8 Desain Kamar Tidur Remaja Bergaya Klasik yang Inspiratif

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
8 Desain Kamar Tidur Remaja Bergaya Klasik yang Inspiratif

Memiliki kamar dengan desain yang apik tentu menjadikan seseorang lebih betah berlama-lama di kamar tidurnya, tidak terkecuali anak remaja Anda. Desain kamar tidur remaja klasik bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam merancang kamar yang nyaman untuk si anak tanggung. Umumnya anak remaja sudah tidak menyukai hal-hal yang berbau kekanakan lagi, ia sudah beralih selera menjadi lebih elegan dan dewasa.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari desain kamar tidur remaja klasik yang nyaman dan sederhana namun tetap elegan, yuk simak ulasan berikut ini!

Rekomendasi Desain Kamar Tidur Remaja Klasik

Tema kamar tidur dengan desain klasik, seperti klasik modern atau klasik eropa bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang merancang kamar untuk si kecil yang beranjak remaja. Berikut merupakan rekomendasi desain kamar tidur remaja klasik yang hommy dan nyaman: 

1. Kamar dengan Ranjang Tidur Gantung

tempat tidur gantung
gambar diambil dari pinterest

Desain kamar tidur remaja klasik elegan yang pertama adalah kamar dengan ranjang tidur gantung. Ranjang tidur gantung berbeda dari ranjang pada umumnya, karena terdapat tiang gantungan pada bagian pinggir yang membuat ranjang terlihat unik. Ranjang tidur gantung akan membuat pengalaman tidur menjadi lebih menarik dan seru. Anak remaja Anda pasti akan menyukai desain seperti ini karena lain daripada yang lain.

Padukan ranjang tidur gantung dengan elemen kayu yang akan membuat kesan klasik makin terlihat. Tambahkan bantal dan karpet dengan warna senada sehingga matching dengan interior kamar tersebut. Jangan lupa atur pencahayaan sedemikian rupa agar terasa lebih elegan.

Baca juga: 8 Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4, Kamar Sempit Tidak Masalah!

2. Minimalis Klasik

tempat tidur minimalis klasik
gambar diambil dari ruparupa.com

Desain kamar tidur remaja klasik berikutnya bisa menggunakan gaya minimalis klasik. Kamar tidur minimalis ini tidak membutuhkan banyak perabot namun memiliki sentuhan klasik yang elegan dan mewah. Anda bisa menambahkan lantai kayu dengan warna natural yang akan menambah kesan klasik pada kamar remaja ini. 

Dengan dinding putih atau warna natural lain, kamar tidur remaja klasik gaya minimalis ini akan semakin terlihat cantik. Selain itu, untuk mempertegas kesan klasik, Anda bisa menambah lantai kayu dengan warna natural. Kayu warna natural sangat cocok dipadukan dengan tempat tidur warna putih atau warna polos lainnya.

3. Klasik Gaya Amerika

kamar tidur gaya amerika klasik
gambar diambil dari pinterest

Untuk remaja yang menyukai gaya Amerika, kamar klasik dengan gaya Amerika ini bisa jadi pilihan. Kamar dengan unsur kayu yang mendominasi akan membuat kesan yang adem, hangat, dan nyaman. Nuansa klasik khas Amerika juga akan membuat siapa saja sangat menikmati kamar tidur dengan konsep ini.

Kamar tidur klasik Amerika sangat identik dengan bahan kayu cokelat yang natural. Mulai dari bahan furniture, lantai, hingga ornamen lain di dalam kamar bisa ditambahkan dengan warna cokelat. Untuk menambah kesan klasik khas Amerika, tambahkan lampu gantung atau lampu meja yang estetik bisa menjadi pilihan.

4. Kamar Skandinavia Klasik

kamar tidur gaya skandinavia klasik

Rekomendasi desain kamar tidur remaja klasik berikutnya adalah gaya skandinavia yang elegan. Kamar ini didesain sangat estetik dengan gaya skandinavia yang kekinian. Ditambah dengan warnanya yang klasik akan membuat tempat tidur ini makin ciamik. Untuk menambah kesan klasik yang kental, gunakan dipan dari kayu natural serta furnitur lain dengan bahan kayu.

