Mudah! Cara Pasang Exhaust Fan disetiap Ruang Rumah Anda!

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2023 by David Ashari
Mudah! Cara Pasang Exhaust Fan disetiap Ruang Rumah Anda!

Untuk cara pasang exhaust fan sendiri sebenarnya beragam, meskipun  pada umumnya akan dipasang di langit-langit atau di atas ruangan. Adapun keuntungan dalam pemasangan alat ini yaitu menjadikan udara menjadi lebih  segar dan bersih. Sehingga tidak pengap atau bau apek saat berada dalam ruangan.

Bagaimana Cara Memasang Exhaust Fan pada Ruangan Rumah Anda?

Exhaust fan dapat kamu gunakan untuk berbagai ruangan sehingga membantu sirkulasi udara berjalan dengan baik. Namun, hal tersebut dapat terjadi apabila cara pasang exhaust fan dinding maupun di plafon  dengan tepat. Sehingga penting untuk memperhatikan proses pemasangan dengan baik.

Cara Pasang Exhaust Fan di Kamar Tidur

Cara pasang exhaust fan dinding di kamar tidur dapat membantumu  merasakan tidur dengan nyaman dan nyenyak. Selain itu, udara pun akan terasa lebih segar daripada sebelumnya, terutama jika jalur sirkulasi udara pada kamar tidurmu terbilang buruk. Untuk pemasangannya sendiri adalah sebagai berikut!

Menyiapkan Alat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan alat dengan lengkap. Dari mulai yang, spidol, tangga, bor, gergaji, dan tang kombinasi. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan ampelas, mur, dan alat lainnya yang memungkinkan kamu gunakan saat pemasangan.

Pilih Jenis Exhaust Fan

Cara pasang exhaust fan di ventilasi selanjutnya yaitu memiliki jenis yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pasalnya, setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk  jenisnya sendiri yaitu Wall mount yang dapat kamu pasang pada tembok dengan berhadapan langsung dengan bagian luar rumah.

Selain itu, fungsi dari exhaust jenis ini yaitu menyedot udara yang ada di dalam dan membuatnya ke luar ruangan. Selain itu, ada pula Window Mount yang dapat kamu pasang pada jendela sehingga memungkinakan udara segara masuk ke dalam rauangan.

Akan tetapi, proses pemasangannya pun cukup rumit. Sedangkan untuk Ceiling Mount dapat kamu pasang di plafon dan termasuk jenis yang banyak digemari oleh para pemilik atau penghuni rumah. Hal ini karena exhaust fan untuk kamar tidur ini dapat dengan mudah dipasang. Selain itu, kamu juga tidak perlu untuk menjebol tembok maupun melubangi kaca.

Tentukan Posisi Exhaust

Cara pasang exhaust fan plafon selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan posisi dari  exhaust itu sendiri akan dipasang dibagian mana. Pilihlah area yang memungkinkan udara dapat dengan mudah untuk ditarik atau mengeluarkan udara yang ada di dalam ruangan tersebut.

Cara Pasang Exhaust Fan di Kamar Mandi

Cara pasang exhaust fan di kamar mandi yaitu dapat kamu dimulai dengan memilih terlebih dahulu ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Setelah mendapatkan exhaust fan yang sesuai, maka sekarang saatnya untuk membuat lubak pada langitt-langit dengan cara mengebornya.

Lakukan hal tersebut dengan hati-hati. Kemudian, jika ada bagian langit-langit yang perlu dipotong maka cobalah untuk menggunakan gergaji drywall.  Tahapan selanjutnya dari  cara pasang exhaust fan tanpa bobok tembok yaitu memasang exhaust sesuai dengan area yang telah ditentukan.

 Aturlah posisinya sehingga tidak goyang. Setelah itu, pasangkan pipa keluar dari atap untuk membuat udara yang ada dalam ruangan dapat keluar dengan baik.

Cara Pasang Exhaust Fan di Dapur

Apakah kamu merasa terganggu dengan aroma yang ditimbulkan setelah memasak? Apabila demikian, tidak ada salah untuk memasang Exhaust fan di dapur. Sehingga dapat menyamarkan aroma atau hawa panas setelah seharian memasak. Adapun untuk cara pasang exhaust fan dapur sendiri adalah sebagai berikut

Berikan Jarak Antara Exhaust Fan Dengan Kompor

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memberikan jarak antara kompor dengan kipas atau exhaust fan. Untuk jarinya sendiri yaitu berkisar sekitar 70 cm sampai dengan 100 cm .

