5 Inspirasi Desain Ruang Tamu Idaman, Ciptakan Hunian Mewah dan Berkesan!

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2023 by David Ashari
5 Inspirasi Desain Ruang Tamu Idaman, Ciptakan Hunian Mewah dan Berkesan!

Ruang tamu merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting. Tak heran jika penataan ruang tamu selalu menjadi prioritas utama karena merupakan kesan pertama tamu masuk ke dalam rumah. 

Untuk mewujudkan ruang tamu tersebut Anda perlu inspirasi dalam membuat desain. Ada banyak desain ruang tamu yang bisa Anda terapkan.  Bahkan, untuk mewujudkan ruang tamu sesuai dengan impian Anda, tak perlu lagi ukuran yang luas. 

Memiliki ruang tamu yang minimalis saja, bisa jadi solusi tepat bagi Anda untuk menciptakan ruang tamu idaman. Langsung saja, yuk!

Inspirasi Desain Ruang Tamu Idaman

Konsep ruang tamu idaman minimalis sekarang ini banyak diterapkan sebagian besar orang  pada rumah minimalis. Anda juga bisa mendesain ruang tamu sehingga ruang tamu terasa modern dan tetap sederhana sekaligus. Bagi Anda yang masih bingung untuk memikirkan desain dan dekorasinya, berikut ini beberapa pilihan yang bisa jadi inspirasi.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Rumah Mewah Minimalis dan Unik

1. Ruang Tamu Modern Minimalis

 

Ruang Tamu Modern Minimalis

Ruang tamu minimalis modern bisa menjadi salah satu inspirasi bagi Anda. Desain ini sangat cocok bagi penghuni rumah yang tidak mau repot, terutama dalam urusan membersihkan dan merawatnya.

Anda bisa memulainya dengan penggunaan warna dasar dan perabotan maupun furniture berukuran minimalis. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan sofa berwarna abu-abu.

Kemudian, untuk menciptakan ruang tamu minimalis elegan ini bisa Anda tambahkan penggunaan meja berwarna putih. 

Untuk menciptakan suasana ruang tamu minimalis mewah, Anda bisa menerapkannya pada ruang tamu minimalis 3×3. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membutuhkan banyak dekorasi.

2. Ruang Tamu yang Menonjolkan Nuansa Kayu

 

Ruang Tamu yang Menonjolkan Nuansa Kayu

Tidak hanya ruang tamu idaman minimalis saja, Anda pun juga bisa memiliki ruang tamu mewah dengan nuansa alami. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menonjolkan nuansa kayu maupun material alami lainnya.

Dengan memanfaatkan elemen kayu, suasana ruang tamu Anda akan semakin segar dan sejuk. Meskipun terbilang sederhana, akan tetapi ciri khas dari desain ini sangat fungsional.

Pasalnya, Anda bisa memadukannya dengan desain ruang tamu lainnya. Misalnya saja seperti minimalis, Scandinavian, ataupun Japandi.

Tak hanya itu saja, material kayu tak hanya memperkuat kesan klasiknya saja. Akan tetapi juga mampu membuat ruang tamu mewah dan elegan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lantai parket supaya ruang tamu terlihat semakin rapi dan apik. Anda pun akan semakin mudah saat membersihkannya.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Kamar Korea yang Estetik untuk Rumah Anda

3. Ruang Tamu dengan Desain Retro

 

Ruang Tamu dengan Desain Retro

Bila ruang tamu idaman sederhana bisa jadi pilihan, ruang tamu cantik desain retro pun tak kalah menarik. Desain ruang tamu modern mewah ini memang sedang banyak peminat.

Apalagi, desain ini juga menampilkan kesan nyentrik, sehingga tampilan ruang tamu Anda akan tampak berbeda. 

Sementara itu, Anda bisa menggunakan berbagai macam furniture dengan kesan antik atau vintage agar tambah terlihat seperti ruang tamu aesthetic. Supaya ruang tamu modern ini semakin nyata, Anda bisa menambahkan warna yang sedikit kontras.

4. Ruang Tamu dengan Kesan Segar dan Ceria

 

Ruang Tamu dengan Kesan Segar dan Ceria

Bagi Anda yang kurang sesuai dengan ruang tamu modern mewah, bisa coba desain ruang tamu yang lebih segar dan ceria. Ruang tamu yang cerah merupakan salah satu ruang tamu minimalis elegan yang banyak digunakan karena memberikan kesan yang ceria.

Anda bisa memberanikan diri dengan memadukan beberapa warna. Supaya ruang tamu cantik, Anda bisa memilih warna-warna ceria, seperti biru, pink, kuning, hijau, dan lain sebagainya.Tak hanya mewujudkan ruang tamu aesthetic saja, melainkan menambah kesan hidup bagi ruang tamu Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ornamen-ornamen mini seperti pot tanaman, bantal sofa, peralatan makan kucing dan lain sebagainya.

5. Ruang Tamu Lebih Hidup dengan Tanaman

 

Ruang Tamu Lebih Hidup dengan Tanaman

Selanjutnya, Anda bisa menghidupi ruang tamu sederhana dengan berbagai tanaman pot. Jika Anda memiliki warna dinding yang netral dan perabotan berwarna netral juga, Anda bisa menambahkan tanaman pot agar suasana terlihat tambah asri. Anda bisa menambahkan karya seni lain atau lukisan di dinding. Ruang tamu Anda yang sederhana bisa menjadi ruang tamu idaman sederhana dengan menambahkan tumbuh-tumbuhan.

Ingin memiliki ruang ruang tamu mewah, modern, klasik, maupun desain lainnya tentu saja tak jadi masalah. Sebab, pada dasarnya ruang tamu idaman bisa Anda wujudkan dengan mengetahui selera dan kebutuhan masing-masing. Semoga inspirasi ruang tamu di atas membantu Anda untuk mendesain ruang tamu idaman!