Bagaimana Cara Mencari Titik Koordinat Rumah? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 14, 2023 by David Ashari
Bagaimana Cara Mencari Titik Koordinat Rumah? Simak Ini!

Cara mencari titik koordinat rumah bisa menggunakan aplikasi Google Maps melalui perangkat mobile ataupun desktop PC. Dimana dengan adanya titik koordinat di aplikasi Google maps, pengguna dapat berbagi lokasi ke orang lain secara tepat dan akurat. Berdasarkan petunjuk navigasi yang telah terkoneksi dengan internet ketika sistem menunjukkan arah suatu titik koordinat tempat.

Menemukan titik koordinat rumah menggunakan Google Maps sendiri dapat dilakukan dalam beberapa tahap. Untuk membantu menelusuri rute perjalanan yang muncul di layar aplikasi navigasi sesuai penelusuran suatu tempat. Namun, tahukah Anda bagaimana cara mendapatkan koordinat tempat pada aplikasi google maps tersebut? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Titik Koordinat Rumah

Dalam buku “Kartografi Kehutanan” karangan Syamsu Rijal, dkk menyebutkan bahwa titik koordinat merupakan hasil dari perpotongan antara garis lintang dan garis bujur maya. Dimana garis itu berfungsi untuk menunjukkan keberadaan suatu lokasi yang ditelusuri pengguna. Salah-satu cara untuk menemukan titik koordinat ini yakni menggunakan aplikasi Google Maps.

Aplikasi navigasi atau peta gratis besutan Google yang dapat diakses di berbagai perangkat mobile maupun PC. Pada layanan Google Maps Anda dapat mengetahui suatu titik koordinat lokasi dengan adanya pin tanda berwarna merah. Sehingga dengan mudah Anda dapat menemukan alamat yang dicari melalui tanda pin tersebut.

Cara membuat titik koordinat rumah, sebenarnya hampir sama dengan  metode dalam mencari titik koordinat rumah di Google Maps dengan menggunakan perangkat mobile maupun komputer untuk penelusuran rute.

Cara Mencari Koordinat Rumah

Adapun cara mencari titik koordinat rumah yang dapat Anda ketahui secara umum diantaranya. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Anda, kemudian tap lama pada area tertentu yang belum ada labelnya dan nanti akan muncul pin merah. Pada kotak telusuri yang ada di bagian atas titik koordinat akan muncul hasil penelusuran lokasinya

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui cara lain untuk cek titik koordinat online dengan langkah-langkah berikut :

  •       Buka aplikasi Google Maps yang ada di perangkat Anda
  •       Tekan kanan pada tempat atau area tertentu yang ingin Anda cek
  •       Kemudian pilih ada apa di sini?
  •       Lihat kartu dengan koordinat yang berada di bagian bawah layar navigasi
  •       Kemudian tulis format koordinat yang benar

Menulis titik koordinat tidak seperti ketika membuat catatan dari huruf abjad atau angka biasa. Pasalnya menulis titik koordinat ini harus memahami fungsi dari masing-masing kode yang ada. Adapun tips untuk memahami pemformatan titik koordinat tersebut sehingga Google Maps dapat berfungsi sebagaimana mestinya antara lain :

  • Jangan menggunakan simbol “d” untuk menyatakan derajat pada format
  • Tulis angka desimal yang dipisahkan dengan titik bukan koma, contohnya 42.393939 (penulisan yang tepat) dan 42,393939 (penulisan yang salah)
  • Sebelum memformat titik koordinat bujur, cantumkan terlebih dahulu koordinat lintang berdasarkan angka pertama antara -90 dan 90. Sementara untuk angka pertama di koordinat bujur harus berada di derajat antara -180 dan 180

Cara Mencari Titik Koordinat Rumah melalui Beberapa Opsi

Cara mencari titik koordinat rumah di google maps juga dapat dilakukan dengan beberapa opsi. Baik itu melalui aplikasinya secara langsung mobile ataupun komputer, sebagaimana ulasan berikut :

  • Melalui Aplikasi Google Maps

Cara mencari titik koordinat di maps yang dikutip dari laman Support Google mudah Anda ikuti. Anda perlu menyiapkan aplikasi Google Maps pada perangkat pribadi. Dengan cara menginstal aplikasi yang bisa diunduh pada layanan Play Store, lalu izinkan perangkat untuk mengakses layanan lokasi ponsel Anda.

Setelah itu, masukkan lokasi atau pilih dan tahan untuk meletakkan pin di peta maupun lokasi yang ingin dicari titik koordinat rumahnya. Kemudian geser layar ke bawah untuk menemukan titik koordinat yang tepat. Dimana titik koordinat Google Maps ini dapat ditemukan di kotak penelusuran.

