Cara Atasi Penyebab Kulkas Tidak Dingin yang Efektif

Artikel ini terakhir di perbaharui May 8, 2024 by David Ashari
Cara Atasi Penyebab Kulkas Tidak Dingin yang Efektif

Penyebab kulkas tidak dingin disebabkan oleh beberapa hal. Dengan begitu, cara mengatasi kulkas yang tidak dingin dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk membeli kulkas yang baru. Sehingga akan jauh lebih hemat dan uang Anda dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Kulkas menjadi alat penyimpanan makanan yang terbilang cukup krusial. Hal ini lantaran prangkat elektronik tersebut dapat membuat makanan menjadi tahan lebih lama. Selain itu, Anda juga dapat menikmati makanan atau minuman yang lebih segar berkat keberadaan dari kulkas. Namun, jika rusak maka kulkas tidak dapat berfungsi dengan semestinya. 

Alhasil makanan yang disimpan bisa menjadi rusak dan berpotensi membuatnya terbuang sia-sia. Nah ketika kerusakan ini terjadi, menjadi cukup penting bagi Anda untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin

Mengganti Gasket Pintu Kulkas

Gasket memiliki fungsi untuk dapat menahan udara dingin yang ada di kulkas.  Sehingga makanan yang ada di kulkas tidak membusuk atau menjadi lebih segar hal tersebut.  Namun, jika gasket kulkas menjadi kendor bahkan rusak itu dapat menjadi alasan apa penyebab kulkas tidak dingin. Sehingga menyebabkan makanan maupun minuman menjadi lebih cepat busuk dan memiliki aroma tidak sedap. Maka untuk menjaga kualitas makanan yang disimpan dalam kulkas, harap untuk segera mengganti gasket.

Atur Isi Kulkas 

Apa yang menyebabkan kulkas tidak dingin? Salah satunya yaitu kulkas yang penuh juga menjadi salah satu penyebab kulkas menjadi tidak dingin. Hal ini karena sirkulasi udara dingin di dalam kulkas tidak berjalan dengan baik.  Sehingga menyebabkan suhu dingin tidak menyebar secara merata. 

Dengan begitu, penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya yaitu Anda perlu mengatur ulang isi di dalam kulkas. Selain itu, usahakan puka tata letaknya tidak berantakan karena itu juga dapat menyebabkan kulkas tidak dingin.

Membersihkan Gulungan Kondensor

Gulungan kondensor yang kotor juga dapat menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin sama sekali.  Dengan begitu, Anda dapat membersihkan gulungan tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner yang berukuran kecil untuk memudahkan Anda dalam membersihkannya. Selain itu, dalam membersihkan gulungan ini Anda perlu lakukan dalam beberapa kali dalam setahun. Supaya kebersihannya terjaga dengan baik.

Mengecek Temperatur Kulkas

Cara untuk mengatasi kulkas tidak dingin karena apa selanjutnya yaitu dengan mengecek temperatur kulkas. Apakah temperatur nya sudah pas atau belum. Apabila suhu dirasa  tidak terlalu tinggi, maka Anda dapat mengaturnya menjadi tinggi sesuai dengan kebutuhan. Perubahan suhu ini biasanya akan bekerja setelah 24 jam. 

Sebagai informasi tambahan suhu yang direkomendasikan yang sekitar 40 derajat Fahrenheit atau setara dengan 4,4 derajat Celcius. Selain itu, untuk suhu freezer nya yaitu -17 derajat Celcius atau 0 derajat  Fahrenheit.

Menggunakan Jasa Profesional 

Apabila Anda sudah mengetahui ciri-ciri kulkas tidak dingin dan melakukan berbagai cara di atas, tetapi kulkas belum juga kembali sesuai dengan fungsinya. Maka tidak ada salahnya apabila Anda menggunakan jasa perbaikan kulkas yang sudah profesional. Untuk menghemat biaya ongkos, bisa saja Anda menghubungi jasa terdekat dari rumah, terutama jika jasa tersebut sudah dipercaya sejak lama.

Hal yang Perlu Dilakukan Supaya Kulkas Tidak Rusak

Untuk menjaga kulkas dalam keadaan baik atau suhu tetap normal, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini dapat meminimalisir terjadinya apa penyebab kulkas tidak dingin dan tidak beku.

Usahakan Untuk Meletakan Produk dengan Rapi

Tatalah dengan rapi semua produk yang ingin Anda masukan ke dalam kulkas. Bahkan jika perlu, gunakanlah wadah khusus untuk penyimpanan di kulkas. Selain terlihat bagus, hal ini juga dapat memudahkan Anda saat mengambil barang yang dibutuhkan.

Membersihkan Kulkas dengan Rutin

Rutinlah dalam dalam membersihkan kulkas sehingga kulkas tidak kotor dan udara dingin dapat menyebar dengan baik. Selain itu, bersihkan pula gulungan kondensor secara rutin. Dengan begitu, gulungan tersebut dapat tetap bersih dan dapat kulkas dapat tetap menjadi dingin.

Pasalnya, salah satu alasan kulkas menjadi tidak dingin yaitu karena gulungan tersebut kotor. Rutinlah dalam melakukan pembersihan ini, baik itu dua minggu sekali atau bahkan jika memungkinkan melakukannya seminggu sekali. Dengan begitu, penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala Anda dapat meminimalisir hal tersebut terjadi.

Pastikan Pintu Kulkas Tertutup dengan Baik

Salah satu alasan mengapa kulkas tidak dingin itu karena pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat. Sehingga udara dingin yang ada di kulkas pada akhirnya keluar. Maka pastikan untuk selalu menutup pintu kulkas dengan rapat sebelum akhirnya meninggalnya. Namun, jika pintu kulkas tetap tidak bisa tertutup, bisa jadi karena karetnya. Sehingga Anda perlu segera mengganti karet tersebut.

Cara mengatasi kulkas tidak dingin dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Dari mulai mengganti karet, mengatur tata letak, hingga menggunakan jasa profesional. Selain itu, pastikan juga Anda membersihkan kulkas dengan rutin supaya alat tersebut dapat berfungsi dengan baik.