10 Cara Cegah Banjir yang Ampuh, Simak Ulasannya!

Artikel ini terakhir di perbaharui January 9, 2024 by David Ashari
10 Cara Cegah Banjir yang Ampuh, Simak Ulasannya!

Cara mencegah banjir dapat dilakukan dengan beberapa langkah pencegahan, tetapi hal tersebut memang tidak hanya dapat dilakukan oleh individu atau seorang saja. Melainkan dilakukan oleh seluruh masyarakat. Dengan begitu, hal ini menjadi tanggung jawab bersama.

Penyebab Banjir Terjadi

Ada beberapa alasan mengapa banjir terjadi di sebuah wilayah atau area. Selain karena curah hujan yang tinggi. adapun alasan tersebut adalah sebagai berikut ini!

  •     Sistem Pengelolaan Tata Ruang Kurang Tepat

Faktor pertama karena sebuah kawasan atau area memiliki sistem pengelolaan tata ruang yang kurang tepat atau baik. Selain itu, adanya berbagai macam pembangunan gedung untuk kepentingan pribadi menjadikan lahan yang seharusnya dijadikan penyerapan air malah dikesampingkan.

 Hal tersebutlah yang menyebabkan aliran air lambat dan akhirnya tanah akan mengalami kesulitan dalam menyerap air. Sehingga air pun menggenang dan akhirnya menjadi banjir. Dengan demikian, cara mencegah banjir di lingkungan rumah yaitu mengadakan atau memperbaiki sistem pengelolaan tata ruang dengan baik dan tepat.

  •     Drainase Sedikit

Tidak hanya  tata kelola sistem penyerapan nya saja yang dapat menyebabkan banjir, tetapi drainase yang sedikit pun dapat menyebabkan adanya masalah tersebut. hal ini karena drainase memiliki manfaat untuk dapat mencegah terjadinya banjir. Sehingga ketika adanya kelebihan air saat hujan  di suatu kawasan maupun lahan, drainase dapat mengurangi kelebihan air. Dengan begitu, lahan atau daerah akan dapat terhindari dari genangan air yang berlebihan.

Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, drainase dialihfungsikan menjadi sebuah kawasan perkantoran maupun pusat perbelanjaan. Sehingga yang tadinya berfungsi untuk dapat menyimpan air luapan dan menampunya menjadi hilang. Dengan begitu, apabila hal ini tersebut berlanjut maka tidak dapat lagi mencegah banjir bandang.

  •     Kurangnya Lahan Hijau

Lahan hijau diketahui dapat mencegah adanya banjir sehingga ketika sebuah daerah atau kawasan. Dengan begitu, jika lahan hijau pada sebuah area kurang makan saat curhat tinggi dan terjadi secara terus menerus hal tersebut dapat menyebabkan banjir.

Biasanya hal tersebut terjadi karena makin maraknya pembangunan pusat perbelanjaan, pabrik, dan lain sebagianya. sehingga lahan untuk dapat membuat lahan hijau semakin sempit atau berkurang.

  •     Sampah

Alasan ini tentu sudah menjadi rahasia umum karena banyaknya banjir terjadinya selain karena hal-hal di atas, disebabkan pula oleh sampah yang menghalangi aliran air. Dengan begitu, proses air mengalir akan terhambat sehingga menjadikannya meluap ke permukaan. Biasanya hal ini terjadi pada area-area rumah yang dekat dengan sungai, jembatan, dan lain sebagianya.

Cara Untuk Mencegah Banjir

Untuk dapat mencegah banjir terjadi pada sebuah daerah atau kawasan perlunya melakukan beberapa tahapan. Terutama jika kawasan tersebut padat penduduk dan dijadikan sebuah hunian. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut!

  •     Drainase yang Baik

Cara mengatasi dan mencegah banjir  yang pertama yaitu dengan memastikan sistem drainase di sekitar perumahan, rumah, atau area tertentu dalam kondisi yang baik. Selain itu,  memastikan saluran pembuangan air secara rutin pun perlu dilakukan. Supaya terhindar dari tumpukan sampah maupun hambatan lainnya yang dapat menyebabkan air menjadi terhambat.

