8 Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4, Kamar Sempit Tidak Masalah!

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2023 by David Ashari
8 Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4, Kamar Sempit Tidak Masalah!

Membeli sebuah rumah impian merupakan sebuah pencapaian besar bagi sebagian besar masyarakat. Hunian yang nyaman tidak selalu harus berukuran besar tapi yang terpenting hunian tersebut dapat membawa kenyamanan bagi Anda dan keluarga. Begitu pula dengan kamar tidur, yang tidak perlu berukuran besar namun dapat diciptakan suatu kenyamanan di dalamnya. Dengan hanya memiliki desain kamar tidur 3×4 sederhana, kamar tersebut dapat memberikan rasa nyaman kepada penghuninya. Langsung saja simak desain kamar tidur 3×4 minimalis di bawah ini.

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4

Kamar tidur yang berukuran minimalis tentunya akan lebih mudah ditata dan didesain semenarik mungkin tanpa perlu memikirkan mengisi bagian kamar yang kosong. Banyak inspirasi dan tips untuk desain kamar tidur 3×4 minimalis, langsung saja simak berikut ini:

1. Desain Kamar Tidur 3×4 Sederhana

Desain Kamar Tidur 3x4 Sederhana

Buatlah desain kamar tidur 3×4 sederhana sehingga tidak menghabiskan banyak tempat agar kamar tidak menjadi sesak dan penuh. Desain kamar 3×4 tanpa jendela pun bisa dilakukan dengan memilih furniture yang sederhana dan warna cat yang serba putih agar tampak luas. Penataan warna yang netral yaitu putih juga tampak pada furniture tambahan lainnya, termasuk furnitur utama yaitu kasur tempat tidur dan rak dinding

Desain kamar tidur sederhana ini efektif karena ditunjang dengan pemanfaatan ruang untuk furnitur yang tidak berukuran besar. Jika Anda menginginkan adanya ventilasi udara yang memadai, Anda dapat memasang jendela yang tidak terlalu besar ukurannya, hal ini bertujuan agar memberikan suasana hidup dan segar yang santai. Anda pun bisa mengubah area meja belajar menjadi meja rias dan rak dinding menjadi cermin agar furnitur sederhana bisa memiliki beragam fungsi.

2. Kamar Tidur 3×4 dengan Barang yang Fungsional

Kamar Tidur 3x4 dengan Barang yang Fungsional

Meskipun kamar berukuran kecil, Anda dapat mendesain dengan desain kamar tidur 3×4 elegan di atas ini. Kamar minimalis cocok dengan  perabotan fungsional, yang dapat bermanfaat dalam kamar ukuran kecil. Perabot yang fungsional biasanya memiliki beberapa fungsi dan tempat penyimpanan yang banyak. Tentunya banyak perabot saat ini yang memiliki beragam fungsi, seperti tempat tidur yang bisa dilipat jika tidak digunakan sehingga menghemat tempat dalam ruangan.

Pada kamar minimalis dengan ruang terbatas, Anda dapat menggabungkan beberapa furniture sekaligus. Misalnya, gunakan bagian atas dan samping dinding sebagai lemari dan rak buku. Anda juga bisa mengkreasikan kardus bekas menjadi rak buku. Gunakan ranjang yang dapat berfungsi sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Karena kamar tidur minimalis memiliki ruang yang kecil, sebisa mungkin Anda harus memanfaatkan ruang vertikal. Pilihlah lemari pakaian yang tinggi. 

3. Kamar Tidur dengan Tempat Tidur Susun dan Ruang Dibawah

Kamar Tidur dengan Tempat Tidur Susun dan Ruang Dibawah

Desain kamar tidur ukuran 3×4 yang kecil bila tidak dirancang dengan baik, tentunya akan membuat penghuninya cukup repot dalam melakukan kegiatan sehari-hari di dalam kamar, termasuk ketika memerlukan meja untuk belajar atau bekerja. Jika menggunakan tempat tidur susun, maka bagian bawahnya dapat dimanfaatkan sebagai area lain seperti meja belajar, lemari, meja rias dan sebagainya.

Lebih dari itu, meski luasnya tak seberapa, kamar minimalis ukuran 3×4 juga dapat diakali agar memiliki ruang tamu sendiri. Caranya adalah dengan menempatkan tempat tidur di bagian atas. Anda bisa menggunakan tiang kokoh yang tinggi untuk penempatan tempat tidur posisi ini. Selanjutnya, pada ruang yang tersisa di bagian bawah kamar minimalis tipe ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu, Anda dapat menempatkan sofa satu dudukan beserta meja.

4. Kamar Tidur dengan Meja Belajar Berukuran Kecil

    Kamar Tidur dengan Meja Belajar Berukuran Kecil

Apabila Anda banyak menggunakan waktu untuk belajar atau bekerja di kamar, Anda dapat mencari meja belajar berukuran kecil dan ringkas sehingga dapat ditempatkan dengan mudah dan tidak menyita banyak tempat. Anda juga bisa mencari dan memanfaatkan kursi yang nyaman supaya bisa bekerja tanpa harus terganggu dengan anggota keluarga Anda lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan meja belajar dengan tipe C Stand yang berukuran kecil supaya tidak membuat ruangan menjadi sesak.

