7 Jenis Ventilasi Rumah Serta Manfaatnya Untuk Rumah

Artikel ini terakhir di perbaharui June 20, 2023 by David Ashari
7 Jenis Ventilasi Rumah Serta Manfaatnya Untuk Rumah

Keberadaan ventilasi rumah memiliki peran yang sangat penting guna menjaga sirkulasi udara agar tetap sehat. Bila Anda belum mengaplikasikannya, maka ada beberapa jenis ventilasi rumah terbaik yang bisa diterapkan. Ventilasi sendiri memiliki peran sangat penting, yakni untuk mengalirkan udara segar dari luar ke dalam ruangan rumah. Jadi kualitas udara dalam rumah menjadi salah satu faktor penentu kondisi kesehatan bagi para penghuninya. Ventilasi rumah yang baik juga adalah tentang pola hidup sehat yang dapat Anda terapkan, berikut jenis, desain dan manfaatnya.

Jenis-jenis Ventilasi Rumah

Pada umumnya, ventilasi terbagi menjadi dua kategori yang merupakan ventilasi alami dan ventilasi mekanik. Model alami biasa digunakkan pada ruang tamu dan ventilasi mekanik berupa kipas yang pasang di ruangan seperti kamar mandi, dapur, atau pabrik. Berikut jenis ventilasi rumah yang dapat Anda pilih.

1. Ventilasi Boven

ventilasi boven

Jenis ventilasi Boven ini merupakan salah satu model yang banyak digunakan, dan biasanya sering ada pada perumahan modern hingga tradisional. Selanjutnya desain ventilasi rumah minimalis type Boven ini terdiri dari dua jenis, ada yang menyatu dengan jendela/pintu dan ada yang terpisah.

2. Ventilasi Kaca Nako

ventilasi kaca nako

Ventilasi rumah modern selanjutnya adalah kaca nako yang secara desain hampir sama seperti krepyak atau jalusi. Hanya saja perbedaannya terletak pada bagian material pembuatannya dan bukan kayu melainkan dari kaca, seperti namanya.

3. Ventilasi Dinding

ventilasi dinding

Model ventilasi dinding ini cocok untuk digunakan pada bagian ruangan terbuka maupun tertutup. Pasalnya model ventilasi ini hanya bisa ditempel saja pada bagian tembok ruangan atau hunian. Selanjutnya ventilasi rumah ini juga bisa bekerja dua arah yakni untuk membuang udara dari dalam serta mengalirkan udara dari luar ke dalam. Biasanya untuk ukuran baling-baling ventilasi ini berukuran 25-30 cm.

4. Ventilasi Industri

ventilasi industri

Sebenarnya jenis ventilasi yang satu ini bukan untuk ventilasi rumah modern, bukan untuk ventilasi kamar mandi bahkan bukan untuk ventilasi kamar tidur. Melainkan ini adalah ventilasi industri yang memiliki fungsi khusus serta mempunyai spesifikasi paling besar daripada lainnya. Jenis ventilasi yang satu ini sering digunakan pada ruangan dengan kebutuhan udara maksimal, seperti restoran, dapur dan pabrik. Ventilasi yang satu ini juga hanya memiliki satu fungsi, yakni untuk memudahkan pembuangan udara dari dalam ruangan menuju ke luar.

5. Ventilasi Pembuangan

ventilasi exhaust pembuangan

Ventilasi pembuangan merupakan salah satu ventilasi mekanik yang membutuhkan bantuan listrik agar dapat berjalan. Bentuk dari ventilasi ini seperti kipas, namun memiliki fungsi yang berbeda dari pada kipas angin. Sesuai dengan namanya, ventilasi pembuangan berbentuk kipas ini berfungsi sebagai penyedot udara kotor dalam ruangan lalu membuangnya keluar. Jadi, ventilasi jenis ini digunakkan pada ruang tertutup yang tidak  memiliki ventilasi alami untuk menjaga keluar masuknya udara. Ukuran pada baling-balingnya sekitar 20-125 cm.

