7 Ide Desain Taman Rumah yang Bikin Rumah Tambah Sejuk!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
7 Ide Desain Taman Rumah yang Bikin Rumah Tambah Sejuk!

Ingin melepas penat dan stres setelah bekerja seharian di rumah? Sebagian besar orang akan mencari tempat nongkrong atau kafe, kenapa Anda tidak membuat tempat relaksasi pribadi di rumah Anda? Taman kecil di rumah dapat menjadi tempat relaksasi Anda sehingga tidak perlu keluar lagi dan mengeluarkan uang tambahan untuk melepas stres. Namun, beberapa orang enggan untuk membuat taman karena lahan yang terbatas. Coba Anda simak desain taman berikut ini!

Ide Desain Taman Rumah Minimalis

Menghadirkan taman rumah minimalis tentunya memberi berbagai manfaat dari sekedar pemasok oksigen. Tanaman yang tumbuh memberikan suasana yang segar dan menambah nilai estetika pada rumah. Anda bisa membuat pemandangan halaman dipenuhi dengan tanaman serta elemen alam lain yang dinamakan dengan taman landscape. 

Dalam pembuatannya, Anda tentu membutuhkan jasa desain taman minimalis agar hasilnya sempurna. Inilah beberapa desain taman minimalis beserta gambar taman yang bisa menjadi inspirasi.

1. Ruang Keluarga Menghadap ke Taman

Ruang Keluarga Menghadap ke Taman

Desain taman minimalis belakang rumah cocok untuk Anda yang memiliki lahan sempit di belakang. Untuk halaman belakang, biasanya orang-orang menggunakan rumput sintetis sebagai dekorasi atau batu dan beberapa tanaman simple. Untuk membuatnya, Anda memerlukan konsep gambar taman terlebih dahulu agar mudah disesuaikan dengan ukuran halaman yang Anda miliki di rumah.

2. Taman Minimalis dengan Ayunan

Taman Minimalis dengan Ayunan

Beberapa rumah juga membuat taman depan rumah sederhana dengan tambahan ayunan sebagai pelengkapnya. Untuk ukurannya sendiri, perlu Anda sesuaikan dengan halaman yang ada agar tidak terlalu memenuhi ruang.

Biasanya penambahan ayunan sendiri digunakan oleh halaman yang memiliki ukuran cukup luas. Selain itu, penggunaan tanaman luas kebanyakan tidak menggunakan pot atau langsung ditanam.

3. Taman Minimalis Oriental

Taman Minimalis Oriental

Taman oriental bisa dijadikan desain taman depan rumah. Taman khas oriental ini  tidak terlalu memerlukan banyak perawatan dan memiliki nilai khas yang unik. Pada umumnya, taman minimalis oriental memiliki beberapa dekorasi untuk mempercantik taman. Contohnya, meja kecil dari kayu dan bambu air, dan tempat duduk kecil. Anda hanya letakkan saja pada lantai tanpa mengeluarkan biaya yang lainnya.

4. Taman Minimalis dengan Kolam Ikan

Taman Minimalis dengan Kolam Ikan

Jika Anda memiliki taman depan rumah sederhana, Anda bisa ditambahkan kolam ikan untuk mempercantik taman. Untuk penggemar ikan hias, membuat kolam ikan merupakan ide yang bagus. Anda dapat membuat kolam ikan impian Anda sesuai dengan ukuran taman yang Anda miliki. Jadi, desain taman depan rumah bukan hanya untuk melihat tanaman tetapi juga sebagai tempat relaksasi melihat ikan berenang.

5. Tonjolkan Elemen Material Pada Taman

Tonjolkan Elemen Material Pada Taman

Desain taman yang cantik tak selalu dengan rumput dan tumbuhan. Taman minimalis modern bisa menonjolkan elemen material rumah seperti kayu atau beton. Mulai dari dinding taman, tempat duduk, dan tangga bisa Anda pasang elemen material yang digunakan rumah Anda.

6. Taman bambu Minimalis

Taman bambu Minimalis

Selain tanaman, Anda bisa menggunakan desain taman rumah bambu dan batu untuk lantai. Berikan penataan yang rapi dan furniture yang cocok dengan untuk membuat bambu menonjol. Anda juga bisa menggabungkan dekorasi dengan desain oriental untuk mendapatkan kesan zen garden khas Asia.

7. Taman Bertema Catur

Taman Bertema Catur

Desain taman minimalis belakang rumah dengan tema catur cocok untuk Anda yang memiliki taman yang luas. Penataan elemen paving dapat menjadi taman yang indah di rumah Anda. Pola catur ini adalah kreasi dengan mengkombinasikan rumput dengan paving. Anda juga bisa memilih warna yang sama dengan pola catur. Anda bisa tambahkan kursi pada sudut taman catur ini supaya Anda bisa bersantai dan memandang area taman catur.

Memiliki halaman rumah cantik tentu menjadi impian semua orang, tapi saat ini lahan semakin sempit sehingga sulit untuk membuatnya. Sebab itu, desain taman berkonsep minimalis menjadi solusi terbaik untuk memilikinya.