Jangan Bingung, Ini Caranya Atasi Wastafel Mampet dengan Mudah

Artikel ini terakhir di perbaharui February 19, 2024 by David Ashari
Jangan Bingung, Ini Caranya Atasi Wastafel Mampet dengan Mudah

Cara mengatasi wastafel mampet dapat dilakukan dengan beberapa  metode. Sehingga nantinya, Anda dapat memilih metode yang paling memungkin untuk diterapkan untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu, wastafel yang bermasalah memang sering menghambat rutinitas pekerjaan rumah. Sehingga perlu segera untuk dapat diatasi dengan baik.

Cara Mengatasi Wastafel yang Mampet

Wastafel menjadi salah satu komponen yang paling penting di dapur. Hal ini semua aktivitas seperti mencuci piring, sayur , buah, dan sebagainya dilakukan di wastafel. Sehingga tidak heran apabila komponen tersebut bermasalah, maka dapat menyebabkan hambatan. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Antara lain yaitu sebagai berikut!

Menggunakan Air Mendidih

Cara mengatasi wastafel mampet secara alami terbilang cukup mudah karena hanya menggunakan air yang mendidih saja. Bahkan Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan metode satu ini. Selain mudah dan biaya murah bahkan bisa jadi gratis, cara ini dinilai cukup efektif. Sehingga dapat menjadi opsi pertama saat wastafel mengalami kemampatan.

Untuk caranya sendiri adalah sebagainya berikut!

  • Masukan air kedalam wajan atau panci air.
  • Kemudian, letakan di kompor dan tunggu sampai air tersebut mendidih
  • Sambil menunggu air mendidih, Anda dapat mengeluarkan sebanyak mungkin genangan air yang berasal dari bak cuci. 
  • Untuk membuang genangan air tersebut, Anda dapat menggunakan cangkir maupun panci kecil.
  • Jika air sudah dirasa mendidih, maka langkah selanjutnya yaitu memasukan air tersebut ke dalam wastafel dan tunggu hingga beberapa saat.
  • Pastikan, apakah air masih menggenang ataukah tidak selama beberapa menit.
  • Apabila air masih menggenang, meskipun sudah beberapa menit
  • Artinya wastafel masih mengalami penyumbatan kotoran.
  • Maka Anda dapat membersihkan genangan air tersebut seperti halnya di awal.
  • Kemudian, masukan air mendidih kembali.
  • Lakukan cara ini hingga penyumbatan, berhasil diatasi.

Mengatasi Wastafel Mampet dengan Garam

Apabila Anda ingin mencoba cara ini, maka cobalah untuk mengeluarkan dahulu akr yang ada di wastafel. Setelah itu, tuangkan setengah cangkir garam ke dalam saluran wastafel tersebut. Nah, jika sudah, maka saatnya sekarang saatnya untuk menuangkan kira-kira sekitar satu liter air yang mendidih ke wastafel.

Kemudian, biarkanlah hal tersebut berlangsung hingga beberapa menit. Setelah itu, siram dengan air panas untuk membersihkan campurannya. Selain itu, hati-hatilah saat melakukan cara ini. 

Menggunakan Garam dan Baking Soda

Anda juga dapat mengkombinasikan bahan garam dengan baking soda untuk dapat mengatasi wastafel yang mampet. Untuk dapat melakukannya sendiri, Anda hanya perlu mencampur setengah cangkir garam dengan satu cangkir soda kue.  Setelah dirasa campuran tersebut merata, Anda dapat menuangkannya ke dalam saluran pembuangan wastafel.

Kemudian, biarkan beberapa jam dahulu. Setelah itu, siramlah dengan menggunakan air mendidih secara perlahan-lahan. Anda dapat menggunakan cara ini berulang kali, apabila cara mengatasi saluran wastafel mampet pertama dirasa kurang berhasil.

Soda kue dan Cuka

Seperti sebelumnya, Anda perlu mengeluarkan terlebih dahulu genangan airnya, sebelum lanjut ke proses selanjutnya. Kemudian, cobalah untuk menuangkan secangkir soda kue ke dalam saluran wastafel. Kemudian, masukan cuka sari apel dengan jumlah yang sama dengan soda kue. 

