Cara Membersihkan Mesin Cuci Secara Mandiri yang Mudah

Artikel ini terakhir di perbaharui May 10, 2024 by David Ashari
Cara Membersihkan Mesin Cuci Secara Mandiri yang Mudah

Cara membersihkan mesin cuci perlu menggunakan cara yang tepat supaya alat tersebut dapat awet. Pasalnya jika tidak begitu dan Anda membersihkannya dengan cara yang salah semakin lama kelamaan malah membuat mesin cuci menjadi rusak.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Untuk cara membersihkan mesin cuci sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba mencuci mesin cuci, maka usahakan untuk melakukannya dengan hati-hati. Untuk lebih jauh lagi, simak ulasan berikut ini!

1.  Melepas dan Menggosok Filter dari Pompa

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melepaskan filter pompa, sebelum akhirnya nanti Anda membersihkan tabung dari mesin cuci. Setelah filter dilepas, cobalh untuk memeriksa filtersebut. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa saluran pembuangan. Cobalah untuk menyingkirkan apapun benda asing yang diprediksi dapat menghambat kinerja dari mesin cuci.

Seperti halnya serat kain, benda-benda kecil, dan lain sebagainya. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja maka dapat membuat getaran pada mesin secara berlebihan  dan membuat siklus waktu menjadi lebih lama. Kemudian, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk cara membersihkan filter mesin cuci yaitu membersihkannya dengan menggunakan air hangat, lalu menggosok filter dengan menggunakan sikat kecil.

2.  Menyemprotkan Air Sabun

Kemudian untuk membersihkan mesin cuci,  Anda dapat menyediakan air sabun yang sudah dicampur dengan panas. Hal ini dilakukan karena residu sabun dapat meminimlasiir perkembang biakan jamur dan aroma bau.  Untuk dapat melakukannya tersebut, Anda bisa memasukan cairan tersebut ke dalam botol.

Setelah itu, Anda perlu menyemprotkan air panas yang telah dicampur dengan air sabun pada gasket dan pintu. Untuk lebih memaksimalkannya, Anda perlu menarik lipatan secara perlahan sehingga cairan tersebut masuk. Kemudian, setelah selesailah lap menggunakan kain yang bersih.

3. Meredam Tabung Menggunakan Air Panas

Kemudian langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan mencuci yaitu dengan membersihkan tabung mesin cuci. Untuk caranya sendiri yaitu dengan mengisi tabung dengan menggunakan air panas. Selain itu, apabila mesin cuci yang Anda memiliki pengaturan suhu air, maka pilihlah suhu yang paling tinggi atau terpanas.

4. Menambahkan Pemutih

Apabila Anda sudah mengisi tabung mesin cuci menggunakan air panas, maka masukkanlah pemutih kedalamnya. Untuk jumlah pemutihnya sendiri, Anda dapat memasukkannya sebanyak 1 liter.  Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cara membersihkan mesin cuci dengan baking soda. Kemudian, silahkan atur mesin cuci sehingga ia dalam mode wash and spin.

Pastikan bahwa mode ini dalam keadaan full atau maksimal. Dengan begitu, kinerjanya akan jauh lebih maksimal. Selain itu, sebelum ingin melanjutkan ke cara membersihkan mesin cuci 1 tabung selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa pemutih yang tadi digunakan itu benar-benar hilang.

5. Isilah dengan Air Panas dan Tambahkan Cuka

Apabila sudah dipastikan semua terkuras, maka langkah selanjutnya untuk  cara membersihkan saringan mesin cuci yaitu dengan mengirim lagi tabung mesin cuci menggunakan air panas. Kemudian, Anda dapat menambahkan cuka dengan jumlah sebanyak 1 liter.

Lalu kenapa perlu menggunakan cuka? Hal ini karena cuka memiliki fungsi untuk dapat menghilangkan bau apek, bakteri, dan jamur.   Jika memang cuka sudah dituangkan, maka langkah selanjutnya  dalam cara membersihkan mesin cuci tanpa dibongkar yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mengatur mesin cuci ke dalam mode wash and spin. Setelah itu, lap lah semua bagian dengan lap kering secara merata.

 Cara Menjaga Kebersihan Mesin Cuci

Apabila Anda sudah memahami bagaimana cara membersihkan mesin cuci bukaan depan dengan menggunakan cara yang tepat. Maka  Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kebersihan dari mesin cuci. Sehingga, alat tersebut tidaklah mudah kotor. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini!

1. Membersihkannya dengan Berkala

Cobalah untuk membersihkan mesin cuci secara berkala sehingga kotoran maupun sisa detergen tidak menumpuk.  Untuk caranya sendiri yaitu dengan mengisi tabung mesin cuci menggunakan air secukupnya. Setelah itu, Anda tinggal mengatur mesin cuci ke dalam mode cleaning untuk dapat membersihkan tabung dengan otomatis. 

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan bagian lain, seperti halnya filter. Nah, untuk membersihkan filter ini sendiri setidaknya lakukanlah dua minggu sekali. Sehingga noda, kotoran, maupun jamur yang menempel pada filter dapat hilang.

2.  Usahakan Untuk Memasukan Pakaian yang Banyak

Meskipun sibuk, usahakan untuk  tidak memakai pakaian terlalu banyak ke dalam tabung mesin cuci. Hal ini dapat membuat kinerja mesin cuci menjadi lebih berat. Sehingga secara perlahan membuatnya akan rusak. Anda dapat memasukan pakaian secara bertahan, tetapi usahakan sebelum itu Anda telah memisahkan  pakaian berdasarkan bahan maupun warna. Hal ini dilakukan supaya untuk memudahkan Anda saat proses mencuci.

3.  Menggunakan  Detergen dengan Cukup

Seperti yang diketahui bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Hal ini pun berlaku dalam urusan memberikan detergen saat Anda mencuci. Pasalnya, jika terlalu banyak maka hal ini memungkinkan untuk  sisa detergen yang cukup banyak. Selain itu, hal ini juga dapat membuat sabun menjadi lebih boros, bukan? Dengan begitu, usahakan untuk menggunakan detergen secukupnya saja.

Cara membersihkan mesin cuci dapat dilakukan dengan beberapa tahapan, dari mulai melepas dan menggosok filter, menyemprotkan air sabung, merem tabung, hingga menggunakan cuka. Tidak hanya itu, untuk dapat menjaga kebersihan tetap terjaga, maka Anda perlu membersihkannya secara berkala, memasukan pakaian secukupnya, dan lain sebagianya.

Tips terakhir, Anda juga dapat meletakan mesin cuci di posisi yang tepat sehingga tidak lembab maupun matahari secara langsung. Mudah-mudahan cara di atas dapat membantu Anda yang masih mengalami kesulitan ketika harus membersihkan mesin cuci.