Ketahui Fungsi Exhaust Fan pada Setiap Ruang di Rumah Anda!

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2023 by David Ashari
Ketahui Fungsi Exhaust Fan pada Setiap Ruang di Rumah Anda!

Fungsi exhaust fan dapat memberikan beberapa manfaat  bagi para penggunanya. Sehingga ia akan merasa nyaman saat berada di dalam ruangan yang telah terpasang alat tersebut. Selain itu, alat ini pun mampu membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Apa Fungsi Exhaust Fan Pada Ruangan Rumah Anda?

Setiap Exhaust Fan yang terpasang di ruangan memiliki fungsinya sendiri, tergantung dimana ia diletakan. Selain itu, jenis dan cara pemasangannya pun berbeda. Untuk mengetahui lebih jauh, simak fungsi alat tersebut di masing-masing tempat!

Fungsi exhaust fan pada kamar Tidur

Tidak hanya AC yang sering dipasang di kamar, tetapi alat ini pun kerap digunakan oleh sebagian orang. Alasannya pun cukup beragam, tetapi untuk mengetahui manfaat dari Exhaust yang terpasang di dalam kamar tidur, yuk simak ulasan berikut ini!

Menstabilkan Suhu di Dalam Ruangan

Saat musim panas, tentu membuat udaranya pun tidak terlalu nyaman, terutama di dalam kamar, Untuk memperbaiki hal tersebut, kamu dapat menggunakan alat ini karena dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik dan menjadi lebih segar.

Bahkan dapat membantu untuk mendinginkan ruangan. Dengan begitu, fungsi exhaust fan ini energi yang kamu gunakan pun akan jauh lebih hemat daripada menggunakan pendingin udara seperti halnya AC.

Meminimalisir Kelembaban

Fungsi exhaust fan di kamar tidur selanjutnya adalah  mampu melepaskan kelembaban yang dilepaskan saat tidur melalui pernapasan maupun keringat saat tidur. Hal ini terjadi karena exhaust fan dapat membantu mengeluarkan kelembaban dari kamar.

Bahkan mampu mencegah pertumbuhan tungau maupun jamur. Dimana hal tersebut dapat terjadi jika ruangan lembab sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti hal nya alergi maupun masalah pada kesehatan.

Meningkatkan Kualitas Udara

Fungsi exhaust fan di kamar tidur yaitu membuat sirkulasi udara yang buruk menjadi lebih baik dengan cara mengeluarkan udara yang kotor. Kemudian akan mengarahkan udara yang segar dari luar ke dalam. Sehingga tempat untuk kamu tidur pun akan jauh lebih nyaman dan sehat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Udara segar mampu membuat siapa saja merasa nyaman berada di tempat tersebut, termasuk di dalam ruangan. Nah, exhaust fan untuk kamar tidur ini dapat membantumu untuk mewujudkan hal tersebut karena dapat membuat udara yang mengandung debu, partikel debu, dan lainnya ditarik keluar. Sementara udara yang segar akan masuk. Dengan begitu, tidur pun akan menjadi lebih rileks bahkan nyenyak, bukan?

Fungsi Exhaust Fan Pada Kamar Mandi

Selain untuk kamar mandi, alat ini pun dapat kamu gunakan di dalam kamar mandi. Sehingga dapat membuat ruangan yang mudah lembab tersebut menjadi jauh lebih nyaman saat kamu gunakan. Untuk lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Mengeluarkan Udara Hangat dari Kamar Mandi

Fungsi exhaust fan kamar mandi pertama yaitu dapat membuat ruangan yang cenderung dingin tersebut menjadi hangat. Pasalnya, exhaust fan dapat menyedot udara hangat yang berasal dari luar ruangan rumah ke dalam kamar mandi.

Bahkan jika ruangan tersebut tidak memiliki ruang ventilasi udara yang cukup memadai, sebaiknya menggunakan alat ini. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada lantai, plafon, maupun dinding kamar mandi. 

Mengurangi Kelembaban Kamar Mandi

Exhaust fan in out ini pun dapat mengurangi kelembaban yang terjadi pada ruangan tersebut. Apabila kondisi tersebut dibiarkan berlanjut begitu saja, maka dapat membuat kerusakan pada cat maupun yang lainnya.

Namun, jika dalam kondisi yang cukup ekstrim, pintu kamar mandi pun dapat melengkung karena tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Selain itu, kondisi tersebut pun dapat membuat ruangan menjadi rawan terhadap penumpukan bakteri maupun jamur. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menggunakan exhaust fan.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Kamar mandi pun kerap menimbulkan aroma yang tidak sedap penyebab utamanya yaitu karena sirkulasi udara dalam ruangan tersebut tidak dibuat dengan baik. Terutama, jika ruangan ini berada ditengah rumah.  

