Cara mengetahui WA Disadap dan Solusi Mengatasinya

Artikel ini terakhir di perbaharui November 6, 2023 by David Ashari
Cara mengetahui WA Disadap dan Solusi Mengatasinya

Ada beberapa cara mengetahui WA disadap atau tidak oleh orang lain.  Cara ini sendiri dapat membantumu untuk mengecek sekaligus mengamankan data sesegera mungkin. Tentu hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kebocoran data atau privasi dari akun WA.

Cara Mengetahui WA Disadap

Beberapa waktu lalu, banyak orang yang mempercayai bahwa kode *# 61 dan *#21 adalh untuk mengecek akun WA disadap atau tidak. Namun, menurut beberapa sumber hal tersebut merupakan informasi palsu atau Hoax saja.  Nah, ikuti cara mengetahui hp disadap ini yuk!

Memeriksa Sesi Obrolan yang Terbaru

Cara mengetahui wa disadap di iphone yaitu dengan mengecek melalui sesi terakhir dari obrolan dan untuk caranya sendiri yaitu dengan mengklik icon tiga titik vertikal yang berada di pojok kanan. Setelah itu, cobalah klik link device dan tampilan aktivitas terakhir pun akan kamu lihat.Apabila kamu melihat atau menemukan device maupun perangkat yang tidak dikenal, segeralah untuk log out.

Status Online

Cara mengetahui wa disadap jarak jauh dapat kamu lihat melalui status online dan untuk melihat nya kamu membutuhkan akun WA lain yang nomornya telah disimpan, baik oleh kamu maupun pemilik akun tersebut. Kamu bisa meminjam WA temanmu dan melihat apakah statusnya online atau malah tidak.

Jika statusnya offline, padahal kamu tidak membuka WA dan jaringan internet telah kamu nonaktifkan, maka bisa jadi WhatsApp yang kamu miliki telah disadap. Sehingga memungkinkan, pesan text, gambar, dokumen, sampai dengan telepon dapat pihak ketiga akses. Maka, sebaiknya kamu langsung mengaktifkan keamanan ekstrak.

Mendapatkan Kiriman OTP

Cara mengetahui wa kita disadap selanjutnya dengan adanya kiriman sebuah kode verifikasi yang dapat digunakan sekali saja. Jika iya, bisa jadi WhatsApp kamu telah disadap oleh pihak ketiga. Hal ini karena OTP biasanya akan digunakan untuk dapat memverifikasi  bahwa seseorang tersebut memang benar pemilik dari akun bersangkutan.

Umumnya, kode OTP ini akan dikirimkan pihak WA saat ada aktivitas mencoba log in menggunakan perangkat baru.  Sehingga jika kamu mengalaminya, sebaiknya tidak memberikan kode OTP kepada siapapun.

WA Keluar Sendiri

Pihak yang dapat menyadap  WA, itu bisa siapa saja bahkan orang-orang terdekat pun dapat melakukannya, seperti halnya pasangan. Lalu bagaimana cara mengetahui wa disadap pasangan? Salah satunya yaitu akun WA yang kamu miliki kerap keluar dengan sendiri.

 Kemudian, lama-lama akan muncul notifikasi bahwa nomor telepon kamu telah terdaftar pada perangkat lainnya. Jika muncul notifikasi seperti ini, usahakan untuk tidak langsung menekan ‘’Oke” karena hal ini bisa menyebabkan pihak ketiga menyabotase akunmu.

 Untuk cara mengetahui wa disadap di android, cobalah untuk login kembali. Kemudian, lihatlah apakah kamu dapat mengakses nya dengan normal atau tidak. Apabila, kamu dapat mengakses akun WhatsApp dengan normal, bisa jadi hal tersbut terjadi karean adanya masalh teknis saja.

Terjadi Perubahan Pengaturan Akun

Cara mengetahui wa disadap pakai whatsapp web selanjutnya dapat terlihat dari peraturan yang berubah. Dimana sebenarnya kamu tidak melakukan aktivitas apapun sebelumnya pada akun tersebut. Termasuk melakukan perubahan pada keamanan, privasi, dan lain sebagainya.

 Misalnya, kamu menemukan pengaturan notifikasi berubah bahkan keamanan akun pun ikut berubah. Padahal sebenarnya, kamu tidak melakukan aktivitas apapun. Apabila hal tersebut kamu alami, bisa jadi karena memang akun WA mu telah pihak ketiga akses dengan illegal.

