7 Cara Membuat Denah yang Tepat via Laptop dan Hp, Simak Ulasannya!

Artikel ini terakhir di perbaharui January 16, 2024 by David Ashari
7 Cara Membuat Denah yang Tepat via Laptop dan Hp, Simak Ulasannya!

Cara membuat denah rumah di hp maupun laptop memang butuh ketelitian dan kretivitas. Selain itu, semua gamabr perlu divisualisasikan dengan jelas. Sehingga orang yang melihatnay langsung dapat memehami skesta tersbeut. tanpa perlu bingung, sebenarnya sketsa yang Anda buat itu apa.

Karakteristik Rumah Ideal

Sebelum memulai membuat denah rumah, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana karakteristik rumah yang ideal itu seperti apa. Sehingga denah yang dibuat memang ideal untuk dijadikan sebuah rumah. Adapun karakteristik ideal tersebut adalah sebagai berikut!

Memiliki sebuah ruang keluarga atau serba guna yang cukup fleksibel. Sehingga jika ada kebutuhan hal tersebut dapat dengan mudah untuk difungsikan menjadi kamar tidur maupun lain sebagianya.

Memiliki tata ruang yang ideal, contohnya desain dapur yang tidak menghadap kamar mandi.

 Ukuran banguna memiliki kesesuaian dengan jumalha penhhuni rumah

Rumah memiliki sirkulasi udara yang terbilang baik

Cara Membuat Denah Rumah Sendiri

Cara bikin denah rumah di laptop maupun smartphone perlu ketelitian dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sehingga denah yang dibuat tepat dan terlihat lebih tertata rapi. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut!

  • Pilih Model Rumah 

Cara membuat denah rumah sederhana yaitu dengan menentukan terlebih dahulu model rumah yang hendak akan dibuatkan denahnya. Apakah satu lantai, dua lantau, atau bahkan lebih. Dengan menentukan jenis rumah akan membuat Anda semakin mudah untuk membuat denah.

 Pasalnya, hal tersebut dapat mempengaruhi seluruh proses pembuatan sketsa secara menyeluruh. Misalnya, saat Anda henka menggambarkan sebuah sketsa untuk rumah sederhana dengan satu lantai, maka dapat menggabungkan semua ruangan dalam satu layout. Akan tetapi, hal tersebut jelas berbeda saat Anda ingin membuat sketsa 2 lantai.

 Dimana Anda pun perlu 2 layout. Yakni layout untuk lantai atas dan lantai bawah secara terpisah.  Selain itu, nantinya Anda pun akan menentukan nama ruangan yang berada di lantai bawah dan yang di lantai dua. 

  • Menentukan Jumlah Ruangan 

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan berapa jumlah ruangan yang dibutuhkan untuk ada di rumah. Seperti berapa banyak kamar mandi, garasi, dapur, kamar tidur, dan lain sebagainya.

 Sebelum memutuskan, cobalah pertimngkan matang-matang sesuai dengan jumlah penghuni yang akan tinggal di rumah tersebut.  Seliaan itu, sesuai pula dengan kebutuhan para penghuni. Misalnya, beberapa rumah memang membutuhkan perpustakaan mini, studio, dan lain sebagianya.

 Akan tetapi, beberapa rumah lainnya tidak membutuhkan.  Dengan begitu, untuk jumlah ruangan yang ada di rumah ini sangat erat kaitannya dengan penghuni yang akan tinggal di rumah tersebut. 

  • Mempelajari Kebutuhan Ukuran Pada Setiap Ruangan

Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya saat membuat denah rumah satu memperhitungkan dengan tepat luas setiap ruangan. Mulai dari ukuran standar ruangan sampai dengan apakah ruangan tersebut membutuhkan sekat atau tidak.  

Misalnya, berapa ukuran garasi yang Anda butuhkan? Apakah gudang membutuhkan ruang yang besar atau tidak? Apakah kamar tamu luasnya sama dengan luas kamar utama? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu Anda tanyakan secara detail. Sehingga nantinya Anda mengetahui dengan pasti ukuran setiap ruangannya.

  • Atur Penempatan Atau Zonasi Ruangan

Cara membuat denah rumah online selanjutnya yaitu dengan mengatur zona dalam rumah. Sehingga letak ruangan dapat sesuai dengan fungsinya. Misalnya, untuk peletkana ruang tamu, sebaiknya tidak berdekatan dengan kamar mandi.

