6 Inspirasi Tempat Tidur Tingkat Agar Ruangan Terasa Luas

Artikel ini terakhir di perbaharui August 31, 2023 by David Ashari
6 Inspirasi Tempat Tidur Tingkat Agar Ruangan Terasa Luas

Tempat tidur tingkat atau ranjang bertingkat adalah pilihan desain kreatif untuk memaksimalkan ruang tidur, terutama jika Anda memiliki ruang yang terbatas atau ingin menciptakan ruang tidur yang multifungsi. Nah, pada ulasan ini kami memiliki 6 inspirasi tempat tidur tingkat agar ruangan di rumah Anda terasa luas. Yuk simak!

Desain Tempat Tidur Tingkat Minimalis

Dengan desain yang unik, biasanya anak-anak menyukai tempat tidur tingkat. Di bawah ini merupakan inspirasi tempat tidur tingkat minimalis untuk ruangan Anda.

1. Tempat Tidur Tingkat Minimalis Kayu

tempat tidur tingkat
Sumber: Freepik.com

Nah, desain tempat tidur tingkat minimalis pertama yaitu yang berbahan kayu. Pada contoh gambar di atas, terdapat 2 tempat tidur yang bisa dipakai anak Anda. Walaupun kamar sempit, Anda bisa memanfaatkan tempat tidur tingkat untuk membuatnya lega. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan meja belajar untuk anak-anak Anda. Jangan lupa untuk memasang lampu agar anak-anak belajar dengan tenang. Padukan dengan cat dinding yang senada agar cocok dengan motif tempat tidur tingkat Anda. 

2. Tempat Tidur Tingkat Minimalis 2 Arah

Untuk Anda yang ingin nuansa beda, Anda bisa menggunakan tempat tidur tingkat minimalis 2 arah seperti ini. Dengan model yang seperti ini, bagian kosong di bagian bawah bisa Anda tambahkan laci. Untuk bisa memakai tempat tidur minimalis 2 arah, pastikan kamar anak Anda cukup lega, ya! Apabila kamar sempit, sebaiknya Anda menggunakan tempat tidur tingkat satu arah agar membuat ruangan lebih lega. 

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Kamar Tidur Aesthetic, Hemat budget!

3. Tempat Tidur Tingkat Minimalis Dengan Seluncur

Bagi Anda yang ingin nuansa beda untuk anak-anak, Anda bisa mencoba menggunakan tempat tidur tingkat minimalis dengan seluncur. Tempat tidur seperti ini tentunya bisa membuat jam tidur maupun bangun tidur menjadi mengasyikkan. Anak-anak bisa naik melalui tangga tempat tidur, lalu turun dengan seluncur. Anda bisa menghemat tempat, sebab tangga pada tempat tidur bisa Anda masukkan baju anak-anak, dan masukkan buku-buku pada laci bagian bawah tempat tidur tingkat minimalis ini. 

4. Tempat Tidur Tingkat Minimalis Untuk 3 Anak

Bagi keluarga dengan anak-anak yang cukup banyak, Anda bisa mencontek tempat tidur tingkat untuk 3 anak seperti ini. Dengan ruangan yang cukup sempit, Anda bisa memakai tempat tidur yang membuat kamar anak terasa lebih luas. Kelebihannya adalah Anda dapat menggunakan space ruangan yang lain untuk meja belajar, ataupun lemari pakaian anak. Seperti pada gambar di atas, ruangan yang sempit menjadi lebih luas karena adanya tempat tidur tingkat minimalis. 

5. Tempat Tidur Tingkat Minimalis Serba Ungu

Nah, untuk Anda yang memiliki anak-anak perempuan, cocok banget untuk memilih tempat tidur tingkat minimalis serba ungu seperti ini. Pastinya anak-anak Anda sangat menyukai desain ini. Tambahkan furniture seperti kursi dengan warna yang sama dengan tempat tidur agar semakin estetik. Contohnya seperti foto di atas, Anda bisa melihat kasur, kursi, gorden serta dinding dengan warna yang senada. Apa Anda tertarik dengan ide desain yang ini?

Baca juga: 8 Desain Kamar Tidur Remaja Bergaya Klasik yang Inspiratif

6. Tempat Tidur Tingkat Minimalis Bentuk Rumah

Selanjutnya ada inspirasi tempat tidur tingkat yang bentuknya rumah-rumahan. Dengan bentuk unik seperti ini, tentunya anak-anak akan menjadi semangat ketika jam tidur. Mereka akan suka bermain di tempat tidur dengan model desain ini. Tambahkan juga furniture yang sekiranya cocok dengan warna tempat tidur tingkat anak Anda seperti kursi, lemari baju, dan meja belajar anak-anak. 

Tips Memilih Tempat Tidur Tingkat yang Aman dan Tahan Lama

Tempat tidur adalah investasi jangka panjang untuk anak-anak. Oleh sebab itu, kita harus tahu cara memilih tempat tidur tingkat yang aman dan nyaman untuk buah hati kita. Berikut adalah tipsnya untuk Anda. Yuk simak!

1. Jangan Hanya Terpaku Pada Harga Murah

Mungkin Anda sering mendengar, ‘ada harga ada kualitas’ memang ada benarnya. Untuk mendapatkan tempat tidur tingkat yang aman dan tahan lama, hindari harga yang terlalu murah. Di pasaran saat ini pun, sudah banyak beragam tempat tidur tingkat yang murah, namun dengan kualitas yang biasa saja. Untuk itu, lebih baik Anda langsung ke toko tempat tidur untuk memilih desain yang Anda inginkan. 

2.  Tentukan Tujuan Tempat Tidur

Tips selanjutnya dalam memilih tempat tidur tingkat adalah dengan menentukan tujuannya. Kini, sudah banyak pilihan bagus tempat tidur tingkat. Ada yang menawarkan penyimpanan tambahan, ruang belajar, bahkan ada juga yang berfungsi ganda sebagai ruang bermain, seperti tempat tidur susun dengan seluncuran atau tempat tidur tingkat rumah-rumahan. Oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu kebutuhan Anda sebelum membeli tempat tidur tingkat untuk anak-anak Anda. 

3.  Pertimbangkan Keamanan Tempat Tidur

Salah satu ketakutan terbesar yang dimiliki para orang tua saat memesan tempat tidur tingkat adalah anak-anak bisa tidur dan bermain dengan aman. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa tempat tidur tingkat yang dipilih memiliki standar keamanan yang bagus bagi anak-anak. Perhatikan juga tangganya, apakah cukup aman untuk dinaiki dan dituruni oleh anak Anda. 

Demikian pembahasan kali ini mengenai inspirasi tempat tidur tingkat yang bisa membuat ruangan menjadi lebih luas. Pastikan Anda memilih tempat tidur yang tepat, agar anak-anak Anda dapat tidur sekaligus bermain dengan aman dan nyaman. Hubungi kami untuk mengetahui rekomendasi rumah idaman yang cocok untuk Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat ya!