Rekomendasi Desain Gudang Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
Rekomendasi Desain Gudang Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun rumah adalah adanya ruang yang dapat digunakan sebagai gudang. Gudang rumah minimalis berguna untuk menyimpan barang yang tidak atau jarang terpakai sehingga rumah akan terlihat lebih rapi.

Desain rumah minimalis memang tengah menjadi favorit masyarakat khususnya generasi muda. Rumah model ini memiliki desain yang simpel namun fungsional dengan penataan barang yang tidak terlalu banyak. Maka dari itu, dibutuhkan tempat khusus untuk menyimpan barang yang jarang terpakai.

Tertarik untuk membuat gudang rumah minimalis? Simak dulu beberapa tips penting di bawah ini.

Tips Mempunyai Gudang Rumah Minimalis

Agar gudang berfungsi dengan baik dan tidak berantakan, maka perlu pertimbangan yang tepat untuk membuatnya. Berikut ini beberapa tips mempunyai gudang rumah minimalis yang perlu Anda ketahui:

1. Buat Rancangan Gudang

Sebelum mengaplikasikan pada ruangan, jangan lupa untuk membuat rancangan gudang terlebih dahulu. Anda bisa membuat rancangan gudang sendiri sesuai kebutuhan atau menggunakan jasa desain interior untuk membantu membuat rancangan yang lebih terperinci dan profesional. Sesuaikan rancangan gudang sesuai dengan luas dan bentuk ruangan. Selain itu rancang gudang sesuai dengan kebutuhan agar lebih fungsional serta efisien. 

2. Tentukan Gudang Rumah

Setelah membuat rancangan gudang, tentukan area yang ingin diubah menjadi gudang. Jika tidak memiliki ruangan khusus, Anda bisa memilih sudut rumah yang memiliki area kosong karena lebih efisien. Anda juga bisa memanfaatkan ruang yang tidak terpakai seperti loteng, basement hingga area bawah tangga untuk menjadi tempat penyimpanan barang. Pilih area untuk gudang yang lokasinya tidak terlalu terekspos. Ini penting diperhatikan karena gudang bisa mempengaruhi estetika dan kenyamanan rumah Anda.

3. Susun Barang Sesuai Kategori

Agar barang terlihat rapi dan mudah untuk diorganisir, susun barang sesuai kategori masing-masing. Selain itu pisahkan barang lama dan barang baru agar lebih mudah jika ingin menggunakannya. Jika ingin lebih rapi, Anda bisa menggunakan kontainer khusus untuk menyimpan barang bekas. Anda juga bisa menambahkan rak organizer untuk menyusun barang bekas di gudang agar lebih rapi dan mudah jika ingin mengambil barang. 

Desain Gudang Rumah Minimalis

Gudang rumah minimalis sebenarnya tidak harus memiliki ruangan khusus. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah menjadi gudang minimalis. Berikut ini beberapa ide desain gudang rumah minimalis yang bisa Anda coba :

1. Gudang Rumah Minimalis dengan Ruangan Kecil

Gudang Rumah Minimalis dengan Ruangan Kecil

Ruangan kecil di dalam rumah bisa Anda sulap menjadi gudang atau ruang penyimpanan yang efisien. Agar terlihat lebih luas, Anda bisa cat ruangan dengan warna putih kemudian tambahkan rak untuk menyusun barang. Dengan desain seperti ini, ruangan sempit tetap bisa menjadi gudang yang fungsional. Rumah akan tampak bersih dan rapi hanya dengan memanfaatkan ruangan kecil saja.

2. Gudang Rumah Minimalis di dalam Basement

Gudang Rumah Minimalis di dalam Basement

Jika Anda memiliki basement yang tidak terpakai, sangat pas jika dimanfaatkan menjadi gudang rumah minimalis. Basement rumah bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan barang dan perkakas seperti mainan anak, hingga bahan makanan. Agar lebih rapi, Anda bisa menambahkan kontainer guna menyimpan barang-barang yang tidak terpakai. Pastikan juga ruangan bersih dan memiliki sirkulasi udara yang bagus agar barang yang disimpan di dalamnya tidak mudah rusak. 

3. Gudang Rumah Minimalis di Bawah Tangga

Gudang Rumah Minimalis di Bawah Tangga

Ruang kecil di bawah tangga juga bisa dimanfaatkan menjadi gudang rumah minimalis. Meskipun terlihat sempit, akan tetapi jika disusun dengan baik, ruangan bawah tangga bisa menjadi gudang minimalis yang ideal. Anda bisa menambahkan rak sesuai dengan ukuran ruang bawah tangga agar barang yang disusun lebih rapi. Jika ingin lebih rapi, Anda juga bisa menambahkan pintu untuk menutupi ruangan tersebut.

4. Gudang Rumah Minimalis di Loteng

Gudang Rumah Minimalis di Loteng

Jika rumah Anda memiliki bagian loteng, bisa dimanfaatkan sebagai gudang minimalis. Agar lebih modern, Anda bisa mengecat loteng kemudian menambahkannya dengan rak berwarna cerah. Ruangan ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan barang yang jarang terpakai hingga stock bahan makanan sehingga tidak menumpuk di luar.

Banyak orang yang tidak memikirkan keberadaan gudang saat membangun rumah. Padahal keberadaan gudang sangat diperlukan agar rumah tampak lebih rapi. Meskipun memiliki rumah kecil, Anda tetap bisa membuat gudang rumah minimalis dengan memanfaatkan ruang kosong atau sudut ruangan. Dengan cara seperti ini, barang di rumah akan lebih tersusun rapi sehingga lebih nyaman untuk ditinggali.