Cara Usir Cicak Dari Rumah, Dijamin Ampuh!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 13, 2023 by David Ashari
Cara Usir Cicak Dari Rumah, Dijamin Ampuh!

Cara mengusir cicak dari rumah  dapat kamu lakukan dengan beberapa cara. Selain itu, hal ini pun dapat kamu aplikasi dengan mudah. Bahkan bahan-bahan yang digunakan pun cenderung dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

Cicak memang terkadang membuat sedih para penghuni rumah karena dapat menimbulkan hal-hal yang buruk. Salah satunya membawa sbeuha bakteri yang bernama salmonella yang jika terkena makanan akan menyebabkan keracunan pada manusia. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, simak cara mengusir cicak yang ada di dalam rumah ini!

Menggunakan Semprotan Anti Nyamuk

Semprotan ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, tetapi kamu juga dapat menggunakannya  untuk mengusir cicak. Adapun caranya yaitu dengan menyemprotkan atau mengoleskan bahan tersebut ke tempat yang sering dilewati oleh cicak. 

Hal ini tentunya dapat dengan mudah kamu lakukan, jika mengetahui tempat persembunyianya. Selain itu, hewan ini senang berada di dalam rumah karena adanya serangga,seperti halnya lalat buah, laba-laba, nyamuk, dan lain sebagainya.  

Maka jika kamu merasa keberadaan cicak jauh lebih banyak dari sebelumnya, kamu pun dapat membasmi serangga dengan menggunakan semprotan ini. pastikan pula, rumah dalam keadaan bersih sehingga serangga-serangga tersebut tidak betah ada di dalam rumah .

Bawang Putih

Cara mengusir cicak di kamar dapat kamu lakukan dengan menggunakan bawang putih.  Kamu hanya perlu memotong bawang tersebut  dan menaruhnya di bagian yang sering cicak lewati. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat meletakkannya  di dekat kipas supaya aroma dari bawang putih tersebut dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Namun, jika ingin menggunakan cara ini, pastikan kamu tahan dengan aromanya. Pasalnya, aroma dari bahan bumbu satu ini cukup kuat. Meskipun begitu, aroma ini memang  tidak disukai oleh cicak.

Bersihkan Lemari di Bawah Wastafel

Cicak senang berada ditempat yang lembab dan hangat, sehingga cobalah untuk rutin mengecek dan membersihkan lemari dibawah bak cuci. Bahkan jika perlu, dilapisi dengan koran sebagai alas dan sering-seringlah untuk menggantinya.

Hal ini data membantu untuk meminimalsir pembusukan kayu bahan membuat lemari memiliki daya tahan lama.   Selain itu, usahakan tempat tersebut tetaplah dalam keadaan kering. Hal ini pun dapat menjadi salah satu cara mengusir cicak di kamar mandi  dengan mudah.

Gunakan Bawang Bombai

Selain bawang putih, bau yang tidak disukai cicak antara lain yaitu bawang Bombay. Aroma yang dikeluarkan oleh bawangini pun cukup menyengat. Untuk caranya sendiri, kamu dapat memotong bawang Bombay dan letakkanlah di beberapa sudut rumah.

Sehingga nantinya cicak akan kapok masuk ke dalam rumah. Namun, jika kamu tidak ingin repot-repot memotong bawang bombay, maka dapat menghaluskan bahan bumbu inti dan dijadikan jus. Kemudian, nantinya kamu dapat menyemprotkannya ke beberapa bagian ruangan.

Turunkan Suhu Ruangan

Cara membunuh cicak tanpa menyentuh salah satunya yaitu dengan menggunakan pendingin ruangan dan menjaganya tetap dingin. Setidaknya, ruangan tersebut memiliki minimal 22 derajat celcius.

 Seperti yang diketahui bahwa hewan satu ini dapat bertahan di manapun, tetapi untuk tempat yang memiliki suhu dingin jumlah cicak jauh lebih sedikit. Hal ini karena cicak tidak dapat mengatur suhu tubuhnya  sendiri.

