Cara Buat Alamat Rumah di Google Maps, Mudah dan Praktis!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 14, 2023 by David Ashari
Cara Buat Alamat Rumah di Google Maps, Mudah dan Praktis!

Cara membuat alamat rumah di google maps dapat dengan mudah Anda coba lakukan melalui beberapa langkah tahapan. Dimana hal tersebut sesuai dengan panduan yang ada di google. Selain itu, di era sekarang makin banyak orang menggunakan layanan ini untuk mendapatkan arahan sehingga bisa sampai ke lokasi tujuan dengan mudah. Cukup tekan cari alamat di layar navigasi dan ikuti rute untuk menemukan lokasinya.

Alamat rumah yang sudah tersedia di google maps biasanya memuat lokasi-lokasi paling sering dicari atau terkenal. Sehingga sistem secara otomatis mengatur denah arah alamat rumah yang memungkinkan pengguna menggunakan rute terdekat dari lokasi tersebut. Namun, tahukah Anda bagaimana tutorialnya? Langkah seperti apa saja yang harus dipahami pengguna untuk dapat melakukan pendaftaran? Simak pembahasannya di sini!

Google Maps : Navigasi Pilihan

Maps merupakan aplikasi navigasi buatan Google yang menjadi salah-satu platform penting di era sekarang. Pasalnya Google Maps dapat membantu pengguna internet untuk menemukan berbagai lokasi tujuan. Baik itu rumah, mall, hotel, cafe, restoran, dan lainnya secara mudah di zaman digitalisasi sekarang. Khususnya alamat rumah yang akan memudahkan seseorang menemukan titik lokasi.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan alamat yang belum ada sebelumnya di Google Maps dengan mandiri. Sebagai layanan navigasi pilihan yang cukup populer digunakan oleh semua kalangan masyarakat jika ingin mencari atau menambahkan suatu alamat. Cara untuk menambah alamat rumah di Google Maps ini cukup sederhana, hanya dengan memilih opsi “tambahkan tempat”

Selain itu, cara mendaftarkan alamat di google maps  tersebut dapat membuat personalisasi pengalaman pribadi berbagai produk Google jadi lebih hidup. Sebab sistem dapat menemukan alamat rumah Anda melalui akun Google pribadi. Sehingga akan lebih cepat mendapatkan hasil dan rute navigasi yang relevan. Contohnya menampilkan hasil penelusuran di dekat rumah Anda dan mendapatkan rute yang relevan.

Dimana hal itu akan sangat berguna khususnya bagi orang-orang yang ingin berkunjung ke rumah Anda. Semisal seorang kurir yang akan mengantarkan paket, cukup hanya dengan  mengirimkan titik lokasi rumah Anda melalui aplikasi kirim pesan. Kurir jasa ekspedisi tentu dengan mudah dapat menemukan alamat rumah tanpa perlu takut tersesat.

Apalagi jika rumah yang memang difungsikan sebagai tempat usaha layaknya ruko. Menambahkan alamat rumah tersebut akan memberi peluang tersendiri baru pelanggan baru yang ingin datang. Mereka hanya perlu mengetikkan nama rumah yang terdaftar dan nanti sistem bekerja untuk mendeteksi lokasinya.

Cara Membuat Alamat Rumah di Google Maps

Cara membuat alamat rumah di Google Maps dapat Anda ketahui dengan mudah menggunakan perangkat smartphone atau hp maupun PC. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Anda itu, lalu klik menu yang akan membawa pada laman create alamat.

Cara mendaftarkan alamat di google map lewat hp ini sama seperti tutorial melalui perangkat PC. Anda dapat menambahkan atau mengubah alamat rumah di Google Maps perangkat ponsel atau tablet Android pribadi. Caranya buka aplikasi setelan di perangkat Anda lalu ketuk Google dan kelola akun kemudian melihat info pribadi.

  •         Pada bagian yang bertuliskan “Alamat” Anda ketuk atau klik “Rumah”.
  •         Kemudian masukkan alamat Anda secara detail dan klik simpan.

Secara selintas tutorial menambahkan alamat rumah di Google Maps tersebut memang terlihat sepele. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan masih ada orang yang belum dapat memahaminya, apalagi bagi pengguna baru. Oleh karena itu, untuk dapat mengakses alamat rumah secara lengkap Anda dapat mempelajari lebih lanjut.

