Lupa Nomor ID Pelanggan PDAM? Simak Caranya Berikut Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2023 by David Ashari
Lupa Nomor ID Pelanggan PDAM? Simak Caranya Berikut Ini!

No pelanggan PDAM menjadi salah satu hal yang perlu kamu ingat atau simpan dengan baik-baik. Tidak hanya itu saja, ID nomor pun perlu kamu ingat dengan jelas. Sehingga saat melakukan pembayaran tidak akan repot mencari-cari catatan  nomor pelanggan.

PDAM sendiri merupakan sebuah perusahaan yang mengatur pasokan air minum di sebuah daerah. Dengan begitu, pasokan air dapat berlangsung dengan cukup merata. Selain itu, orang yang menggunakan PDAM biasanya tinggal di daerah industry.

Apa itu Nomor ID Pelanggan PDAM?

Nomor ID pelanggan yaitu sebuah nomor dengan angka-angka yang berbeda pada setiap konsumen. Adapun nomor ini sendiri diberikan langsung oleh perusahaan kepada orang yang menggunakan jasa nya tersebut.

Selain itu, fungsi dari nomor ID ini yaitu mengetahui dengan jelas rincian bulanan pembayaran air yang perlu diselesaikan. Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat menggunakan beberapa cara cek no pelanggan PDAM. Sehingga tidak perlu lagi khawatir apabila  kamu lupa ID pelanggan yang dimiliki.

Cara Melihat No Pelanggan PDAM

Lupa atau menghilangkan catatan sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja, sehingga kondisi ini dapat dialami oleh kalangan manapun tanpa memandang umur maupun profesi. Untuk mengetahui caranya sendiri, yuk simak ulasan berikut ini dulu!

Cara Cek No Pelanggan PDAM di Meteran Air

Apabila kamu lupa dengan no ID pelanggan PDAM, maka dapat mengeceknya melalui meteran PDAM. Pasalnya, pada meteran biasanya tercantum juga nomor pelanggan. Meskipun sebenarnya letaknya berbeda-beda tiap meteran.

Akan tetapi, umumnya posisi nomor terletak di lingkaran meteran dengan kaca sebagai pelindungnya. Kelemahan mengecek degan car aini yaitu saat lingkaran meteran sudah lama yang mengakibatkan tulisan akan hilang.

Cara Melihat Nomor Pelanggan PDAM di Struk Pembayaran Bulan Lalu

Cek no pelanggan PDAM selanjutnya yaitu dengan mencetak struk pembayaran tagihan yang sudah kamu bayarkan bulan lalu. Pasalnya, biasanya nomor ID pun akan turut dicantumkan dengan nominal yang perlu kamu bayarkan saat bulan tersebut.

Selain itu, dalam surat tersebut tercantum juga nama dan alamat dari pelanggan layanan tersebut. adapun letaknya sendiri berada pada paling atas surat tagihan.  Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut.

Cek Nomor Pelanggan PDAM Di Situs Resmi

Cek id pelanggan PDAM dengan alamat yaitu dengan mengunjungi situs resmi dari perusahaan tersebut dahulu. Kemudian setelah berhasil masuk, kamu hanya perlu memasukan alamat lengkap beserta dengan nama.

 Setelah itu, akan muncul informasi lengkap mengenai data sesuai nama yang kamu masukan. Termasuk di dalamnya informasi mengenai nomor pelanggan dari PDAM. Namun, tidak semua apabila PDAM di daerah kamu tidak memiliki website, maka mau tidak mau harus cek tagihan pdam no pelanggan PDAM langsung di kantornya.

Cek Nomor Pelanggan PDAM Lewat Media Sosial

Selain mengeceknya melalui website PDAM, kamu pun dapat mengetahuinya melalui sosial media.  Untuk caranya sendiri, kamu hanya perlu mencari akun resmi dari PDAM. Setelah itu, cobalah untuk DM atau kirim pesan dengan menyampaikan permasalahan yang kamu hadapi.

 Selain itu, sampaikan pula mengenai nama dan alamat lengkapmu kepada adminnya. Sehingga nantinya, kamu dapat mengetahui nomor ID. Akan tetapi, tidak semua PDAM memiliki akun sosial media ataupun jika punya, sosmed nya tidak aktif.