6. Ventilasi Loster

ventilasi loster

Ventilasi loster adalah Salah satu ventilasi tradisional yang masih digunakkan hingga saat ini. Jenis ventilasi ini terbuat dari keramik, semen atau beton dan juga tersedia dalam bentuk berbagai model. Ventilasi jenis ini diaplikasikan hanya pada satu sisi dinding rumah lalu disusun dengan cara dinamis. Dengan cara ini diharapkan udara dapat masuk dan keluar lewat lubang-lubang ventilasinya. Desain ini cukup unik untuk dicoba.

7. Ventilasi Jalusi

ventilasi jalusi

Jenis ventilasi Jalusi memiliki bentuk yang sederhana dengan model ruas yang lebar. Ukuran ruas-ruas disesuaikan supaya udara masuk secara maksimal. Jalusi  terbuat dari alumunium atau kayu.  Namun, ventilasi jalusi yang terbuat dari alumunium lebih disukai masyarakat karena kekuatan dan lebih tahan lama. Bentuk ventilasi Jalusi bagus  untuk digunakan pada desain rumah minimalis.

Desain Ventilasi Rumah

Model ventilasi rumah memang ada banyak, misalnya seperti ventilasi kaca dan cocok digunakan pada ruang tamu. Sementara itu untuk soal ukuran ventilasi rumah modern juga akan tergantung dari seberapa besar desain rumah tersebut

1. Desain Ventilasi Rumah Minimalis Modern untuk Ruang Tamu

Setidaknya untuk membuat ventilasi ruang tamu juga harus disesuaikan dengan kondisi ruangan itu sendiri. Ada baiknya lagi jika menggunakan kaca supaya pencahayaan di ruangan ini lebih banyak dan terang.

2. Desain Ventilasi Rumah Minimalis Modern untuk Kamar Mandi

Selanjutnya untuk ventilasi kamar mandi Anda bisa menggunakan jenis ventilasi loster. Sebab model ventilasi yang satu ini memiliki desain yang tergolong cukup unik.

Karena modalnya sangat beragam, maka Anda dapat memilihnya sesuai dengan motif loster dan ukuran lubangnya. Selain itu Anda juga bisa memilih loster beton, kayu, maupun keramik.

3. Desain Ventilasi Rumah Minimalis Modern untuk Dapur

Nah, khusus untuk ruangan dapur, sebaiknya gunakan jenis ventilasi pembuangan. Jadi ventilasi jenis ini mampu untuk menyedot udara dari dalam ruangan agar bisa keluar melalui ventilasi tersebut. Desain ventilasi untuk dapur sangat berguna karena asap dari hasil memasak di dapur dapat terbuang dengan maksimal sehingga terjaga udara dalam dapur.

4. Desain Ventilasi Rumah Cahaya Penuh

Jika Anda ingin memiliki rumah dengan cahaya penuh, maka bisa menggunakan jenis ventilasi kaca nako saja. Biasanya ventilasi jenis ini banyak digunakan pada rumah minimalis dengan konsep yang lekat dengan alam. Dengan begitu, rumah akan memiliki banyak cahaya dan tidak gelap.

Manfaat Ventilasi Udara di Rumah

Seperti yang kita tahu sebelumnya, bahwa fungsi dari ventilasi udara di rumah sendiri adalah untuk membuat supaya sirkulasi udara optimal. Sebab dengan adanya udara yang sejuk melalui ventilasi, maka kesehatan penghuninya juga akan selalu terjaga.

Selain itu ventilasi rumah juga bermanfaat untuk membuang polusi udara dalam ruangan dan keberadaan ventilasi ini juga mampu membuat udara dalam ruangan agar tidak pengap. Selanjutnya mampu menghindari dari berbagai macam penyakit serta lebih menghemat penggunaan energi. Terakhir penggunaan ventilasi ini ternyata juga bisa menambah nilai estetika rumah.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan jenis dan model ventilasi yang sesusi dengan keinginan Anda? Linktown berharap artikel ini dapat bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi dalam menciptakan ventilasi idaman Anda.