Format titik koordinat dengan baik agar berfungsi semestinya melalui derajat desimal khusus yang menggunakan titik bukan koma, seperti 41.40338 bukan 2.17403. Setelah itu, masukkan koordinat lintang sebelum koordinat bujur dan pastikan angkanya dengan benar. Apabila sudah terakses, Anda dapat membagikan koordinat rumah tersebut dengan cara menjualnya melalui aplikasi pesan teks atau email.

  • Melalui Desktop

Untuk menemukan titik koordinat maps suatu lokasi melalui desktop atau PC bisa menggunakan peramban. Langkah-langkah yang dapat Anda pahami untuk tutoial ini dirangkum dari salah-satu website business, yakni :

  • Buka peramban yang terinstal pada perangkat  PC Anda dan pastikan layanan lokasi perangkat sudah aktif
  • Akses laman Google Maps dengan mengunjungi laman support navigasi
  • Kemudian ketik lokasi yang ingin Anda lihat titik koordinatnya
  • Kemudian klik kanan pada pin lokasi untuk mengakses menu
  • Tekan opsi ‘What’s here?” setelah itu jendela baru akan muncul dan koordinat lokasi akan dicetak biru
  • Tekan titik koordinat tersebut dan kotak yang ada di layar navigasi dengan tujuan baru akan muncul di sebelah kiri pada lokasi pilihan
  • Salin hasil titik koordinat rumah tersebut dengan mengetuk dua kali pada tulisan koordinat lalu tekan CTRL C untuk menyalin ke papan tik
  • Kemudian bagikan titik koordinat rumah tersebut jika diperlukan melalui media yang diinginkan

 

  • Melalui Penelusuran Garis Lintang dan Bujur

Menelusuri titik koordinat rumah di google maps selanjutnya bisa dengan menggunakan penelusuran garis lintang dan bujur. Baik itu melalui aplikasi Google Maps langsung atau peramban website pada perangkat Anda. Caranya Anda dapat memasukkan koordinat GPS lintang dan bujur di Google Maps setelah menemukan titik lokasi 

Masukkan koordinat untuk menemukan tempat di perangkat Anda dengan membuka aplikasi Google Maps Peta. Kemudian tulis titik koordinat Anda pada kotak penelusuran.  Adapun beberapa penulisan contoh titik koordinat yang dapat Anda ketahui antara lain :

  •       Derajat desimal (DD) penulisan yang tepat seperti 41.40338, 2.17403
  •       Derajat, menit, dan detik (DMS) penulisan tepat seperti 41°24’12.2″N 2°10’26.5″E
  •       Derajat menit dan desimal (DMM) penulisan yang tepat seperti 41 24.202, 2 10.4418

Sementara untuk mendapatkan koordinat tempat Anda dapat menyentuh lama area tertentu pada peta yang belum diberi label untuk memasang pin merah. Dimana nantinya Anda akan menemukan koordinat di kotak penelusuran. Setelah itu, format koordinat Anda agar dapat berfungsi di Google Maps menggunakan derajat desimal.

Cara Membagikan Titik Koordinat

Apabila Anda sudah mengetahui cara melihat titik koordinat di Google Maps seperti di atas. Sekarang Anda bisa mempelajari cara bagaimana membagikan titik koordinat tersebut baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Cara membagikan titik koordinat tersebut pada umumnya memiliki tahapan yang sama. Meskipun menggunakan perangkat berbeda, sebagaimana langkah-langkah berikut :

  • Unduh aplikasi Google Maps di Play Store dan cari di kotak pencarian “Google Maps” untuk dapat membagikan titik koordinat
  • Klik tombol Get atau Install di sebelah hasil pencarian dan buka aplikasi Google Maps dari layar Home perangkat
  • Kemudian taruh pin di lokasi yang diinginkan dengan mengetik alamat, nama lokasi, pada search bar
  • Setelah itu, klik tombol search tersebut atau gunakan jari untuk menavigasi antarmuka peta
  • Selanjutnya cari lokasi yang diinginkan dan sentuh atau tahan pada posisi tertentu
  • Letakkan pin dan klik tab dropped
  • Nanti akan muncul banyak pilihan untuk membagikan, meliputi pilih messages, penerima pesan (opsi mengirim ke diri sendiri)
  • Tekan Send dan klik link yang didapat dari Google Maps jangan lupa cari titik koordinat garis lintang dan bujur

Itulah cara mencari titik koordinat rumah melalui beberapa opsi. Mulai dari perangkat mobile hingga peramban pada PC menurut penelusuran garis lintang dan bujur. Semoga informasi di atas dapat membantu!