  •     Kesadaran Lingkungan

Meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan memang sangatlah penting dan pahamilah topografi yang ada di wilayah Anda, pola curah hujan, dan arah aliran Sungai. Sehingga dengan memahami hal tersebut, Anda nantinya dapat lebih siap untuk menghadapi potensi adanya banjir. Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat mengambil langkah-langkah tepat dalam mengatasinya.

  •     Penanaman Vegetasi Penyerap Air

Cara mengatasi banjir di rumah yaitu dengan mulai menanam vegetasi penyerapan air. Seperti halnya semak-semak, rerumputan, dan pepohonan di sekitar area rumah Anda. Dimana hal tersebut dapat membantu penyerapan air yang berlebihan karena hujan. Bahkan dapat mengurangi aliran permukaan yang nantinya hendak menuju ke  saluran pembuangan di sekitar rumah. Sehingga ini merupakan cara mengatasi banjir agar cepat surut dengan efektif.

  •     Konstruksi Tahan Banjir

Apakah Anda berencana tinggal di daerah perkotaan dan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mencegah banjir?  Jika iya, maka Anda dapat merencanakan pembangunan  rumah maupun renovasi dengan mempertimbngkan pembanguanan rumah diatas tanah yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, gunakan pola desain yang dapat membantu untuk menghindari banjir. Gunakan pula pondasi yang tinggi maupun sistem ventilasi yang cukup baik. Dimana hal tersebut dapat mengurangi resiko kerusakan karena adanya banjir.

  •     Pemeliharaan Saluran Air

Untuk 5 cara mencegah banjir  ini memang sebaiknya dilakukan tidak seorang diri karena butuhkan kerjasama dengan warga sekitar yang lainnya pula. Hal ini karena saluran air yang perlu dicek tidak hanya saluran yang ada di rumah Anda saja.  

Sehingga nantinya dapat memastikan saluran air, parit, maupun sungai dalam keadan yang baik. Lakukanlah  pemeliharaan Maupin pembersihan secara teratur untuk mematikan aliran air dapat berjalan dengan lancar.

 Sehingga dapat mencegah adanya banjir lokal di sekitar perumahan atau tempat tinggal. Selain itu, cobalah untuk melakukan koordinasi dengan RW atau RW bahkan lurah setempat untuk melakukan kegiatan ini. Dengan begitu, proses tersebut dapat berjalan dengan baik.

  •     Pengelolaan Air Hujan

Anda dapat melakukan pengelolaan air hujan dengan cara menginstal tangki penampungan air hujan . sehingga nantinya aliran air tersebut dapat mengalir ke daerah yang aman. Dimana hal tersebut dapat membantu mengurangi tekanan air yang ada pada saluran pembuangan umum. Dengan demikian, genangan air yang berlebihan di halaman rumah Anda dapat dihindari dengan baik.

  •     Pengelolaan Sampah Tepat

Cara mencegah terjadinya banjir yaitu dengan membuang sampah pada temannya. Tidak hanya itu saja, tempat pembuangan sampah pun perlu dibuat dengan tepat sehingga tidak menyumbat salurangan pembuangan air.

  •     Konservasi Alam

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa menjaga hutan dengan baik dapat membantu penyerapan air dan mengurangi resiko terjadinya erosi tanah. Dimana hal tersebut dapat mencegah adanya banjir terjadi. Dengan begitu, melakukan konservasi alam menjadi salah satu cara untuk dapat mencegah adanya bencana tersebut.

  •     Inovasi Teknologi

Cara mencegah terjadinya banjir yaitu dengan memanfaatkan teknologi sehingga dapat mengidentifikasi adanya potensi banjir jauh lebih awal. Sensor dan sistem pemantauan hujan secara real time dapat membantu Anda untuk menerima informasi secara cepat dan akurat.

  • Konsultasi dengan Pakar

Jika Anda tinggal di sebuah daerah yang memang rentan terknea banjing, maka sebaiknya untuk memperitmbangkan berkonsultsu dengan ahli tata air atau insinyur sipil. Biasanya mereka akan memberikan saran yang khusus menangani tata cara untuk dapat melindungi property maupun rumah yang Anda miliki dari bahaya banjir.

Cara mencegah banjir dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu membuat drainase yang baik, menggunakan inovasi teknologi, melakukan konservasi alam, memelihara saluran air, dan sebagainya.