Berapakah Idealnya Ukuran Pintu Kamar Mandi? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui February 21, 2024 by David Ashari
Berapakah Idealnya Ukuran Pintu Kamar Mandi? Simak Ini!

Ukuran pintu kamar mandi menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik. Sehingga nantinya, sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, perhatikan pula bahan pintu kamar Mandi yang digunakan. Usahakan untuk memilih pintu dengan material yang berkualitas. Sehingga nantinya memiliki daya tahan yang bagus dan awet.

Ukuran Pintu Berdasarkan Standar

Ada beberapa ukuran yang dapat Anda jadikan patokan untuk membuat pintu kamar mandi. Sehingga Anda pun akan lebih nyaman dalam menggunakan kamar mandi. Adapun ukuran tersebut adalah sebagai berikut!

Ukuran Pada Umumnya

Ada ukuran yang biasanya digunakan oleh banyak orang untuk pintu kamar mandi. Adapun untuk ukuran yang idealnya sendiri yaitu memiliki panjang sekitar 180 cm dan lebarnya mencapai 70 cm.  Namun, ada juga yang menggunakan pintu kamar mandi ukuran 60×180. Ukuran ini sendiri memang sudah menyesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia yang mencapai sekitar  160 cm. 

Ukuran tersebut pun sudah menyesuaikan dengan luas kamar mandi yang biasanya digunakan masyarakat Indonesia.  Sehingga perhitungan ini dinilai akan memberikan rasa nyaman saat keluar masuk dari kamar mandi. Adapun kamar mandi tersebut berisikan wastafel dan bak mandi tanpa menggunakan bathtub. Namun, terkadang di dalamnya pun menyatu dengan WC.

Ukuran Sesuai dengan Kebutuhan 

Apabila ukuran di atas itu sesuai dengan ukuran yang biasanya digunakan oleh rata-rata orang Indonesia. Maka, untuk ukuran ini sendiri lebih menyesuaikan dengan luas kamar mandi yang Anda buat. Pasalnya, pasti akan berbeda ukuran kamar mandi yang luas dengan yang biasa saja. Sehingga, usahakan untuk memilih pintu kamar mandi yang sesuai. Jangan sampai kamar mandi yang Anda buat menggunakan pintu yang kecil. Hal ini hanya akan menyulitkan Anda untuk memasukan maupun mengeluarkan perabotan ke dalam kamar mandi. 

Apabila isinya terdapat shower, wastafel, bathtub, dan sebagainya. Maka pastikan, ukuran pintunya jauh lebih besar daripada kamar mandi yang isinya cuman shower dan wastafel saja. Tidak hanya itu saja, Anda pun perlu menyesuaikan ukurannya sesuai dengan penempatannya. Apakah, itu adalah untuk kamar mandi utama, tamu, atau pendukung. Misalnya, di luar negeri standar ukuran pintu kamar mandi paling kecil itu dari 61 cm hingga 71 cm. Adapun ketinggiannya mencapai 200 cm.

 

Ukuran Pintu Berdasarkan Jenisnya

Material pintu itu beragam, ada yang terbuat dari aluminium, PVC, dan lain sebagainya. Selain itu, ukuran yang digunakannya pun berbeda-beda. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini!

Bahan Aluminium 

Bahan ini sebenarnya paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Adapun untuk ukurannya sendiri yaitu berkisar sekitar 40 cm x 180 cm. Selain itu, biasanya pintu kamar mandi ini sering digunakan untuk kamar mandi jenis rumah yang minimalis.

 Dimana kamar mandinya pun tidak terlalu luas. Namun, ada juga yang menggunakan ukuran  70 cm x 200 cm. Sehingga Jika Anda ingin rumah yang memiliki desain minimalis, maka menggunakan jenis pintu ini adalah opsi terbaik.

Material PVC

Material ini merupakan plastik yang dalam prosesnya dikeraskan. Selain itu, bahan ini sendiri memiliki karakteristik keras, tetapi mudah untuk dibentuk. Tidak hanya itu saja, bahan ini sendiri cenderung tahan terhadap panas, air, jamur, bahkan zat kimia. 

Sehingga tidak heran apabila banyak digunakan untuk kamar mandi. Ditambah pintu ini sendiri memiliki harga yang cenderung terjangkau. Tidak hanya itu saja, pintu jenis ini pun memiliki variasi warna yang beragam dan beberapa model.Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan dalam memilihnya pun cenderung lebih mudah karena banyak pilihan. Untuk ukuran yang menggunakan pintu pvc kamar mandi ukuran 70 hingga 72. 

Sementara  lebar pintu kamar mandi pvc yaitu 220 cm dan itu sudah termasuk ketebalan kusen. Meskipun begitu, direkomendasikan untuk memilih ukuran pintu yang lebar supaya nantinya dapat  memudahkan Anda untuk memasukan atau mengeluarkan perabotan kamar mandi.

Ukuran Pintu Kamar Mandi UPVC

Seperti halnya  PVC, bahan satu ini juga memiliki ukuran beragam yang nantinya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun begitu, UPVC memiliki daya tahan  dan kekuatan yang lebih baik daripada PVC. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang tertarik menggunakan bahan ini untuk pintu kamar mandi.  

Meskipun begitu, Anda perlu menjmbang-nimbang apakah memang bahan tersebut benar-benar dibutuhkan? Sudahkah sesuai dengan budget  yang telah Anda tentukan?  Pada umumnya, ukuran dari pintu ini yaitu sekitar 70 cm dan tingginya dapat bervariasi. Dari mulai sekitar 195 cm hingga 200 cm.

Material Plastik

Jenis kamar mandi satu ini paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki daya tahan yang terhadap air, harganya pun cenderung murah. Selain itu, untuk ukuran yang paling umum digunakan yaitu lebarnya 65 cm sampai dengan 80 cm. Apapun tingginya yaitu 185 cm sampai dengan 220 cm.  Memang ukuranya hampir sama dengan ukuran pintu kamar mandi sliding.

Ukuran Pintu Kamar Mandi Galvalum

Bahan ini memiliki karakteristik yang tahan terhadap air dan korosi. Tidak heran apabila material satu ini memang awet dan memiliki daya tahan yang lama. Sehingga wajar banyak yang menyukai bahan pintu kamar mandi satu ini. Untuk ukurannya openjdk yaitu memiliki lebar 65 cm hingga 80 cm. Adapun tingginya yaitu 180 cm sampai dengan 190 cm.

Ukuran pintu kamar mandi bisa saja berbeda-beda, tiap hunian. Bahkan tebal pintu kamar mandi pun tidak selalu sama. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda memastikan  berapa ukuran pas yang sesuai dengan luas kamar mandi. Dengan begitu, ukuran yang digunakan pun tidak akan terlalu besar atau kekecilan malah terlihat proporsional.