Namun, apabila kamu menggunakan kompor gas, maka sebaiknya menggunakan jarak yang tidak kurang dari 70 cm. Sedangkan jika menggunakan kompor listrik, maka gunakanlah cooker hood dengan jarang sekitar 60 cm dan tidak kurang dari jarak tersebut.

Lepas Tutup Bagian Bawah

Kemudian setelah itu, cobalah untuk memastikan ukuran cooker hood yang sesuai dengan dapur maupun kompor. Setelah itu, lepaslah tutup tersebut pada bagian bawah cooker hooder. Sehingga memudahkan kamu  untuk memasangnya.

Buatlah Penyangga Pada Dinding

Setelah itu, kamu perlu memasang dynabolt sebagai penyangga cooker hood. Untuk memangnya, kamu dapat mengebor dinding sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, keluarkan sisi semen dan dynabolt dapat terpasang. Selain itu, pastikan pula dynabolt terpasangan dengan kencang.

Pasang Cooker Hood Pada Dinding

Sekarnanya saat untuk memasang dudukan di atas cooker hood. Pastikan, bahwa posisinya sudah pas dan terpasang dengan baik.

Pasang Pipa Paralon dan Pemasangan Exhaust fan

Untuk memaksimalkan sirkulasi udara yang ada di dapur, kamu dapat memasang pipa paralon untuk mengeluarkan udara kotor yang berada di ruangan tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat memasang exhaust fan pada dinding atau plafon sehingga hawa panas dari ruangan tersebut dapat ditarik keluar. Selain itu, menyedot udara dari dalam, exhaust fan dapat mengambil udara segar dari luar ruangan.

Cara Pasang Exhaust Fan di Plafon

Selain di pasang di berbagai ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Kamu juga dapat memasang di plafon. Untuk memasang sendiri, kamu dapat mencoba beberapa langkah berikut ini!

Persiapkan Material

Untuk bahan material yang dibutuhkan dalam pemasangan antara lain yaitu papan triplek, skrup gypsum, dan 1 unit exhaust fan.

Persiapkan Peralatan

Untuk peralatan yang perlu kamu siapkan antara lain yaitu meteran, gergaji besi, obeng plus dan minus, cutter, dan pensil.

Buat Lubang Exhaust

Setelah menyiapkan itu semua, cara pasang exhaust fan selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu menyesuaikan titik skrip pengunci. Untuk jumlahnya sendiri adalah 4  titik dan berada pada bagian pojok belakang Exhaust. Kemudian, buatlah garis buntu sesuai dengan kebutuhan.

Pemotongan Gypsum

Untuk memasang exhaust fan, memang perlu memotong gypsum dan hal tersebut perlu kamu lakukan dengan hati-hati. Untuk lebih aman, kamu dapat menggunakan masker dan menggunakan kaca mata pelindung.

 Untuk memotongnya sendiri, kamu dapat menggunakan gergaji besi sehingga dapat memudahkan untuk membuat lubang. Adapun teknik yang perlu kamu gunakan yaitu menggunakan teknik dari bawah ke arah atas.

Pemasangan Kayu Triplek

Untuk membuat pemasang exhaust fan sempurna, kamu dapat menggunakan triplek sehingga body  exhaust fan dapat menempel dengan kuat.

Penyambungan Kabel Exhaust Fan

Cara pasang exhaust fan plafon selanjutnya yaitu dengan memasang kabel power dari kwh meter. Namun, sebelum itu cobalah untuk siapkan 3 kabel tunggal atau kabel nym dengan ukuran 3×2,5 mm.

Pemasangan Exhaust Fan

Saatnya sekarang untuk memasang exhaust fan pada plafon dengan cara mengunci ke 4 lubang tadi dengan sekrup. Namun, saat pemasangannya sendiri jangan terlalu kuat karena dapat merupakan triplek. Apabila terjadi masalah, maka harus membongkarnya sehingga kamu pun perlu memulainya dari  awal. Tentu ini akan sangat merepotkan, bukan?

Seperti yang diketahui bahwa cara kerja exhaust fan 2 arah sehingga memungkin untuk menarik udara kotor atau suhu panas dari dalam ruangan. Kemudian, akan menarik udara yang segar dari luar ke dalam ruangan. Dengan begitu, orang-orang yang berada di dalam ruangan pun akan merasa nyaman.