Tunggulah beberapa saat, biasanya setelah Anda menuangkan, bahan tersebut akan muncul gelembung yang muncul dari saluran wastafel. Apabila, gelembung tersebut sudah reda. Maka tunggulah sekitar 15 menitan. Lalu, alirkanlah air yang panas ke dalam saluran tersebut. Ceklah, apakah penyumbatan berhasil diatasi ataukah tidak. Jika memang belum, ulangi cara tersebut sampai penyumbatan benar-benar hilang. Kemudian, ulangi cara ini apabila airnya masih lambat mengering seperti biasanya.

Menggunakan Plunger

Bagaimana cara mengatasi wastafel mampet? Yaitu dengan menggunakan plunger. Dimana plunger merupakan alat penyedot toilet yang biasanya digunakan saat WC salam ekasaan mampet. Ternyata cara ini pun ampuh untuk mengatasi penyumbatan di wastafel. Untuk penggunaannya sendiri, Anda dapat mengisi setengah wastafel dengan air. 

Setelah itu, gunakan alat ini pada lubang wastafel atau saluran pembuangan untuk dapat menyedot kotoran. Kemudian, secara perlahan-lahan Anda akan melihat air meluap dan kotorannya pun akan terbawa. Ulangi teknik ini Sampai beberapa kali percobaan. Khususnya, jika Wastafel masih mengalami mampet.  Cara ini dinilai cukup efektif dalam mengatasi wastafel mampet, meskipun memang membutuhkan effort yang terbilang tinggi.

Coba Alat Khusus Tukang Ledeng

Cara mengatasi saluran air wastafel mampet selanjutnya dapat menggunakan alat khusus.Alat ini dikenal juga dengan kabel auger yang dapat membantu Anda untuk membersihkan kotoran yang tersumbat jauh di bawah sistem drainase pada bagian bawah wastafel dapur. Anda hanya perlu memasukan alat khusus satu ini ke dalam lkla sampai sumbatan terasa sudah pecah bahkan hilang.

BP-Trap merupakan bagian yang berada di lekukan pipa pembuangan dan berada di bawah bak cuci. Anda dapat membersihkan bagian ini untuk dapat menghilangkan penyumbatan. Cara pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menampung air ataupun kotoran yang bisa saja nanti jatuh. 

Lepaskan P-Trap dari pipa pembuangan, kemudian nanti Anda  dapat membersihkan semua bagian yang macet.  Apabila sudah selesai, maka pasanglah kembali P-Trap kembali. Harap untuk hati-hati dalam menyambungkannya. Pastikan sambungan kencang dan sudah tertutup rapih.

 Untuk memastikan, apakah sudah aman untuk digunakan, maka cobalah untuk mengalirkan dahulu air dengan suhu hangat pada pipa selama beberapa menit. Apabila lancar dan tidak ada kebocoran, berarti usaha Anda berhasil.

Menggunakan Cairan Khusus

Untuk mengatasi wastafel selanjutnya yaitu, Anda dapat menggunakan  bahan khusus yaitu pembersih bahan kimia yang cukup ramah  untuk saluran pipa. Anda hanya perlu menuangkan cairan ke dalam saluran yang tersumbat, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu, cobalah segera siram dengan menggunakan air panas. 

Bahan tersebut, diklaim dapat menghancurkan timbunan kotoran maupun lemak yang menyangkut pada dinding pipa. Tidak hanya itu saja, bahan ini pun memiliki manfaat untuk dapat membasmi kuman yang dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Dimana aroma tersebut berasal dari wastafel.

 Akan tetapi, jika Anda merasa setelah dituangkan ternyata belum berhasil. Maka cobalah untuk mengulangi cara nya sesuai dengan aturan pada kemasannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang dapat berakibat buruk pada dirimu karena zat yang terkandung dalam produk tersebut.

Gunakan Kawat Gantungan Baju

Anda pun dapat menggunakan kawat gantungan baju. Meskipun alat ini satu tidak akan seefektif kabel auger, tetapi dapat Anda coba jika masalah penyumbatannya tidak terlalu dalam. 

Masukkan lah, kawat tersebut pada saluran pembuangan dapur atau pipa rintisan sehingga nantinya dapat mendorong atau mengeluarkan sumbatan jika kawat dapat menjakau sumbatan. Namun, Anda harus hati-hati saat memasukannya karena dapat merobek bagian selang wastafel.

Untuk dapat mengatasi masalah wastafel tersebut Anda perlu melakukan beberapa metode. Dari mulai membersihkannya menggunakan garam, air panas, menggunakan gantungan baju, dan sebagainya. Selain itu, hati-hatilah dalam membersihkan wastafel supaya tidak rusak.