8 Rekomendasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Elegan & Modern

Artikel ini terakhir di perbaharui December 20, 2023 by David Ashari
8 Rekomendasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Elegan & Modern

Menentukan desain rumah minimalis 2 lantai adalah ide cemerlang untuk Anda yang menginginkan kenyamanan hunian di lahan yang terbatas. Selain itu, rumah minimalis 2 lantai juga dapat memungkinkan pemiliknya membuat ruang yang lebih banyak, menampung barang yang beragam, namun tetap tidak banyak memakan lahan. Terlebih harga tanah yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu, bangunan 2 lantai dengan lahan yang tidak terlalu luas saat ini kian digandrungi.

Tak bisa dipungkiri, rumah 2 lantai identik dengan kesan mewah dan budget yang boros. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini tidak semua rumah 2 lantai dibangun dengan desain mewah nan megah. Anda juga dapat menggunakan desain rumah 2 lantai sederhana tapi dapat tetap terlihat elegan dengan budget yang tidak begitu fantastis. Simak rekomendasi rumah 2 lantai berikut ini.

Rekomendasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Desain rumah minimalis 2 lantai sederhana merupakan salah satu konsep rumah yang banyak dicari karena fungsionalitasnya. Bangunannya tidak begitu besar, tetapi cukup menampung banyak orang, terutama keluarga kecil. Anda penasaran dengan desainnya? Mari kita cek satu per satu!

​​1. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Garasi Kecil

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dengan Garasi Kecil

desain rumah 2 lantai minimalis ini mengusung konsep yang cukup sederhana namun bisa disebut tetap nampak elegan. Tidak banyak dekorasi pada halaman depan rumah, hanya sekotak serumpun bunga di depan jendela lantai 1 dan depan jendela balkon lantai 2.

Desainnya lebih pada modern minimalis, didominasi cat putih dan tambahan ornamen dinding bermotif brick dapat membuat rumah terlihat lebih hangat dan tidak monoton untuk dipandang. Konsepnya yang terbuka berhasil membuat rumah tampak lebih besar dari aslinya. Anda juga dapat menghias ruang terbuka di balkon kamar lantai 2 dengan tanaman hijau untuk menambah nuansa menyegarkan. Meskipun rumah ini memiliki garasi kecil, Anda dapat menambahkan pagar dengan desain minimalis yang senada di halaman rumah untuk menambah keamanan dan kenyamanan rumah Anda.

2. Desain Rumah Mungil 2 Lantai di Lahan Terbatas

Desain Rumah Mungil 2 Lantai di Lahan Terbatas

Memiliki lahan yang sempit namun ingin dapat membuat rumah yang nyaman? Anda bisa membangun desain rumah 2 lantai minimalis memanjang ke atas alias 2 lantai. Selain menghemat ruang, meskipun mungil, rumah Anda akan tetap nyaman dihuni karena mampu menampung orang dan perabotan yang cukup banyak. Rumah dengan desain mungil ini tampak begitu kokoh dan modern. 

Bentuk kubus yang lugas akan memberi kesan bangunan kokoh modern. Seperti yang Anda dapat lihat di gambar, dinding samping juga memiliki jendela untuk mengoptimalkan cahaya dan udara alami yang masuk ke dalam rumah. Jadi, rumah tidak pengap dan gelap. Eksterior desain rumah 2 lantai modern ini nampak sederhana dan berdampak banyak bagi kenyamanan penghuninya. Anda bisa mendesain taman bunga kecil atau taman depan dengan semak-semak hijau yang meramaikan bagian luar.

3.  Desain Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Ventilasi Terbuka

Desain Rumah Sederhana 2 Lantai dengan Ventilasi Terbuka

Konsep rumah dengan desain ventilasi kaca yang terbuka ini cocok untuk rumah kecil karena bisa membuat interior tampak lebih luas dan natural. Desain ini memungkinkan rumah menggunakan jendela besar bermaterial kaca atau pintu yang juga terbuat dari kaca baik di lantai 1 maupun lantai 2. Meski rumah kaca memiliki desain kekinian, modern, dan trendi, kemunculan desain rumah kaca sendiri telah muncul sejak dahulu kala. Penggunaan kaca arsitektural sebagai elemen utama dalam desain rumah sudah ada sejak akhir 1940-an yang dipelopori oleh Harvard Five, sekelompok arsitek asal Amerika.

Desain ini memungkinkan Anda untuk dapat memanfaatkan balkon rumah sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Untuk lebih bisa menikmati udara segar gunakan window shutter agar hembusan angin bisa masuk melalui sela-sela jendela. Konsep desain rumah ini berguna agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah dengan maksimal. Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan sinar matahari dan pencahayaan rumah yang baik dan natural.

