Cara Mengusir Kecoa yang Efisien, Dijamin Ampuh!

Artikel ini terakhir di perbaharui April 17, 2024 by David Ashari
Cara Mengusir Kecoa yang Efisien, Dijamin Ampuh!

Cara mengusir kecoa yang digunakan oleh setiap orang bisa jadi berbeda. Dari beberapa pilihan metode tersebut, Anda dapat memilih cara paling efektif untuk mengatasinya. Pasalnya, jika kecoa dibiarkan begitu saja, bisa jadi jumlah mereka akan semakin banyak. Tentu saja, hal tersebut akan mengganggu kenyamanan, bukan?

Cara mengusir Kecoa dengan Efisien 

Untuk cara mengusir kecoa di kamar tidur secara alami supaya tidak betah di rumah atau tempat, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan. Bahkan Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang sering digunakan di dapur untuk mengusir kecoa. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut ini!

Asam Borat

Cara mengusir kecoa dengan kapur barus memang banyak digunakan. Akan tetapi, Anda juga dapat Anda gunakan untuk mengusir kecoa yaitu asam borat. Anda dapat membeli bahan ini sendiri dari marketplace online atau bahkan offline.  Selain itu, bahan ini sendiri  diklaim ampuh dalam membasmi serangga. Seperti halnya kecoa, semut, dan lain sebagainya yang mengganggu Anda.

Anda dapat mencampurkannya dengan gula, dimana bahan tersebut dipercaya dapat mengusir kecoa. Sementara asam borat mampu untuk membunuh hewan tersebut. Namun, untuk penggunaan sendiri, Anda perlu mengingat untuk menyemprotkan atau menaburkan  bubuk asam borat di area yang kering sebagai cara ampuh mengusir kecoa. Pasalnya, bahan ini tidak akan efektif apabila digunakan pada area basah. Nantinya, bahan ini bakal menempel pada kaki, antena, dan tubuh kecoa saat dicerna. Anda dapat menabur maupun menyemprotkan bahan ini di belakang maupun di bawah kompor, kulkas, hingga mesin cuci piring. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya pada celah-celah lemari dan dapur.  Meskipun begitu, Anda harus menjauhkannya dari meja maupun tempat yang dapat dijangkau oleh hidung maupun jari.

Soda Kue dan Gula

Anda dapat mengusir kecoa dengan menggunakan bahan yang ada di dapur. Lalu apa saja bahan tersebut? Yaitu campuran dari gula dan soda kue. Cara mengusir kecoa dengan parfum campuran kedua bahan tersebut, nantinya Anda hanya perlu menyiapkan kedua bahan tersebut dan mangkok. Untuk caranya sendiri, cukup mudah yaitu dengan mencampurkan soda kue dengan gula. 

Adapun jumlah takaran yang digunakan yaitu sama. Setelah bahan untuk cara mengusir kecoa dari rumah, Anda dapat langsung menaburkannya di area yang Anda curigai sebagai sarang kecoa. Meskipun tidak beracun seperti halnya asam borat, tetapi bahan ini sendiri apabila sudah tercampur dengan asam lambung ia akan menyebabkan kecoa mati secara perlahan.

Daun Salam

Bahan selanjutnya yang dinilai efektif untuk mengusir kecoa yaitu dengan menggunakan daun salam. Hal ini karena kecoa sangat membenci aroma daun salam yang cenderung menyengat. Untuk cara mengusir kecoa secara alami dengan cepat sendiri cukup mudah, Anda hanya tinggal menghancurkan segenggam daun salam dengan menggunakan ulekan maupun cara lainnya. Setelah Anda rasa halus, maka dapat ditaburkan pada area yang banyak kecoanya. Selain itu, jangan lupa untuk membaca doa mengusir kecoa. Ternyata, selain dapat membasmi kecoa, bahan ini juga bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung anti bakteri dan anti jamur. Sehingga tidak heran, apabila banyak orang yang menggunakan bahan satu ini.

Minyak Esensial 

Minyak esensial sering digunakan untuk aroma terapi yang dapat membuat orang-orang merasa lebih rileks saat berada di ruangan. Namun, ternyata minyak satu ini juga dapat digunakan sebagai cara mengusir kecoa di kamar mandi secara efektif. Meskipun begitu, tidak semua minyak esensial dapat digunakan untuk mengusir kecoa. 

Lalu minyak esensial seperti apa yang dapat digunakan untuk mengusir kecoa? Yaitu minyak dengan aroma peppermint menjadi cara alami mengusir kecoa dengan efektif. Jadi selain dapat membuat rileks dan membuat mood meningkat, minyak ini pun dikenal efisien untuk mengatasi kecoa. Nantinya, Anda dapat mencampurkannya dengan air garam dan semprotkanlah pada lemari, laci, atau area lainnya yang memang biasanya banyak kecoa berkumpul.

Kayu Manis

Selain cara mengusir kecoa dengan kopi, ternyata aroma dari kayu manis juga membuat kecoa tidak nyaman karena mereka tidak menyukainya. Anda dapat menaburkan serbuk dari kayu manis pada area yang menjadi tempat berkumpul atau sering dilewati oleh kecoa.

 Seperti halnya, sudut dapur, belakang lemari, dan lain sebagainya. Selain berbentuk bubuk, Anda juga dapat menggunakan minyak esensial dengan varian aroma kayu manis. Nantinya, Anda hanya tinggal menyemprotkan aroma tersebut ke area-area tertentu sebagai cara membasmi kecoa kecil.

Cuka

Apabila di rumah terdapat cuka, maka bahan ini dapat digunakan untuk mengusir kecoa. Untuk caranya sendiri yaitu dengan menggunakan cuka putih dan mencampurkannya dengan menggunakan air. Setelah tercampur, maka Anda dapat memasukkannya ke dalam semprotan dengan jumlah perbandingan 1:1.

Kemudian, nantinya, Anda dapat menyemprotkannya ke  area tertentu yang sering dilalui oleh kecoa rumah. Dimana aroma asam dari cuka membuat kecoa menjauh. Untuk meningkatkan efektivitas dari bahan tersebut, Anda dapat menambahkan sabun cair pada campuran bahan tersebut.

Selain cara yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah terutama di daerah yang kerap menjadi jalan masuk kecoak ke dalam rumah Anda. Semoga cara di atas juga dapat membantu mengatasi permasalahan Anda.