lahan.

Jangan melakukan pembayaran di muka sebelum KPR disepakati oleh pihak bank

Namun, Anda tidaklah perlu melakukan pembayaran di muka sebelum KPR telah disepakati oleh pihak Bank. Apapun  nangi alasan yang diberikan oleh pihak penegmang untuk menjaga keamanan. Pasalnya, nanti bank akan melakukan evaluasi kemampuan keuangan dari pembeli dalam melunasi cicilan. Bahkan jika bisa hindarilah membayar DP kepada pengembang sebelum, KPR disetujui.

Rutinlah mengunjungi dan meninjau lokasi pembangunan rumah secara langsung

Proses kpr rumah indent biasanya tidak membutuhkan waktu sampai puluhan tahun,  Meskipun begitu, Anda perlu  melakukan peninjauan terhadap proses pembangunan di lahan yang telah Anda pilih.

Berapa Lama Proses Pembangunan Rumah Indent

Biasanya proses pembangunan tipe rumah ini sendiri membutuhkan waktu yang memang tidak singkat. Selain itu, untuk durasi waktu yang dibutuhkan dalam menyesuaian bangunan, biasanya terjadi dari satu sampai dengan dua tahun.

Prosedur dalam pembelian Rumah Indent

Dalam melakukan transaksi rumah indent, ada beberapa hal perlu diperhatikan, selain memasukan pihak developer terpercaya. Anda pun perlu mengikuti beberapa prosedur yang berlaku. Sebagai gambarannya adalah sebagai berikut!

Penyerahan Booking Fee

Setelah semua syarat dan ketentuan yang berlaku dipenuhi, maka langkah selanjutnya yaitu penyerahan booking fee atau lebih dikenal sebagai biaya untuk tanda jadi. Untuk besarannya pun beragam, tetapi umumnya yaitu berkisar sekitar Rp1 Juta sampai dengan Rp 10. Juta.

Perjanjian Jual Beli

Kemudian nantinya akan dibuat perjanjian jual beli sebagai pengingat yang dikenal dengan istilah PPJB. Diman fungsinya yaitu pengikat antar pembeli maupun penjual untuk dapat mematuhi transaksi yang sesuai dengan kesepakatan.

Selain itu, dalam PPJB juga biasanya terdapat informasi mengenai properti, hak, dan kewajiban dari masing pihak. Baik itu pihak pembeli maupun penjual properti.

Pembayaran Uang Muka

Untuk fase ini, nantinya Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran uang muka sesuai dengan kebijakan lembaga perbankan yang memberi KPR. Selain itu, Anda pun perlu menyiapkan dana untuk membayar biaya yang lainnya. seperti halnya asuransi, provisi, dan appraisal. Namun, untuk  besarnya rumah indent ini sendiri berbeda-beda.

Akad Kredit

Langkah selanjutnya yaitu melakukan akad kredit dengan disaksikan oleh notaris yang telah bank. Namun, dapat juga menggunakan saksi notaris pilihan.

Dimana nantinya ia akan mengurus seluruh dokumen yang penting dan diperlukan dalam proses pengajuan KPR inden.  Adapun dokumen tersebut mencakup pajak, balik nama, akta jual beli, surat perjanjian kredit, dan lain sebagainya.

Pembayaran Cicilan

Setelah akad kredit telah selesai, barulah nantinya pihak developer akan memabngun rumah indent pesanan Anda. Kemudian nantinya, barulah Anda akan mulai membayar angsuran dengan nominal yang sesuai kesepakatan setiap bulanya. Sedangkan untuk pihak bank nantinya akan melakukan evaluasi mandiri mengenai progress pembangunan properti tersebut.