Penggunaan meja belajar kecil dalam desain kamar minimalis dapat digunakan untuk kamar dewasa maupun kamar anak-anak. Meja belajar yang kecil tidak hanya praktikal namun juga fungsional karena dapat digunakan dalam skenario working from home atau digunakan di kamar anak sebagai tempat anak belajar maupun bermain permainan edukatif. 

5. Kamar Tidur 3×4 Minimalis

Kamar Tidur 3x4 Minimalis

Untuk desain kamar tidur utama 3×4, Anda masih bisa menerapkan desain minimalis. Hal ini dimaksudkan agar kamar tidur tersebut terasa nyaman dan tentunya menarik. Sebaiknya hindari menggunakan perabot yang berukuran besar di dalam kamar tidur dengan desain minimalis.

Desain kamar tidur minimalis ukuran 3×4 juga tengah menjadi populer secara cepat dalam desain interior dan bisa Anda jadikan referensi untuk diterapkan pada kamar Anda. Sebab. Desain ini sekaligus juga dapat menginspirasi banyak orang untuk hidup lebih sederhana dan lebih hemat. Hal ini dikarenakan desain kamar tidur minimalis tidak membutuhkan banyak ornamen atau dekorasi.

6. Kamar Tidur dengan Kombinasi Permainan Warna

Kamar Tidur dengan Kombinasi Permainan Warna

Permainan warna menjadi salah satu kunci penting bagi sebuah kamar. Kamar dengan warna yang polos atau gelap bisa membuat suasana kamar tersebut menjadi membosankan dan akan terasa suram. Warna cat rumah yang dapat membuat kamar sempit menjadi tampak luas salah satunya adalah warna putih. Jika Anda bosan dengan warna putih yang terlalu biasa, maka dapat menambahkan warna cat lain yang disukai. 

Namun perlu dicatat, tambahan warna cat lain tersebut harus dalam porsi yang seimbang dan tidak berlebihan. Selain itu, Anda dapat mendesain warna kamar tidur dengan desain kamar 3×4 aesthetic. Desain  ini  menggunakan kombinasi warna-warna lembut seperti warna pastel. Lalu gunakan benda-benda yang memiliki warna senada dengan warna tersebut.

7. Desain Kamar Tidur Warna Cerah untuk Anak

Desain Kamar Tidur Warna Cerah untuk Anak

Warna cerah di kamar akan membantu stimulasi otak anak dan juga gunakan barang-barang yang berfungsi sebagai penyimpanan mainan dan buku-buku pelajarannya. Desain kamar 3×4 dengan kasur lantai bisa Anda terapkan pada kamar anak-anak sehingga, suasana kamar jadi lebih menarik. Selain itu, beberapa ornamen permainan anak maupun hiasan kamar yang menonjol dapat juga digunakan, contohnya adalah tenda berukuran kecil  seperti gambar di atas.

Desain kamar dengan nuansa warna-warni dapat melambangkan keceriaan. Selain itu, melansir laman Sciencing, anak-anak lebih menyukai warna yang lebih cerah sejak usia dini karena mata mereka belum berkembang sempurna. Mereka melihat warna-warna ini lebih baik daripada warna yang lebih redup. Warna-warna cerah dan warna-warna kontras lebih menonjol di bidang penglihatan mereka. Anak-anak cenderung tertarik pada warna cerah daripada warna pastel. Jika anak Anda tidur dengan desain kamar berwarna cerah, anak dapat merasa nyenyak dan tenang tanpa gangguan.

8. Desain Kamar Tidur 3×4 Modern Minimalis 

Desain Kamar Tidur 3x4 Modern Minimalis 

Desain kamar tidur 3×4 elegant adalah desain yang paling banyak disukai orang.  Kamar tidur tampilan ramping yang penuh dengan kenyamanan masa kini, namun desain kamar tidur modern dapat juga diartikan sebagai desain kamar yang kondusif untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Desain modern pada kamar tidur bisa Anda terapkan dengan menggunakan perabot yang bermotif polos dan terbuat dari aluminium. 

Selain itu, Anda dapat menggunakan perabot fungsional untuk mendukung desain modern minimalis tersebut. Selain tata letak furniture, model pintu juga sangat berpengaruh pada kamar minimalis dengan luas terbatas 3×4. Anda dapat mempertimbangkan menggunakan sliding door dibandingkan dengan pintu biasa. Dengan menggunakan pintu geser atau sliding door, ruang di dalam kamar minimalis ukuran 3×4 tidak akan termakan daun pintu ketika dibuka. Pilihlah desain pintu yang tepat

Itulah informasi seputar desain minimalis pada desain kamar minimalis 3×4 yang dapat Anda aplikasikan pada rumah Anda. Desain kamar minimalis ini dapat diterapkan untuk kamar anak maupun di ruangan lainnya. Sekarang tidak perlu bingung lagi untuk menyiasati kamar tidur berukuran kecil setelah mengetahui berbagai inspirasi tersebut diatas. Semoga bermanfaat!