Terkait cara membuat titik lokasi rumah di google maps yang bisa Anda atur dengan menambahkan akun Google sebagai profil alamat. Untuk membuat orang-orang lebih mudah lagi menemukan lokasinya dengan bantuan informasi tersebut.

Cara Menambah Alamat Rumah di Google Maps Android dan iOS

Adapun cara menambahkan lokasi terbaru melalui aplikasi Google Maps di Android dan iOS yang dapat Anda ketahui antara lain :

  • Buka Google Maps di ponsel atau Android maupun iOS Anda
  • Lalu klik opsi kontribusi dan Anda bisa menekan menu edit peta
  • Kemudian tambahkan atau perbaiki tempat yang ingin Anda creat dan belum ada di lokasi maps atau bisa langsung klik opsi “add place” atau “add a missing place”
  • Sementara untuk isi informasi tempat seperti nama, alamat lokasi, jam operasional, kontak, situs web hingga foto dapat Anda tambahkan berikutnya.
  • Setelah itu, klik kirim agar pembuatan alamat di maps terdeteksi sistem.

Cara Menambahkan Alamat Rumah di Google Maps Melalui Perangkat Android

Apabila Anda menemukan kasus kenapa alamat rumah tidak ada di google maps hanya ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama karena memang alamat rumah belum didaftarkan, kedua atau sebab kegagalan sistem saat melakukan penginputan lokasi.

Sehingga pembuatan alamat tidak terdeteksi perangkat. Anda dapat melakukan pembuatan alamat kembali dengan cara buat titik maps di hp. Tentukan titik lokasi Anda berdasarkan langkah-langkah berikut :

  • Buka aplikasi Google Maps yang ada di ponsel Android Anda
  • Klik fitur contribute di tab bagian bawah dan tekan add place untuk menambahkan lokasi baru
  • Isi halaman selanjutnya yang menyajikan data lokasi rumah untuk Anda daftarkan di Google Maps
  • Lengkapi suami informasi nama alamat, kategori lokasi dengan lengkap
  • Jangan lupa tandai lokasi dengan pin di Google Maps
  • Apabila sudah selesai lalu klik tombol Submit dan tunggu sampai lokasi terdaftar di Google Maps

Cara membuat nama alamat rumah di google maps juga dapat melalui browser. Akses situs web Google Maps lewat peramban lalu ikuti langkah-langkahnya :

  • Buka browser dan ketik alamat google maps di perangkat Anda
  • Cari alamat yang ingin Anda tambahkan sebagai lokasi terdaftar di maps
  • Klik kanan di simbol pin merah untuk melihat halaman berikut
  • Pilih opsi tambah tempat dan isi semua informasi tempat rumah yang ingin Anda tambahkan mencakup nama kategori, lokasi, jam operasional, kontak, situs web, hingga foto
  • Kemudian kirim dan tunggu proses google memvalidasi informasi yang diberikan sampai mengirimkan email berisi status penambahan lokasi sukses diajukan

Apabila informasi sudah valid dan disetujui Google lokasi yang Anda tambahkan akan tersedia secara publik dan bisa dilihat oleh pengguna Google Maps lainnya dalam kurun waktu 24 jam. Tutorial ini pun berlaku untuk cara membuat alamat di google map lewat pc. Anda bebas memilih opsi manapun untuk cara menambahkan alamat rumah di google maps.

Termasuk cara membuat titik alamat rumah di google maps yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan personalisasi sistem. Khususnya bagi lokasi rumah yang dijadikan produksi house tertentu.

Menghapus Lokasi Rumah di Google Maps

Anda tidak perlu khawatir apabila merasa alamat yang dimaksud ternyata salah atau bahkan ingin menghapusnya di maps. Untuk melakukan penghapusan data lokasi di Google Maps tersebut, Anda hanya perlu melakukan beberapa tahapan berikut. Sama seperti cara membuat lokasi di google maps android yang memerlukan beberapa langkah sehingga lokasi tersedia.

  • Buka aplikasi Setelan Setelan di perangkat ponsel atau hp Anda
  • Ketuk Google lalu kelola Akun Google Anda dan tekan Info pribadi yang akan memberi informasi
  • Pada bagian “Alamat” klik rumah lalu hapus

Cara membuat alamat rumah di google maps dengan mudah ini secara umum memiliki syarat dan ketentuan yang sama. Tanpa terkecuali untuk cara memberi nama di google maps. Hanya saja yang membedakan ulasan dari langkah-langkah di atas itu terkait penggunaan perangkat. Semoga bermanfaat!