Untuk dipan atau tempat tidur, padukan dipan kayu khas Skandinavia dengan sprei atau ornamen putih guna memperkuat kesan klasik. Tambahkan juga hiasan dinding seperti lukisan atau lainnya agar interior kamar tidak tampak kosong. Paduan warna cokelat dan putih pada desain ini membuat kamar skandinavia ini sangat cocok untuk anak remaja.

5. Desain Kamar dengan Perabot Kayu

kamar tidur kayu
gambar diambil dari courtina.id

Siapa bilang perabot kayu hanya cocok untuk orang dewasa saja? Anak remaja pun cocok menggunakan perabot kayu untuk dekorasi kamar. Perabot kayu di kamar akan membuat kamar terlihat lebih lux, elegan, dan klasik. Anda bisa memadukan perabot kayu dengan dinding putih atau hitam untuk menambah kesan klasik. Lantai parket juga bisa Anda pakai sebagai pengganti keramik atau jenis lantai lainnya.

Remaja bukan anak-anak lagi, mereka sudah mulai menyukai desain yang lebih elegan dan netral seperti kamar dengan perabot kayu ini. Untuk pilihan kayu, Anda bisa menggunakan kayu jati, kayu mahoni, atau jenis kayu lainnya sesuai dengan selera dan budget.

Baca juga: 6 Model Gorden Minimalis yang Bisa Mempercantik Hunian Anda

6. Desain Kamar dengan Karpet

tempat tidur dengan karpet

Desain kamar tidur remaja klasik berikutnya adalah desain kamar dengan karpet. Karpet akan membuat kamar remaja Anda semakin cantik dan elegan. Pilihlah warna karpet yang netral seperti cokelat, putih, atau abu-abu supaya kesan klasik tetap terlihat. Selain itu, pilihlah motif tempat tidur yang senada dengan karpet supaya matching dan enak dipandang.

Jika tempat tidur yang dipilih bernuansa kalem, maka karpet putih, hitam, atau bau-abu dapat menjadi pilihan. Tambahkan aksesoris lain di dalam kamar seperti pot bunga, rak, atau hiasan dinding supaya kamar tidak tampak sepi. Ditambah dengan lantai parket yang klasik, desain kamar ini sangat direkomendasikan.

7. Desain Kamar dengan Hiasan-hiasan Dinding

kamar tidur dengan dekorasi dinding

Hiasan dinding bisa dijadikan ornamen yang epic pada kamar tidur remaja. Terlebih ketika hiasan dinding yang digunakan senada dengan style kamar, akan membuat kamar remaja tampak cantik. Pilihlah hiasan dinding yang sesuai dengan gaya remaja masa kini dan aturlah sedemikian rupa agar tampak cantik. Jangan lupa atur pencahayaan yang baik guna mendapatkan kesan klasik yang nyaman,

Untuk desain hiasan dinding, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan favorit anak. Apakah ia menyukai hiasan dinding yang ramai, girly, atau lainnya, tetap dapat disesuaikan dengan desain kamar yang klasik. 

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Kamar Tidur Aesthetic, Hemat budget!

8. Desain Kamar Nuansa Monokrom

kamar tidur berwarna monokrom

Nuansa monokrom merupakan salah satu style yang apik dan cocok untuk kamar remaja. Desain kamar tidur remaja klasik dengan tema monokrom tidak membosankan sama sekali, namun justru terkesan adem. Anda akan betah berlama di dalam kamar karena warnanya yang meneduhkan. Untuk menambah kesan elegan, pilihlah perabot dari kayu seperti meja, kursi, dan almari.

Nah, itulah beberapa desain kamar tidur remaja klasik yang bisa Anda contek untuk kamar putra atau putri Anda. Sesuaikan tema kamar dengan kebutuhan dan juga selera remaja agar kesan klasik khas remaja semakin tampak. Selamat mencoba!