Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Di Tembok Dengan Mudah? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 29, 2023 by David Ashari
Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Di Tembok Dengan Mudah? Simak Ini!

Cara menghilangkan noda di tembok dapat dicoba dengan memanfaatkan barang-barang tertentu yang memiliki fungsi membersihkan. Dimana noda di dinding tembok ini tidak jarang menjadi permasalahan yang seringkali dihadapi oleh orang-orang. Apalagi bagi mereka yang memiliki anak super aktif dengan tingkah laku paling suka coret-coret dinding.

Bukan saja keindahan dindingnya yang terganggu, corat-coret tersebut dapat membuat noda meluas kemana-mana. Padahal dinding termasuk bagian rumah yang paling terekspose, baik dari sisi tampilan maupun kontak dengan cuaca. Sehingga dinding rumah jelas merupakan yang paling kentara bila kotor. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mudah membersihkan noda di dinding tembok!

Cara Menghilangkan Noda Membandel di Tembok Rumah

Cara menghilangkan noda di tembok rumah tersebut dapat menggunakan 8 alternatif pilihan. Cocok digunakan untuk membersihkan berbagai noda mulai dari kotor karena spidol, krayon, minyak, coretan pulpen, kuning mengering dan lainnya. Penasaran dengan apa saja 8 caranya? Simak ulasan berikut.

1. Pasta Gigi

Selain dapat digunakan untuk membersihkan dan merawat gigi, pasta gigi juga dapat dimanfaatkan dalam menghilangkan noda krayon di tembok. Cara menghilangkan noda krayon di tembok menggunakan pasta gigi cukup ampuh dan sangat mudah melakukannya. Anda cukup mengoleskan pasta gigi pada kain lap bersih secukupnya lalu sapukan lap pada noda yang ada di tembok.

Setelah itu, lap kembali noda yang telah luntur menggunakan kain basa lain. Agar dinding semaksimal mungkin terlihat bersih seperti sedia kala.

2. Memanfaatkan Buah Lemon

Buah lemon merupakan bahan pembersih alami yang cukup ampuh untuk digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam di tembok. Apalagi untuk noda-noda membandel yang disebabkan oleh beberapa hal. Lemon dapat dijadikan alternatif pilihan bahan rumah yang mudah Anda gunakan untuk membersihkan noda tersebut.

Termasuk opsi dalam cara membersihkan tembok putih yang kotor. Lemon bermanfaat mengangkat kotoran dengan cara menggosokan daging buahnya ke permukaan dinding yang ada noda hingga bersih. Namun sebelum itu, potong terlebih dahulu lemon secara melintang menjadi dua bagian.

Apabila dinding sudah bersih tidak perlu mengelap bekasnya, biarkan aroma lemon jadi pengharum ruangan alami. Secara tidak langsung lemon juga dapat dijadikan alternatif cara menghilangkan noda asap obat nyamuk melalui aroma alami tersebut.

3. Bedak Bayi

Cara menghilangkan noda di cat tembok juga bisa dengan memanfaatkan salah satu perlengkapan untuk bayi yakni bedak. Selain benda rumahan lainnya bedak dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada tembok. Caranya cukup dengan mengusapkan bedak bayi ke permukaan dinding yang kotor menggunakan tangan.

Selain itu, campurkan bedak bayi dengan air secukupnya agar lebih kesat sebagai alternatif cara menghilangkan noda coretan di tembok. Hal ini karena, bedak bayi memiliki kandungan bahan alami yang mampu membantu menghapus noda-noda di dinding seperti coretan.

4. Baking Powder

Baking powder merupakan bahan berikutnya yang dapat Anda pilih sebagai opsi cara menghilangkan noda air di tembok. Caranya cukup dengan mencampurkan baking powder bersama air bersih seperlunya. Kemudian oleh campuran baking ini ke permukaan dinding yang kotor. Setelah itu, gosok secara perlahan noda yang ada di dinding menggunakan kain lap sampai hilang.

