Bingung Menentukan Desain Balkon Rumah? Ini Inspirasinya untuk Anda!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
Bingung Menentukan Desain Balkon Rumah? Ini Inspirasinya untuk Anda!

Hal yang seringkali terlupa, padahal tidak kalah penting adalah menentukan desain balkon. Desain balkon rumah menjadi bagian yang umumnya menghadap ke area luar.

Penataan balkon yang benar tentu juga akan memberikan kesan rapi pada rumah. Balkon rumah juga harus menyatu dengan konsep keseluruhan rumah. Itu bertujuan agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Balkon merupakan bagian rumah yang berada di bagian luar pintu. Karena tempatnya tersebut, maka balkon rumah memiliki fungsi untuk bersantai. Pemilik rumah bisa menggunakan balkon sebagai tempat bersantai setelah beristirahat.

Oleh karena itulah, desain balkon teras atas harus dibuat senyaman mungkin. Nah, berikut ini beberapa inspirasi desain untuk balkon yang bisa Anda pilih.

1. Balkon Cantik dan Sederhana

Balkon Cantik dan Sederhana

Pertama ini ada desain balkon minimalis yang tidak memiliki jarak luas antara pintu dan balkon. Untuk desain balkon kecil ini, Anda tidak perlu menambahkan begitu banyak barang pelengkap.

Anda hanya perlu menambahkan beberapa tanaman dan kursi sebagai tempat bersantai. Dengan begitu, maka desain balkon rumah Anda akan terlihat cantik dan sederhana.

2. Menggunakan Raliling yang Unik

balcony raliling

Balkon akan identik dengan railing atau pembatasnya. Jika Anda tidak ingin terlalu banyak menambahkan tanaman ataupun barang pelengkap, maka menghias railing bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa memilih railing dengan motif khusus untuk desain balkon terbuka di rumah. Motif atau desain pada railing akan menambah kesan cantik dan menarik pada balkon.

3. Menambahkan Beberapa Lampu Hiasan

lampu hiasan balkon

Jika Anda menginginkan desain balkon minimalis modern, maka sebaiknya menambahkan elemen lampu hias. Lampu hias atau yang juga terkenal dengan sebutan lampu tumblr ini memang selalu ngetrend di kalangan anak muda.

Selain menambah daya tarik dan keestetikan, lampu hias juga membantu dalam menerangi balkon rumah. Kemudian Anda juga bisa menambahkan beberapa kursi dan bantal empuk untuk bersantai.

4. Balkon Bertema Kayu

balkon tema kayu

Jika tidak ingin desain balkon lantai 2 minimalis terlalu terhubung dengan daerah luar rumah, Anda bisa menerapkan desain balkon tertutup. Untuk menerapkan konsep tertutup, sebaiknya gunakan material kayu.

Anda bisa mengganti railing besi dengan papan kayu. Konsep ini juga sangat cocok untuk diterapkan pada desain balkon kamar tidur. Jadi, Anda akan memiliki lebih banyak privasi, tetapi tetap memiliki balkon untuk bersantai yang indah.

5. Menambahkan Payung Pantai

payung di balkon

Agar Anda terhindar dari terik matahari dan hujan saat bersantai, penambahan payung pantai pada desain balkon bisa menjadi alternatif. Payung pantai dipilih karena memiliki bentuk yang menarik.

Tidak hanya balkon outdoor, Anda bisa tetap menambahkan payung pantai pada desain balkon dalam rumah minimalis sebagai hiasan semata. Dengan begitu, maka balkon akan terlihat lebih indah.

6. Penambahan Kursi Gantung

kursi gantung di balkon

Kalau Anda menginginkan desain balkon lantai 2 minimalis yang terlihat modern, penambahan kursi gantung menjadi rekomendas yang tepat. Kursi gantung pada balkon akan memberikan kesan kekinian yang kuat.

Namun, dalam memilih kursi gantung juga tidak boleh asal. Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu kursi gantung tersebut sudah sesuai ukuran. Jangan sampai kursi gantung terlalu besar karena akan membuat balkon terlihat penuh dan sesak. Jika sudah begitu, kegiatan bersantai pun tidak akan terasa menyenangkan lagi. Oleh karena itulah, cari kursi gantung dengan ukuran yang sedang.

Anda bisa menerapkan beberapa desain balkon dalam rumah minimalis tersebut secara tepat. Pastikan juga tidak terlalu banyak memberikan elemen yang tidak penting pada balkon karena justru akan membuatnya terlihat sesak dan tidak minimalis.