 Sehingga baik Anda maupun tamu saat ke kamar mandi akan merasa lebih nyaman dan privasi pun terjaga dengan baik. Dengan begitu, sangat penting untuk mengetahui mana area privat dan  mana area yang umum. Maka Anda akan jauh lebih mudah dalam menentukan zona-zona rumahan. Seperti halnya, letak ruang makan, kamar, dapur, dan lain sebagainya.

Dengan penentuan zona seperti ini pun, Anda dapat mencegah seseorang untuk memasuki ruangan yang bersifat privat. Misalnya, penempatan kamar mandi dan kamar tidur di area privat. Maka, tidak ada seorang pun yang sembarangan dapat untuk memasuki area tersebut.

  • Gabungkan Semua Ruangan Jadi Satu Denah Rumah Dasar

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memberikan menyatukan semua ruangan tersebut. Sehingga menjadi satu dengan dasar.  Meskipun begitu, denah seperti ini masih belum sempurna karena masih banyak hal yang perlu diutak-atik lagi. 

Selain itu, sketsa rumah juga masih dalam bentuk sederhana. Yaitu berupa garis-garis yang menggambarkan bentuk rumah nantinya.

  • Cari Alternatif Denah Rumah Terbaik

Kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan mencari sketsa rumah yang terbaik. Untuk caranya sendiri yaitu dengan memutar dasar denah rumah, menukar posisi rumahan satu dengan yang lainnya, atau membalikan zonasi. Dengan begitu, Anda dapat memiliki banyak versi sketsa rumah. Sehingga nanti dapat lebih mudah memilih mana yang terbaik.

  • Tambahkan Detail Pada Denah Rumah Terpilih 

Untuk langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk dapat membuat sketsa rumah, yaitu dengan menambah detail-detail teknis. Dimana nantinya denah tersebut semakin terlihat jelas. Seperti menambahkan detail arsitektural, notasi, dan ukuran.

Selain itu, pada tahapan ini Anda pun perlu menambahkan simbol material, ketebalan dinding, ketinggian lantai, simbol bukaan, lambang jendela, dan lain sebagainya 

Aplikasi membuat denah rumah 

Ada beberapa media dan cara  membuat denah rumah dengan aplikasi. Untuk rekomendasi aplikasinya sendiri adalah sebagai berikut!

Magic Plan

Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui play store dan kabar baiknya lagi, layanannya dapat Anda gunakan secara gratis. Sehingga dapat menghemat budget. Selain itu, Anda pun akan  mendapatkan layanan estimasi biaya untuk hal tersebut. 

Misalnya, luas ukuran  dinding yang kamu butuhkan adalah 1 meter. Maka nantinya akan muncul estimasi biaya yang perlu Anda siapkan. Seperti biaya semen, pasir, cat, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut dapat bantu Anda untuk menyiapkan budget. 

Selain itu, penggunaan pun dapat menggabungkan desain seluruh ruangan menjadi satu. Kemudian mengubah formatnya menjadi PDF, XLA, maupun SVG. Bahkan Anda pun nantinya dapat melihat desain dalam bentuk 3D. Tentu ini, menjadi jawaban atas pertanyaan bagaimana cara membuat denah rumah dengan mudah dan simpel.

Design Home: House Renovation

Dengan aplikasi satu ini, Anda dapat dengan mudah dapat mendekor berbagai ruangan yang ada di rumah. Dimana disini, Anda dapat menentukan tata letak furniture, mendekorasi sudut ruangan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menggambarkan bagaimana dekorasi rumah Anda dengan mudah.

Home Design 3D

Aplikasi satu ini menawarkan fitur yang tergolong cukup detail. Seperti halnya aksesori interior, denah ruangan, cat warna, pola lantai, damalai dengan motif dinding yang mungkin Anda sukai. 

Tidak hanya itu saja, desain ini dapat Anda buat dengan 2 dimensi atau 3 dimensi. Namun, jika ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap, maka Anda perlu menggunakan akun premium.

Membuat denah rumah memang dapat memberikan gambaran mengenai hunian seperti apa yang akan dibuat nanti. Namun, dalam mengimplementasikan nya, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti halnya Home design 3D, design home, dan sebagainya.