Sehingga suhu dingin membuat cicak merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti ini. Kamu hanya perlu menyalakan AC pada malam hari saja sehingga tidak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak.

Buanglah Sisa Buah-buahan

Apabila kamu telah mengupas buah, maka usahakan untuk tidak menaruhnya begitu saja tanpa membuang sisa-sisa buang tersebut. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja, maka dapat mengundang nyamuk untuk menghinggapinya.

Sehingga cicak pun akan datang, tidak hanya memangsa nyamuk, tetapi juga memakan buah-buahan yang tidak disimpan dengan benar. Selain itu, pastikan pula kamu tidak menaruh pot hias di dalam rumah tanpa memperhatikan kebersihannya. Hal ini pun dapat mengundang cicak untuk menempatinya.

Semprotan Lada Hitam

Untuk cara mengusir cicak dari rumah secara alami dapat kamu lakukan dengan menyemprotkan lada hitam ke beberapa sudut di dalam ruangan. Semprotannya ini sendiri dapat menimbulkan sensasi terbakar pada tubuh cicak sehingga membuat mereka pergi.

Hal ini karena  lada hitam memiliki aroma pedas dan memang tidak disukai oleh cicak. Untuk membuatnya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bubuk lada hitam dan menyeduhnya dengan air panas.

Aduklah bahan tersebut sampai dengan tercampur dengan merata.  Meskipun begitu, tetaplah hati-hati dalam penggunaannya sehingga tidak membahayakan. Selain itu, jauhkan bahan ini dari jangkauan anak-anak. Simpanlah ditempat yang aman dan tidak dapat dijangkau oleh anak-anak.

Gunakan Kapur Barus

Apabila kamu tidak ingin repot-repot  menyiapkan bahan untuk mengusir cicak, maka kamu dapat menggunakan kapur barus. Bahkan dapat mengusir serangga lainnya. Sebaiknya dalam penggunaannya kamu menggunakan sarung tangan plastic sehingga lebih aman. Selain itu, usahakan untuk menjaga hewan peliharaan atau anak-anak saat menggunakanya.

Menaburkan Bubuk Kopi

Cara membunuh cicak di rumah  dapat dengan menggunakan bubuk kopi hitam. Hal ini karena aroma kopi biasanya meninggalkan aroma yang kurang tidak enak pada hidung cicak. Sehingga cicak enggan untuk datang lagi ke rumah. Lakukanlah hal ini secara rutin, sampai cicak benar-benar tidak ada.  Kamu dapat menaburkan pada area-area tertentu yang sering dilewati oleh cicak.

Mengusir Cicak dengan Suara

Tidak hanya dengan aroma, cicak pun dapat kamu usir dengan menggunakan suara yang dapat ditakuti oleh hewan tersebut. Suara tersebut yaitu ultrasonic yang memiliki frekuensi tinggi secara terus menerus.

Dimana suara tersebut tidak dapat didengar oleh manusia, umumnya didengar oleh hama. Bahkan suara tersebut ditakuti oleh kecoa, tikus, dan hewan lainnya.  Sehingga cara ini menjadi salah satu metode yang efektif.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ultrasonic melalui playstore ataupun AppStore. Kamu dapat menyetelnya  saat cicak datang, lakukan hal ini secara rutin. Hal ini dilakukan supaya cicak kapok datang kerumah.

Cara mengusir cicak dalam islam

Selain menggunakan suara, dalam Islam pun kamu dianjurkan untuk membaca doa Nabi Sulaiman mengusir cicak. Untuk doanya sendiri adalah sebagai berikut!

“Bismillah hirrahmani rahim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Cara mengusir cicak dari rumah dapat dilakukan dengan menggunakan potongan bawang putih, potongan bawang Bombay, semprotan  lada hitam, menaburkan bubuk kopi, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan rumah supaya tidak menimbulkan daya tarik cicak untuk datang ke rumah.