7 Desain Rooftop Rumah Sederhana yang Aesthetic dan Inspiratif

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
7 Desain Rooftop Rumah Sederhana yang Aesthetic dan Inspiratif

Seiring berjalannya waktu, trend hunian kian beragam. Adapun salah satunya yakni hadirnya desain rooftop rumah sederhana. Rooftop adalah area yang ada di paling atas bangunan atau atap. Umumnya area ini digunakan untuk area jemuran, toren air, dan masih banyak lainnya.

Tak sedikit orang yang sulit membedakan rooftop dengan balkon. Pada dasarnya, perbedaan rooftop dan balkon bisa dilihat dari ukurannya. Ukuran balkon cenderung lebih kecil, sementara rooftop bisa sampai seluas atap bangunan.

Ide Desain Rooftop Rumah Sederhana

Kini rooftop bisa digunakan untuk berbagai konsep desain. Bukan hanya sekedar untuk menjemur pakaian saja. Mau tahu apa saja inspirasinya? Anda bisa cek poin berikut.

1. Rooftop Nyaman Ala Lesehan

Rooftop Nyaman Ala Lesehan

Salah satu ide yang bisa Anda terapkan yakni rooftop ala lesehan. Untuk menciptakannya, Anda bisa pakai rumput sintetis. Nantinya rumput ini bisa jadi alas duduk.

Supaya lebih nyaman dan asri suasananya, bisa tambahkan tanaman di pot. Inspirasi ini juga cocok untuk desain teras rooftop rumah kecil. Dengan langkah yang mudah, Anda sudah bisa memiliki ruangan idaman.

2. Gaya Rooftop Sederhana

Rooftop Sederhana

Inspirasi desain rooftop rumah sederhana ini bisa Anda pilih. Ide ini tak kalah mudah dirancang. Anda hanya perlu menambahkan kolam air mancur. Meski sederhana, namun desainnya dijamin aesthetic.

Desain rumah minimalis modern dengan rooftop ini begitu memikat hati. Meski sederhana, namun Anda juga bisa memperlihatkan desain ini untuk lantai 2 atau bangunan bertingkat dengan banyak lantai.

3. Rooftop Ruang Makan

Rooftop Ruang Makan

Sebagai lantas teratas bangunan, nyatanya rooftop juga bisa difungsikan sebagai ruang makan outdoor. Agar terlihat kekinian, Anda bisa tambahkan lampu hias. Pastikan pilih model lampu yang keren.

Ide satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menampilkan desain rooftop ala Korea. Saat tengah berada di rooftop, Anda seakan merasakan nuansa seperti di drama Korea. Maka dari itu, apabila Anda menyukai hal-hal yang berbau Korea, bisa memilih desain ini.

4. Gaya Rooftop Kursi Kayu

Rooftop Kursi Kayu

Rooftop bisa Anda lengkapi dengan kursi kayu yang desainnya panjang. Supaya terasa lebih nyaman, tambahkan pula bantal sofa atau yang dikenal pula dengan cushion. Ide desain sederhana ini juga menarik apabila ingin merancang rooftop depan rumah.

5. Desain Rooftop Natural

Rooftop Natural

Ingin menciptakan desain natural di area rooftop? Mudah saja. Anda hanya perlu menggunakan tanaman peneduh. Selain itu, tambahkan pula lantai kayu.

Supaya tak merasa gerah karena kepanasan, bisa menggunakan kanopi rooftop. Tak harus 2 lantai atau bertingkat, inspirasi ini juga bisa dihadirkan dalam desain rumah 1 lantai dengan rooftop.

6. Model Rooftop Minimalis

Rooftop Minimalis

Desain rooftop selanjutnya yang menarik untuk Anda pilih yakni desain minimalis. Desain rooftop rumah minimalis yang satu ini bisa Anda hadirkan dengan memanfaatkan tanaman hias di tiap sudutnya. Disamping itu, tambahkan pula furniture minimalis. Dijamin rooftop Anda akan terlihat menarik dan cantik.

7. Rooftop dengan Atap

Rooftop dengan Atap

Inspirasi desain lainnya yaitu rooftop dengan atap. Meski rooftop, namun Anda tetap bisa gunakan atap. Hanya saja, atapnya sederhana saja supaya tak menghilangkan kesan rooftop.

Selain atap, tambahkan meja dan kursi yang terbuat dari bahan rotan sintetis. Tujuannya tak hanya untuk mendukung estetika saja, akan tetapi juga menambah kenyamanan.

Beberapa ide desain rooftop rumah sederhana di atas bisa jadi referensi. Anda bisa rombak rooftop yang mulanya dipandang sebelah mata jadi mengesankan. Rooftop yang aesthetic pasti mampu mencuri perhatian dan membuat penghuninya tambah nyaman.