Begini Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus!

Artikel ini terakhir di perbaharui April 1, 2024 by David Ashari
Begini Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus!

Cara melihat pesan WhatsApp (WA) yang sudah dihapus kemungkinan memang masih belum diketahui oleh beberapa orang, termasuk kamu. Padahal melihat pesan WA yang belum sempat terbaca karena keburu dihapus oleh si pengirim pasti menimbulkan rasa penasaran. Apalagi pesan dari kontak yang dirasa sangat penting, tidak jarang juga menimbulkan rasa kekhawatiran tersendiri.

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir dengan menyimak cara melihat pesan WA yang sudah dihapus oleh pengirim berikut ini. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bantuan perangkat yang ada. Tunggu apa lagi, yuk simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah!

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Cara mengetahui pesan WA yang telah dihapus tanpa aplikasi merupakan opsi yang banyak dicari. Hal ini karena, mungkin dianggap lebih simple sebab tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Hanya perlu memanfaatkan beberapa fitur dalam aplikasi WhatsApp sendiri yang bisa membantu memulihkan pesan terhapus, diantaranya :

Fitur Notification History

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi yakni dengan masuk ke fitur notification history. Akan tetapi, perlu kamu pahami bahwa cara ini hanya dapat dilakukan pada perangkat ponsel Android tipe 11 ke atas. Fitur notification sendiri menyimpan pesan yang terkirim oleh si pengirim selama 24 jam ke depan. 

Cara mengecek mengecek pesan yang dihapus sebelum tenggat waktu itu kamu perlu membuka menu pengaturan pada ponsel. Kemudian pilih menu “notification” dan “advanced settings” lalu aktifkan “notification history”. Setelah fitur diaktifkan maka semua notifikasi pesan WA yang masuk ke handphone akan masuk dan terekam. Sehingga ada riwayat pengiriman yang bisa kamu cek.

Fitur Ekspor Pesan

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus di hp android tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu melalui fitur ekspor pesan. Fitur yang bisa kamu gunakan untuk melihat pesan terhapus dengan langkah-langkah seperti ini, buka menu “setting” pada aplikasi WhatsApp yang terdapat di dalam perangkat ponselmu. Pilih menu yang terletak di sisi kanan pojok atas dan klik “chat history” lalu “ekspor chat”. Kemudian klik kontak yang ingin dilihat pesannya, termasuk ketika kamu ingin mengembalikan foto, video, atau media lain. Baru tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai.

Mencadangkan Pesan ke Google Drive

Mencadangkan pesan ke google drive termasuk opsi cara melihat chat wa yang sudah dihapus di hp pasangan. Pilih fitur mencadangkan pesan ke dalam Google Drive, agar semua riwayat chat WhatsApp secara otomatis tersimpan di G-Drive. Sehingga saat pesan yang masuk kembali ditarik atau dihapus tetap bakalan ada karena sudah terekam. 

Adapun langkah-langkah untuk mencadangkan pesan ke Google Drive yaitu. Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih menu “Setting” dan klik opsi “chat”. Baru tekan “cadangkan ke Google Drive” dengan memilih waktu percakapan yang ingin dicadangkan. Setelahnya, tinggall tunggu pencadangan sampai selesai.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Melalui iPhone dan Aplikasi Ketiga

Pada dasarnya cara melihat pesan WA yang dihapus di iPhone sama seperti langkah-langkah di perangkat Android. Bedanya khusus perangkat iPhone pihak Apple menyediakan iCloud sebagai wadah untuk meng-backup semua data dan file, tanpa terkecuali chat WA. Jadi, agar kamu bisa melihat pesan WA yang sudah dihapus, penting sekali untuk membackup cadangan data sebelumnya menggunakan iCloud.

Termasuk ketika kamu mencari cara melihat chat WA yang sudah dihapus lama. Apabila data sudah dicadangkan akan lebih mudah, kamu tinggal pilih menu “Restore” atau “Pulihkan Chat”. Nanti sistem akan mengambil file pesan yang ada di iCloud dengan otomatis dan chat terhapus dapat kamu lihat kembali.

Sementara rekomendasi aplikasi melihat pesan WA yang dihapus untuk bisa kamu gunakan diantaranya; Dr.Fone, MiniTool Mobile Recovery untuk iOS, hingga iTunes. Kamu dapat menggunakan iTunes dengan cara pilih ponsel iPhone, lalu klik “Summary” dan tekan “Back Up Now”. Langkah-langkah ini tidak jauh berbeda dengan operasional aplikasi pihak ketiga yang juga bisa membantu kamu melihat pesan WA terhapus. 

Cara melihat pesan WA yang dihapus oleh pengirim misalnya atau story chat lama tapi terdelete di aplikasi. Aplikasi pihak ketiga berperan menjadi penghubung yang akan memproses pesan terhapus. Namun, dengan catatan akan lebih mudah jika memang data pesan telah di backup terlebih dahulu.

Apabila pesan yang masuk dihapus, tetapi data tidak dicadangkan, maka kemungkinan akan sulit. Terkecuali kamu hanya bermasalah dengan jaringan dan sinyal. Kamu hanya perlu sedikit bersabar sampai proses pencadangan selesai diakses, sehingga riwayat pesan kembali. Baru kamu dapat melihat chat WA yang telah dihapus atau terhapus.

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus merupakan kesatuan langkah perangkat dalam “memulihkan riwayat pesan”. Device yang masih bisa memberi opsi atau alternatif kepada kamu saat merasa penasaran ketika pengirim menarik kembali pesannya. Tetap, jangan lupa dengan catatan kamu telah mem back-up data cadangan sebelum itu agar memudahkan pengecekan!