4. Desain Rumah 2 Lantai yang Futuristik

Desain Rumah Sederhana 2 Lantai yang Futuristik

Di masa kini, tampil dengan modern dan futuristik adalah hal yang sedang diburu oleh sebagian besar orang. Oleh karena itu, desain rumah 2 lantai yang modern dan futuristik tentunya bagus untuk diterapkan jika Anda berminat. Desain modern dan futuristik tidak selalu harus dengan material yang mewah. Anda dapat padukan desain rumah ini dengan material kayu atau batu alam bernuansa putih dan abu-abu sehingga aura futuristiknya terasa kuat.

Sesuai dengan temanya yakni futuristik, maka desain rumahnya harus terlihat canggih dan unik. Contohnya seperti desain rumah yang bangunannya dibangun dengan bentuk persegi panjang dimana salah satu sisi lantai depan dibuat lebih menjorok ke depan dan memberi kesan ultra modern. Meskipun tidak besar, rumah dengan desain ini memberikan tampilan eksterior yang elegan dan terlihat luas. Tipsnya adalah Anda dapat menggunakan jendela kaca besar dan pagar pembatas bermaterial kaca di balkon lantai 2. 

Tak lupa Anda dapat menempatkan pot bunga atau tanaman hijau di rooftop rumah serta lampu tempel di dinding luar rumah Anda sehingga membuat rumah lebih terlihat asri dan terang. Taman yang berada di halaman rumah tentu sudah biasa, penggunaan rooftop juga dapat diaplikasikan sebagai taman kecil yang bergaya modern dalam rumah 2 lantai desain futuristik.

5. Desain Rumah 2 Lantai dengan Rooftop

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dengan Rooftop

Desain rumah 2 lantai selanjutnya adalah desain rumah 2 lantai dengan rooftop. Rooftop atau puncak atap merupakan bagian penutup pada bangunan yang letaknya di bagian paling atas rumah atau bangunan. Karena terletak paling atas, biasanya bagian bangunan ini tidak memiliki atap tambahan hingga dapat digunakan untuk beberapa keperluan. Contohnya digunakan untuk area santai, tempat berkumpul keluarga untuk mengadakan barbeque atau makan bersama, area untuk exercise dan dapat digunakan juga untuk tempat mengeringkan pakaian atau menjemur sesuatu.

Didominasi dengan eksterior berwarna monokrom, rumah desain ini akan terasa lebih kekinian. Selain itu fungsi lain dari rooftop adalah adanya ruang tambahan terbuka yang sangat memungkinkan Anda untuk menampung berbagai tanaman maupun bunga dan menjadikan puncak atap Anda ruang hijau terbuka. Lebih dari itu, rooftop dapat digunakan juga untuk menaruh barang yang tidak Anda gunakan. Selain kegunaannya banyak, Anda tidak boleh lupa untuk membuat saluran penampung air hujan dan pagar di setiap sisi untuk keamanan. Apabila ingin lebih aman lagi, Anda dapat memasang penangkal petir di rooftop Anda.

Baca juga: 6 Ide Desain Rooftop Rumah Minimalis yang Estetik, Bikin Betah!

6. Desain Rumah 2 Lantai yang Asri

Desain Rumah Sederhana 2 Lantai yang Asri

Desain hunian yang dihiasi kehijauan di halaman hingga rooftop rumah akan tampak lebih asri dan menyejukkan. Selain menambah kesan estetik, desain rumah 2 lantai ini membantu lingkungan sekitar sebagai area penghasil oksigen. Apabila kamu memiliki lahan ekstra di sekeliling rumah, ubahlah menjadi taman yang asri dengan menanam rumput serta beberapa bunga atau pohon kecil di sekitaran rumah, bisa juga Anda tambahkan tanaman hijau di dalam rumah (indoor plants).

Tanaman di rumah Anda bisa menjadi sumber kesenangan. Berkebun di dalam ruangan atau di halaman rumah terbukti mampu mengurangi stres, meningkatkan kreativitas, produktivitas, dan fokus, serta mendorong pemulihan pasca sakit. Meletakkan tanaman hias di rumah Anda adalah cara yang efektif dan berbiaya rendah agar dapat mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas sirkulasi udara bersih yang menyegarkan tubuh. Trik ini akan membuat rumah tampak lebih sejuk dan hidup.

7. Desain Rumah 2 Lantai yang Kontemporer

Desain Rumah Sederhana 2 Lantai yang Kontemporer

Rumah kontemporer adalah salah satu jenis desain yang modern dan terbebas dari aturan gaya rumah yang konvensional dan tradisional. Jika desain rumah modern cenderung terbatas dan minimalis, gaya kontemporer terkesan lebih menenangkan dan dibumbui dengan fokus pada elemen arsitektur, detail dekoratif, serta perhatian pada palet warna yang ringkas untuk menciptakan ruang yang terasa hangat. Dapat disimpulkan bahwa desain kontemporer ialah desain rumah yang berfokus pada sisi estetika maupun elemen arsitektur yang mengikuti tren atau bersifat kekinian.

