Apa Penyebab Kunci Pintu Tidak Bisa Diputar? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui April 24, 2024 by David Ashari
Apa Penyebab Kunci Pintu Tidak Bisa Diputar? Simak Ini!

Penyebab kunci pintu tidak bisa diputar bisa karena beberapa hal. Sehingga untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu alasan tepatnya, kenapa pintu rusak. Dengan begitu, Anda dapat memastikan solusi apa yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Pasalnya jika tidak diatasi dengan cepat, maka itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Seperti kesulitan membuka pintu, sulit keluar masuk rumah atau ruangan, dan sebagainya. Sebenarnya, selama kunci rumah tidak hilang, maka solusinya sendiri masih bisa diatasi dengan jauh lebih mudah.

Penyebab Pintu Tidak Bisa Diputar

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa kunci pintu tidak bisa diputar dan dicabut disebabkan oleh beberapa hal. Meskipun terkesan sepele, ternyata hal ini dapat menyebabkan aktivitas di dalam rumah dapat terhambat. Nah, untuk penyebab hal tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini!

1.  Pembekuan

Penyebab pintu tidak bisa diputar karena beberapa hal, salah satunya karena kelembaban yang terjadi pada musim dingin. Dimana kondisi ini menyebabkan area sekitar kunci pintu membeku. Bahkan gembok pintu pun ikut beku sehingga sulit untuk dibuka. Maka tidak heran apabila pintu akan susah untuk dikunci atau diputar.

2.  Pembengkokan Kunci

Kerusakan pada pintu juga disebabkan oleh pembengkakan kunci karena saat penggunaannya terlalu kencang atau kasar. Sehingga membuat fungsi kunci terganggu dan membuatnya bahkan tidak berfungsi dengan baik.

3.       Komponen internal rusak

Alasan selanjutnya yang menyebabkan karena adanya kerusakan komponen internal pada kunci. Seperti halnya pada pegas, per, atau penahanan pada mekanisme kunci. Hal inilah yang menyebabkan kunci menjadi macet. Sehingga pada akhirnya  kunci pintu akan sulit untuk diputar atau macet.

4.  Kotoran dan debu

Penyebab berikutnya yaitu karena adanya serpihan logam, debu, atau kotoran yang masuk ke dalam mekanisme kunci. Hal tersebutlah yang membuat kunci kaku atau sulit untuk digerakan.

5.  Adanya gesekan pada bantalan pintu

Pintu yang awalnya tidak terpasang dengan baik bahkan terdapat gesekan dengan bantalan pintu menyebabkan Anda kesulitan untuk memutar kunci.

6.  Menggunakan kunci dengan cara yang salah

Saat kunci sulit dibuka, beberapa orang kerap memaksakannya tanpa melihat bahwa caranya itu salah. Misalnya, harusnya yang diatas dibawah, malah sebaliknya. Hal inilah yang menyebabkan kunci pintu menjadi rusak.

7.      Korosi

Pintu kunci menjadi rusak pun karena adanya korosi maupun kelembaban. Hal ini lah yang membuat penumpukan karat pada kunci sehingga Anda akan kesulitan dalam penggunaannya,

Cara Mengatasi Kunci Pintu yang Macet

Kunci pintu menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda perhatikan. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja, dapat menimbulkan ketidaknyamanan bahkan keselamatan sendiri. Untuk mengatasi kunci pintu yang bermasalah, maka Anda dapat handle pintu tidak bisa dibuka dengan beberapa cara berikut ini!

1.  Menggunakan pelumas

Cara mengatasi kunci pintu tidak bisa diputar  atau  rusak karena berkarat atau kering, maka dapat diatasi dengan mengoleskan pelumas. Sehingga kemacetan kunci dapat Anda atasi dengan baik. 

Untuk pelumas ini dapat berupa minyak goreng, oli, atau memang pelumas khusus kunci.  Anda dapat mengoleskan pelumas dengan kuas atau kapas pada kunci pintu. Setelah itu, cobalah putar kunci untuk dapat melihat apabila masih macet ataukah sudah dapat dibuka dengan baik.

2.  Bersihkan kunci pintu

Alternatif lain yang dapat Anda coba yaitu  membersihkan kunci secara menyeluruh. Adapun caranya sendiri yaitu dengan menggunakan sikat gigi bekas dan cairan pembersih khusus untuk dapat membuat debu maupun kotoran yang menumpuk hilang.  

Setelah itu, cobalah Anda untuk membuatkan kunci pintu secara perlahan. Apabila belum berhasil juga maka cobalah melakukan cara yang sama sampai akhirnya nanti kunci dapat diputar dengan baik.

3.  Ganti kunci pintu

Jika merasa terlalu sulit untuk diatasi, maka cara membuka kunci pintu putar  yaitu dapat langsung dengan mengganti kuncinya dengan yang baru, Namun, pastikan kunci yang Anda beli memang sesuai dengan lubang kunci yang ada pada pintu. 

Untuk memudahkan, Anda dapat langsung membawa kunci lama. Sehingga nantinya penjual dapat menemukan dengan mudah kunci yang Anda butuhkan itu seperti apa.

4.  Ganti pasak pintu

Cara mengatasi kunci pintu tidak bisa diputar dan dicabut selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan memperbaiki atau bahkan mengganti pasak pintu dengan yang baru. Nantinya, dapat membelinya sesuai dengan pasak pintu yang Anda miliki.  Setelah diganti, cobalah untuk memutar kunci, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

5.  Hubungi ahli kunci

Selanjutnya, untuk cara membuka pintu rumah kunci tertinggal di dalam, tidak ada salahnya untuk langsung menghubungi tukang kunci.  Nantinya, tukang kunci tersebut akan melihat kondisinya seperti apa sekaligus memberikan solusi tepat untuk dapat mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi. Sehingga nantinya,  kunci pintu yang tidak bisa diputar pun dapat difungsikan kembali.

Dampak kunci rumah bermasalah

Saat kunci pintu rusak atau tidak bisa dibuat, tentu saja hal tersebut membuat gerakan di dalam rumah menjadi terbatas, bukan? Bahkan bisa jadi membahayakan karena saat pintu rumah tidak dapat dikunci maka berbagai peluang bahaya dapat terjadi.

Seperti pencuri lebih mudah dapat masuk, orang yang berniat jahat dapat keluar masuk dengan mudah, dan lain sebagianya. Nah, untuk menemukan solusi terbaiknya apa, maka Anda perlu menemukan terlebih dahulu penyebabnya apa. Apakah itu karena karat, kotoran, atau penyebab lainnya.