Bagaimana Cara Membasmi Tungau Paling Ampuh? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 29, 2023 by David Ashari
Bagaimana Cara Membasmi Tungau Paling Ampuh? Simak Ini!

Ada beberapa cara membasmi tungau secara alami disekitar rumah yang biasanya bersarang di kasur. Bukan hanya di kasur, namun sofa, gorden, dan karpet merupakan lokasi keberadaan tungau yang paling sering dijumpai. Hal ini karena, tungau bisa memperoleh makanan berupa sel kulit mati manusia atau sisa-sisa materi organik di tempat itu.

Tungau sendiri merupakan hewan kecil sejenis serangga yang mirip dengan kutu dan tidak mudah terlihat oleh mata telanjang. Sebab ukuran tungau hanya sebesar 0,5 mm saja dan keberadaannya dapat menjadi penyebab gatal atau memicu sesak nafas hingga alergi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membasmi tungau berikut ini!

Cara Membasmi Tungau Di Kasur Rumah 

Cara membasmi tungau alami di kasur rumah dapat dengan mudah Anda coba ikuti menggunakan berbagai alternatif langkah.  Tidak perlu memakai obat pembasmi tungau seperti insektisida atau bahan kimia lain yang memiliki dampak lebih lanjut terhadap gangguan kesehatan. Anda hanya perlu melakukan cara berikut secara rutin agar terbebas dari tungau!

1. Bersihkan Kasur Secara Rutin

Cara membasmi tungau pada kasur pertama yang dapat coba Anda ikuti adalah dengan membersihkan tempat tidur secara rutin. Hal ini karena, kasur merupakan tempat yang nyaman dan hangat bagi tungau. Selain karena mereka bisa mendapatkan sumber makanan berupa serpihan kulit manusia yang tertinggal.

Oleh karena itu, agar tungau merasa tidak nyaman perlu menjemur kasur di bawah sinar matahari secara berkala. Selanjutnya bersihkan kasur menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran. Sehingga tungau tidak akan bisa menemukan makanan yang ada di antara sisa kotoran atau debu.

2. Rutin Mencuci Sprei

Salah-satu cara membasmi tungau di kasur yang paling efektif adalah dengan rutin mencuci sprei menggunakan air panas. Pastikan Anda mencuci sprei menggunakan air panas bertemperatur 54 derajat agar tungau jadi lebih cepat mati. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan deterjen anti bakteri untuk mencegah tungau kembali datang 

Paling pentingnya pastikan Anda menjaga rutinitas ini dan lakukan pencucian setidaknya sebulan sekali atau satu minggu. Lalu lakukan penjemuran kasur setelah mencuci sprei dengan baik di bawah sinar matahari agar tidak lembab.

3. Jemur Sprei dan Kasur 

Rutinitas jemur sprei dan kasur di bawah sinar matahari adalah cara membasmi tungau di rumah untuk mencegah perkembangbiakan. Pasalnya tungau tidak menyukai tempat-tempat yang lembab karena proses penjemuran dapat menyebabkan kasur tak berjamur. Sehingga secara tidak langsung kelembaban kasur terjaga jika rutin dijemur.

4. Sering Menyedot Debu

Sering menyedot debu bisa membuat tungau tidak betah di dalam rumah. Paling tidak pastikan Anda melakukan penyedotan debu seminggu sekali. Termasuk menyedot debu pada karpet yang sulit dicuci. Apabila Anda juga tidak bisa membersihkan karpet dengan uap yang bisa membantu membunuh tungau terutama di suhu 94 derajat celcius. 

Agar mendapat hasil yang maksimal untuk membasmi tungau secara efektif. Anda sendiri dapat menjadwalkan kegiatan secara berkala dan teratur dalam satu minggu tersebut.

5. Rutin Membersihkan Gorden

Cara membasmi tungau kasur selanjutnya dengan rutin membersihkan gorden agar tidak memiliki tempat perlindungan jika tempat tidur sedang dibersihkan. Pastikan Anda membersihkan gorden minimal satu minggu sekali menggunakan vacuum cleaner.

6. Menjaga Kelembaban di dalam Rumah

Menjaga kelembaban di dalam rumah dapat menjadi alternatif cara membunuh tengu merah. Caranya Anda dapat melakukan reparasi ruangan dengan melihat intensitas cahaya yang masuk melalui jendela atau ventilasi udara. Selain itu, Anda juga bisa memasang dehumidifier di rumah.