Desain rumah sederhana 2 lantai dengan arsitektur gaya kontemporer ini tampak cukup unik sekaligus elegan. Elemen arsitektur yang dekoratif di bagian jendela dan atap rumah dengan gaya yang kekinian membuat tampilan rumah lebih simple dan fresh. Selain itu, palet warna yang digunakan juga tidak terlihat monoton karena menggabungkan bukan hanya warna monokrom tetapi juga warna coklat tua dan hijau pastel yang menambah kesan menyejukkan.

8. Desain Rumah Sederhana 2 Lantai Modern Elegan

Desain Rumah Sederhana 2 Lantai ala Cluster

Rumah ala cluster ini memiliki desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan meskipun berukuran tidak begitu besar. Karena rumah cluster pada umumnya terletak di sebuah komplek hunian dan menggunakan system one gate, maka Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya apabila rumah ini tidak disertai pagar. Namun demikian, Anda juga bisa menambahkan pagar apabila diperlukan.

Rumah ala cluster biasanya memiliki desain minimalis dan seragam dengan rumah lainnya dalam sebuah kompleks hunian. Meskipun begitu, Anda dapat memberi sentuhan desain yang unik dan agak berbeda dari yang lainnya. Poin plusnya, rumah desain cluster biasanya memiliki ventilasi udara yang mumpuni, carport, dan area taman bunga atau mini garden untuk tanaman hias yang menyegarkan tampilan rumah Anda. Rumah jenis ini sangat cocok bagi keluarga kecil atau pasangan yang baru membina rumah tangga. 

Estimasi Biaya Rumah Minimalis 2 Lantai

Sebagian besar orang berpikir bahwa rumah dua lantai akan memakan biaya yang boros sehingga bingung untuk menentukan dan menganggarkan rencana anggaran bangunan, maka dari itu, tidak ada salahnya Anda melihat tabel di bawah ini. Tabel biaya rumah 2 lantai di bawah ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan untuk membuat estimasi biaya pembangunan rumah 2 lantai yang Anda idamkan. Mari kita simak!

Ukuran BangunanEstimasi BiayaSpesifikasi Bangunan
36 meter persegi

 

Rp160juta – Rp200juta

(sederhana)

Untuk pondasi standar, Anda dapt menggunakan batu kali. Lalu, untuk dinding menggunakan bata merah dengan kualitas lokal. Perbandingan pasir dan semen untuk adonan juga cukup banyak, 1 bagian semen dengan 7 bagian pasir. Untuk bagian atas, penggunaan eternit dapat menghemat biaya bangun rumah 2 lantai. Atap dapat menggunakan genteng tanah liat. Untuk lantai, keramik putih dengan ukuran 30×30 yaitu pilihan terbaik. Untuk pintu, jendela, kusen, kunci dan lain-lain, Anda dapat gunakan kualitas yang  standar.

 

36 meter persegiRp200juta – Rp235juta

(standar)

 

Pondasi standar menggunakan batu kali. Sedangkan dinding bisa menggunakan bata dengan kualitas yang lebih baik. Anda dapat menggunakan semen sebagai pengikat pada lima bagian pasir agar dinding lebih kuat. Rangka hollow yang digabungkan dengan gypsum dapat menjadi alternatif peningkatan dari eternit. Untuk genteng, Anda dapat gunakan genteng tanah liat kualitas pertama. Lantai dapat menggunakan keramik dengan ukuran yang lebih besar atau gunakan lantai motif.

 

36 meter persegiRp235juta – Rp300juta

(bagus)

 

Tidak ada yang berbeda terkait biaya dengan rumah tipe sebelumnya. Hanya ada  beberapa peningkatan. Misalnya, campuran semen dan pasir dapat dibuat kental. Ukuran lantai keramik dibuat lebih besar untuk memberikan kesan mewah. Gunakkan atap dengan genteng kualitas premium. Detail interior masih dapat masuk dalam biaya bangun yang diperkirakan untuk rumah 2 lantai ini.

 

Itulah inspirasi mengenai panduan lengkap desain rumah 2 lantai sederhana yang bisa menjadi referensi pilihan bagi Anda. Pastikan budget Anda mencukupi dan jangan pernah memaksakan untuk membangun rumah dengan biaya yang di luar budget yang Anda miliki. Selain itu, pilihlah desain rumah dua lantai yang paling tepat agar tercipta hunian nyaman dan membuat  Anda sekeluarga betah, karena ingatlah pepatah populer yang sangat penting, rumahku adalah istanaku.

Anda juga bisa melihat desain rumah terbaik yang ada di website linktown untuk referensi hunian. Selain sisi desain rumah, linktown juga memberikan berbagai kemudahan untuk Anda memiliki hunian seperti KPR dengan bunga rendah dan rumah tanpa Dp. Yuk konsultasikan kebutuhan hunian Anda dengan Linktown! Klik disini