Pengaturan Terbaca Hilang Tiba-tiba

 Cara mengetahui wa disadap atau tidak, dapat kamu cek dengan melihat laporan terbaca pada pesan. Hal ini karena dalam WhatsApp terdapat pengaturan terbaca dan memang beberapa pengguna menonaktifkannya karena kebutuhan.

Namun, jika kamu mengaktifkan fitur tersebut, kemudian tiba-tiba saat mengirim pesan dan orang yang kamu kirimi pesan membalas tanpa adanya centang dua biru. Bisa jadi, akun WhatsApp kamu memang telah disadap.

  Jika terjadi hal tersebut, cobalah untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah terlebih dahulu. Sebelum akhirnya kamu meng-instal WA mu dan menginstal kembali aplikasi tersebut.

Mengatasi WA Disadap

Setelah mengetahui cara mengetahui wa disadap, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan jika memang akun WA telah pihak ketiga sadap adalah mengatasinya dengan baik. Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini!

Instal WhatsApp Kembali

Jika memang kamu merasa WA kamu ada yang menyadap, maka kamu dapat menghapus aplikasi chat tersebut terlebih dahulu. Kemudian, menginstal kembali melalui playstore dan setelah berhasil, cobalah untuk login menggunakan nomor telepon yang kamu gunakan sebelumnya.

Nantinya, akan ada kode OTP sebanyak enam digit. Setelah itu, masukan kode OTP tersebut ke dalam kolom yang telah tersedia. Setelah itu, coba lah untuk klik ke menu atau setelan, klik akun dan pilih verifikasi dua langkah. Ikutilah step by step sesuai dengan instruksi yang ada di dalamnya.

Menghapus Aplikasi Tidak Dikenal

Salah satu penyebab, akun WA dapat pihak ketiga akses yaitu terdapat aplikasi yang ia sengaja download pada handphone yang kamu miliki. Akan tetapi, bisa juga aplikasi tersebut kamu download secara tidak sengaja.

Hal ini karena film tersebut  diberikan nama sebagai undangan, file tugas, dan lain sebagainya. Sehingga memicu kamu untuk mendownloadnya tanpa curiga. Namun, biasanya, nama filenya akan tertulis APK di keterangn filenya.

Maka, jika menemukan kiriman seperti itu, sebaiknya tidak membukanya sama sekali. Jika memang sudah terlanjur terdownload, cobalah untuk mengecek aplikasi tidak dikenal pada perangkat. Kemudian, hapus software tersebut dan aktifkan semua fitur keamanan yang tidak mengizinkan aplikasi dikenal dapat diunduh.

Non-aktifkan Akun WA

Apabila kamu telah mempraktekkan cara mengetahui WA disadap dan ternyata memang benar, maka cobalah untuk menonaktifkan akun tersebut. Namun, hal ini kamu lakukan jika memang sudah benar-benar yakin ya.

Kemudian, kirimkan email ke [email protected] dengan ajuan untuk menonaktifkan akun WA yang kamu miliki. Biasanya nanti, kamu akan menerima balasan tidak lama dari kamu mengirim pesan. Setelah itu, WA akan non-aktif dan baru bisa kamu gunakan apabila sudah 30 hari tidak aktif.

Mengganti Nomor WA

Hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengganti nomor WhatsApp dan kamu tidak perlu khawatir data yang ada pada nomor sebelumnya akan hilang, begitu saja. pasalnya, kamu dapat melakukan back up terlebih dahulu pada google drive. Untuk caranya adalah sebagai berikut!

  • Buka aplikasi WA
  • Klik, titik tiga vertikal kemudian pilih ‘’Setelan”
  • Setelah itu, klik ‘’Akun”
  • Kemudian, klik ‘’Ganti Nomor” dan ikutilah cara selanjutnya sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Cara mengetahui WA disadap yaitu degan mengecek laporan terbaca, WA keluar sendiri, ada kirim OTP padahal tidak melakukan aktivitas apapun, dan lain sebagainya. Informasi ciri-ciri wa disadap dan cara mengatasinya  diatas,  dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi dalam mengatasi akun WhatsApp yang kamu curigai telah ada yang menyadapnya.