Hubungi Call Center Pdam

Cek ID pelanggan PDAM dengan nama dan alamat bisa kamu lakukan dengan menelpon Call center dari perusahaan tersebut. Biasanya setiap kantor memiliki layanan call center masing-masing sehingga memungkin kamu untuk mengeceknya.

 Termasuk jika kamu gagal melakukan pengecekan dengan cara di tas. Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat menanyakan hal lain terkait pelayanan PDAM. Namun, sebelum menelpon pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup dan jaringan stabil. Sehingga tidak dapat mengganggu aktivitas tersebut.

Periksa Nomor Pelanggan PDAM Di Kantor PDAM

Cara terakhir yang dapat kamu tempuh yaitu cek tagihan pdam dengan mendatangi langsung kantor PDAM terdekat yang berada dilokasi tempat tinggalmu. Kamu dapat meminta bantuan secara langsung kepada petugas yang sedang bertugas mengenai ID pelanggan.

 Namun, kamu perlu meluangkan waktu yang untuk datang ke kantor karena kita tidak tahu hal tersebut akan cepat selesai atau tidak. Mengingat, tidak hanya kamu saja yang memiliki urusan dan pastikan untuk datang di jam kerja.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Ada beberapa pertanyaan yang sering orang-orang tanyakan mengenai  nomor ID maupun seputar layanan PDAM. Apa saja pertanyaan tersebut? Simak ulasan ini, berikut dengan jawabannya.

Berapa jumlah nomor ID Pelanggan PDAM?

Jawab: umumnya ID pelanggan tersebut terdiri dari 6 sampai dengan 11 digit. Selain itu, ID tersebut menjadi salah satu identitas yang memuas alamat, nama, dan kelas pelanggan. Tidak hanya itu saja, pelanggan pun akan mengetahui nominal yang perlu mereka bayarkan setiap bulannya melalui ID tersebut.

Kenapa ID Pelanggan PDAM tidak ditemukan?

Jawab: Apakah kamu pernah mengenali hal tersebut? Jika iya, maka hal ini terjadi karena biasanya nomor ID yang kamu masukan tidak sesuai dengan nomor yang semestinya. Sehingga pastikan untuk mengecek tiap digit angka yang kamu masukan. Sehingga tidak ada kesalahan angka.

Bagaimana jika pembayaran PDAM telat dibayar?

Jawab: Saat pembayaran PDAM telat dibayar, maka nantinya kamu akan menerima surat pemberitahuan dari kantor PDAM. Akan tetapi, jika hal ini dilakukan secara berturut-turut sampai dengan 3 bulan, maka akan dikenakan sanksi berupa pemutusan layanan.

Namun, hal ini tidak akan dilakukan secara tiba-tiba. Nantinya, kamu akan menerima pemberitahuan mengenai batas waktu dalam menyelesaikan pembayaran tagihan. Apabila layanan terlanjur terputus dan kamu ingin menggunakan layanan tersebut, maka cobalah untuk datang ke kantor PDAM.

Untuk meminta penyambungan kembali dan perlu membayar terlebih dahulu tagihan sebelumnya. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mematuhi prosedur yang berlaku dalam melakukan sambungan kembali PDAM untuk pertama kalinya.

Kapan tagihan PDAM akan muncul?

Jawab: Biasanya, tagihan akan muncul dari tanggal 1 sampai dengan 5 setiap bulannya pada sistem pembayaran pascabayar. Adapun untuk batas akhirnya adalah tanggal 20 pada tiap bulannya. 

Namun, ada pula yang menerapkan batas akhirnya yaitu tanggal 25 per bulannya. Sehingga usahakan untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Nomor pelanggan PDAM merupakan salah satu identitas yang perlu kamu perlu ingat untuk mengetahui berapa nominal tagihan yang harus dibayarkan pada bulan tersebut. Untuk menghindari kehilangan catatan maun lupa ID, pastikan untuk mencatatnya di memo handphone, ataupun yang lainnya. Selain itu, kamu dapat mengetahui nomor ID dengan cara mengunjungi website resmi, menghubungi sosial medianya, dan sebagainya.