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena fungsi exhaust fan salah satu yaitu dapat menghilangkan bau tidak sedap. Pasalnya, alat ini mampu untuk menyedot lembab, aroma tidak sedap, dan lainnya untuk keluar dari dalam ruangan.

Membantu Meningkatkan Kualitas Udara di Kamar Mandi

Terkadang untuk membersihkan kamar mandi, kita akan menggunakan bahan-bahan kimia yang cukup kuat sehingga memudahkan dalam proses kegiatan tersebut. Namun, sayangnya bahan tersebut ternyata meninggalkan residu yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Bahkan jika sudah mendiamkan ruangan dengan durasi 2 sampai dengan 3 jam sekali pun. Namun, dengan adanya exhaust fan masalah tersebut dapat diatasi. Pasalnya, alat tersebut dapat mengalirkan udara yang terkontaminasi dengan zat-zat kimia ke luar ruangan. Dengan begitu, udara nya pun jauh sehat dan bersih.

Mengurangi Cermin Berkabut Pada Kamar Mandi

Saat kamu menggunakan air panas atau hangat di kamar mandi, maka asapnya tersebut akan menimbulkan kabut pada metal maupun cermin. Jika hal tersebut dibiarkan dalam durasi waktu yang cukup lama, maka dapat menyebabkan kabut menempel bahkan dapat merusak fungsi dari alat tersebut.

Contohnya cermin tersebut menjadi kurang terang sehingga tidak dapat difungsikan dengan semestinya maupun membuat perabotan metal menjadi berkarat. Namun, kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan exhaust fan karena nantinya uap air tersebut dapat disedot oleh alat ini ke luar. Dengan begitu, kabut yang berada di dalam ruangan pun akan mudah hilangnya.

Fungsi Exhaust Fan Untuk dapur

Untuk dapur  sendiri, exhaust fan dapat bermanfaat untuk beberapa hal sehingga membuat kegiatan memasak atau membuat kue di ruangan tersebut menjadi lebih enjoy. Adapun fungsi dari alat ini yaitu sebagai berikut!

Menjaga Kualitas Udara di Dapur

Fungsi exhaust fan di dapur dapat membantu untuk menghilangkan partikel halus dan gas beracun di udara. Biasanya, udara terkontaminasi oleh bakteri maupun polutan dapat menurunkan kualitas udara. Dengan adanya exhaust fan, partikel-partikel tersebut akan ditarik keluar. Sehingga dapat teratasi dan membuat kualitas ruangan pun menjadi berkualitas

Membantu Menghilangkan Bau dan Asap Masakan

Tidak hanya menjadikan udara berkualitas, tetapi juga menghilangkan bau. Hal ini karena biasanya  memasak menghasilkan partikel yang memiliki berpotensi beracun. Adapun diantaranya yaitu lemak, minyak, dan sebagainya.

Sehingga jika tidak segera kamu bersihkan akan menyebabkan partikel tersebut mengendap di permukaan. Tidak hanya itu saja, aroma di dalam ruangan tersebut menjadi tidak sedap.

Membantu Mengatur Suhu Dapur

Tanpa ventilasi udara yang baik, maka panas yang dihasilkan oleh kompor maka akan mempengaruhi suhu ruangan. Sehingga tidak jarang akan terasa pas, tentu hal tersebut akan menyebabkan tidak nyaman, bukan? Terutama saat musim panas terjadi. Dengan adanya exhaust fan suhu ruangan akan menjadi lebih stabil karena udara panas tadi akan dikeluarkan secara perlahan oleh alat tersebut.

Mengontrol Kelembaban Dapur

Fungsi exhaust fan dapat membantu untuk mengontrol kelembaban sehingga nantinya kamu akan jauh lebih nyaman dan dinding maupun permukaan yang ada di dapur menjadi lebih awet. Jika tidak dipasang alat tersebut dan fertilisasi jelek, maka dapat menyebabkan kerusakan maupun pertumbuhan jamur.

Apabila ditarik dari penjelasan mengenai masing-masing fungsi alat tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi ini bukan hanya untuk kamar mandi , kamar tidur,  dan dapur. Akan tetapi, untuk exhaust fan plafon juga. Sehingga nantinya dapat membantu untuk menjaga kualitas udara tetap segar dan bersih.