7. Turunkan Suhu Ruangan

Selanjutnya cara mengatasi tungau yang efektif dapat juga menurunkan temperatur ruangan menjadi kurang dari 20 derajat celcius. Hal ini karena, tungau cenderung tumbuh pada suhu antara 20 hingga 25 derajat celcius di suatu ruangan. Menurunkan suhu ruangan ini termasuk cara membasmi tungau scabies yang rata-rata pertumbuhannya berada di angka tersebut. Jadi pastikan Anda mengatur suhu ruang kurang dari 20°C.

Baca juga: Inilah Kenapa AC Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, Tak Perlu Panggil Tukang AC!

8. Menggunakan Cuka

Cuka merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membasmi tungau di rumah. Bahkan cara ini lebih mudah ketimbang menggunakan bahan lain, Anda hanya perlu menyemprotkan cuka ke tempat dimana tungau bersarang. Lalu biarkan sampai telurnya mati dan Anda tidak perlu mencampur cuka dengan air untuk menyemprotkannya. 

Seperti cara membasmi tungau kutu kasur spring bed. Anda tinggal memindahkan cuka langsung ke botol semprot. Contohnya botol bekas spray atau semprot penyiram tanaman. Kemudian semprotkan isinya di bagian kasur spring bed yang Anda rasa tempat dimana tungau berada.

9. Menyemprot Larutan Garam

Larutan garam yang terbuat dari campuran air dan garam dapat dijadikan cara menghilangkan tungau di kasur busa. Untuk caranya sendiri sama seperti menyemprotkan cuka atau jus bawang yang Anda gunakan sebagai obat pembasmi. Masukkan larutan ke dalam botol semprotan bekas apapun lalu semprot ke kasur atau area lainnya yang Anda curigai ada tungau. 

10. Menggunakan Aromaterapi

Menggunakan aromaterapi merupakan obat pembasmi bagi tungau yang memiliki cara hampir mirip dengan menyemprotkan larutan garam. Anda dapat menggabungkan minyak aromaterapi bersama air lalu semprotkan larutan ke berbagai permukaan seperti kasur, sofa, gorden dan lainnya. Anda juga bisa memilih aromaterapi seperti minyak aroma kayu putih, cengkeh, atau palmarosa dan minyak pohon teh.

Aroma dan rasa dari minyak pohon teh sangat kuat dan tajam yang dijadikan aromaterapi. Sebagai salah-satu pilihan cara untuk membasmi tungau. Dimana Anda hanya perlu menyemprotkan larutannya pada sekitar kasur, permukaan sprei, bantal, sofa, dan tempat yang berpotensi jadi sarang tungau.

11. Gunakan Air Purifier

Pemasangan air purifier yang sudah dilengkapi filter HEPA (High Efficiency Particulate Air)  merupakan salah satu cara alami membasmi tungau. Sejenis filter udara yang sangat efisien dalam menangkap partikel-partikel di udara, misalnya debu dan tungau. Filter HEPA sendiri dapat menangkap partikel mulai ukuran sekitar 0,3 mikron atau lebih besar dengan tingkat efisiensi sekitar 99,97%.

Namun, perlu Anda ketahui saat menggunakan Air purifier penting menjaga filter tetap bersih. Dengan cara melakukan perawatan rutin agar alat tersebut dapat beroperasi secara optimal. 

Cara Mengetahui Keberadaan Tungau

Cara mengetahui keberadaan tungau dapat dipastikan dengan pengecekan perabotan rumah mulai dari kasur, sofa, karpet dan lainnya. Apakah ada telur kecil berwarna putih seperti butiran di setiap lipatan atau sela-sela. Lalu adakah bercak hitam atau coklat tua di permukaan kasur yang merupakan kotoran tungau.

Selain itu, apakah ada juga noda darah yang mungkin saja berasal dari tungau dan cangkang belang berbintik. Dalam memastikan keberadaan tungau di rumah Anda. Keberadaan tungau pun biasanya, dapat dirasakan melalui beberapa tanda. Mulai dari kulit terasa perih akibat gigitan tungau yang biasa terjadi di area bahu, leher, atau lengan.

Terdapat bekas gigitan warna merah di kulit yang bahkan parahnya menjadi bisul bernanah dan ruam-ruam. Selain ruangan menjadi bau apak dan sedikit mirip ketumbar yang tercium.

Beberapa cara membasmi tungau secara alami ini tentu dapat Anda lakukan dengan mudah. Termasuk mengecek keberadaannya yang dapat dipastikan sendiri. Sebagaimana ulasan di atas!