Opsi yang satu ini juga berlaku untuk cara menghilangkan noda kuning di tembok. Sebab baking powder sendiri memiliki manfaat dan kandungan yang dapat menghilangkan beberapa noda di dinding tembok.

5. Cuka

Cara menghilangkan noda spidol di tembok dapat Anda pilih menggunakan cuka. Caranya cukup lap noda dengan kapas atau kain bersih yang telah dikucuri cuka. Setelah itu, usap-usap noda sampai bersih hingga tampilan dinding kembali terlihat seperti sebelumnya.

Cara menghilangkan noda spidol di tembok memanfaatkan cuka ini karena sifat asam yang terdapat di dalamnya mampu mengangkat kotoran membandel pada dinding rumah. Termasuk bahan alami yang memang dapat digunakan untuk membersihkan dinding dari noda.

6. Cairan Alkohol

Alkohol merupakan cairan yang tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan luka, tapi bisa juga jadi cara menghilangkan noda minyak di tembok. Pasalnya alkohol termasuk cairan pembersih serbaguna yang bermanfaat bagi beberapa perawatan. Adapun cara menggunakannya Anda bisa menuangkan alkohol ke kapas yang bersih lalu mengusapkannya pada permukaan dinding tembok bernoda.

Jangan lupa gunakan gerakan memutar agar proses pembersihan noda berlangsung lebih cepat. Cara menghilangkan noda minyak di tembok menggunakan cairan alkohol ini dapat Anda buktikan sendiri di rumah!

7. Mayonnaise

Mayonaise adalah bahan selanjutnya yang dapat dijadikan cara menghilangkan noda hitam di tembok. Memiliki tekstur yang lengket dan aroma cocok digunakan jadi pembersih dinding tembok. Tutorial menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan mayones ke permukaan dinding yang bernoda. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga mayonaise meresap ke dalam noda.

Baru gosok menggunakan kain lap bersih sampai kotoran hilang. Termasuk saat cara menghilangkan noda kuning di dinding yang cukup membandel.

8. Cat yang Bisa Dilap

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan saat menghilangkan noda di tembok adalah mengecat kembali permukaan dinding. Alih-alih menjadi sama, terkadang mengecat ulang dinding permukaan rumah membuat Anda harus memikirkan berbagai pertimbangan. Meliputi jenis cat, harga, dan pemilihan warna yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan Anda memilih cat penghilang noda di tembok bertipe eggshell, matte atau doff, satin, dan glossy misalnya. Dimana masing-masing tipe ini memiliki kelebihan dan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kegunaan ruangan. Tipe eggshell bertekstur layaknya kulit telur dan mudah dibersihkan cocok dipakai cat dinding ruang tamu atau keluarga.

Sementara cara menghilangkan noda pulpen di tembok  dapat mudah dihilangkan dengan mengganti catnya menjadi tipe matte atau doff. Cat yang memiliki daya serap tinggi dan mudah dibersihkan, sehingga jika dicoret kembali tinggal bersihkan pakai air. Sedangkan tipe satin sangat cocok untuk kamar tidur dan cat glossy yang dapat memberikan efek kilauan pada permukaan dinding.

Kesimpulan

Memang tidak semua jenis noda tembok dapat dibersihkan dengan mudah begitu saja. Anda perlu mengenali noda jenis apa saja dan seberapa luas permukaan yang terkena untuk menentukan atau memperkirakan cara dan larutan pembersihnya. Seperti noda coretan pulpen atau spidol yang membutuhkan pembersih tepat.

Berbeda dengan noda yang disebabkan makanan akan lebih mudah dibersihkan sekalipun hanya pakai air. Tidak seperti noda karena coretan pulpen atau spidol yang membutuhkan larutan tertentu. Contohnya campuran maizena, baking soda dan baking powder.

Cara menghilangkan noda di tembok yang sudah dibahas di atas, dapat Anda coba satu per satu jika dirasa ingin menemukan metode mana yang tepat. Dari mulai menggunakan pasta gigi hingga kembali mengecat ulang permukaan dinding.