Gampang! Ini Cara Membersihkan Exhaust Fan di Setiap Ruang Hunian

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2023 by David Ashari
Gampang! Ini Cara Membersihkan Exhaust Fan di Setiap Ruang Hunian

Cara membersihkan exhaust fan memang penting untuk kamu perhatikan. Sehingga dapat membantu alat tersebut berfungsi dengan optimal dan memiliki daya tahan yang cukup lama. Daripada dengan exhaust fan yang tidak pernah dibersihkan sama sekali.  

Selain itu, untuk alat ini sendiri memang dirancang khusus untuk dapat memindahkan udara dari luar ke dalam maupun dari dalam ke luar. Meskipun begitu, setiap jenis memiliki fungsinya berbeda-beda.

Apakah Exhaust Fan Harus Dibersihkan?

Saat ruangan memiliki sirkulasi udara yang minim, maka exhaust fan dapat Anda manfaatkan untuk menjaga suhu udara di dalam ruangan. Baik itu di kamar tidur, kamar mandi, maupun dapur.  Dimana nantinya alat tersebut dapat membantu menghilangkan kelembaban maupun  bau.

Misalnya, jika kamu di kamar mandi menggunakan air hangat dengan kisaran waktu sekitar 25 sampai dengan 30 menit. Maka, kelembaban dari kamar mandi tersebut pun akan meningkat dan hal tersebut dapat menyebabkan wallpaper maupun cara menjadi mengelupas.

Dengan adanya Exhaust fan masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Namun, apa jadinya jika alat tersebut tidak pernah dibersihkan? Tentu hal tersebut akan membuat kinerja dari exhaust fan menjadi melemah. Sehingga kerja alat akan mengalami hambatan.  Untuk cara membersihkan exhaust fan Anda dapat melakukan dengan beberapa cara sesuai dengan jenisnya sendiri.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa alat ini memang perlu dibersihkan secara rutin. Sehingga menjadikan kotoran menjadi lebih menumpuk. Sampai akhirnya nanti menyebabkan masalah sampai dengan kerusakan pada alat tersebut.

Bagaimana Cara Membersihkan Exhaust Fan di Rumah Anda?

Cara membersihkan exhaust fan dinding maupun pada bagian lainnya, kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang bisa saja dibutuhkan. Selain itu, pencucian alat ini berbeda-beda tiap jenisnya.


  •     Cara Membersihkan Exhaust Fan di Kamar Tidur

Alat ini biasanya terdapat di akar dan dipasang di sekitar dingin maupun jendela. Untuk mengetahui tahapan dalam mencuci alat ini, simak ini dulu yuk!

  • Bersihkan Pada Bagian Jaring

Cara membersihkan exhaust fan yaitu dengan membersihkan pada bagian jaringnya terlebih dahulu. Kamu dapat melepaskan terlebih dahulu jaring kipas dan setelah itu, tuangkanlah air yang tadi sudah mendidih ke dalam wadah tersebut.  

Setelah itu, untuk memaksimalkan hasilnya, cobalah untuk menuangkan setengah gelas ammonia beserta satu gelas air yang panas. Kemudian setelah itu, cobalah untuk memasukan jaring tersebut ke dalamnya.

  • Bersihkan Bilah Kipas

Kemudian, nantinya kamu dapat membersihkan bilah kipas sehingga hasilnya nanti lebih maksimal. Namun, langkah ini ternyata cukup sulit untuk dilakukan. Sehingga untuk memudahkannya, kamu dapat mencampurkan air dengan sabun cuci ke dalam campuran lainnya.

Yaitu terdiri dari 2 sdm baking soda dan setengah gelas ammonia. Kemudian nantinya di campur dengan air.  Saat melakukan hal ini, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Hal ini pun dapat kamu lakukan untuk cara membersihkan exhaust fan dinding.

Nantinya, kamu dapat membersihkan bagian kotor yang dengan menggunakan sikat gigi dari brand maupun jenis  apapun. Usahakan untuk menggosok

  • Hilangkan Kotoran dan Debu yang Menempel

Kemudian setelah exhaust fan dibersihkan dengan  yang  terbebas dari debu yang memadai, maka dapat memberikan ruang tersebut dahulu.

  • Lakukan Perawatan dan Pembersihan Rutin

Dalam merawatnya sendiri, exhaust fan memang perlu rajin untuk dicek. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang menanyakan perihal tersebut. Meskipun begitu, tidak disarankan untuk melakukan pembersihan setiap hari karena hal ini bisa saja dapat merusakan exhaust fan

. Sehingga disarankan untuk membersihkan setiap sebulan sekali. Apabila terdapat kesulitan dalam membersihkannya, kamu dapat menggunakan aneka ragam kain maupun sedotan yang memakai vacuum cleaner.

Cara Membersihkan Exhaust Fan di Kamar mandi

Sebelum melakukan pembersihan exhaust pada gunung, maka sebaiknya kamu mencoba beberapa hal. Sehingga tidak disarankan untuk tayang karena beberapa hal. Untuk lebih jauhnya, cara membersihkan exhaust fan yaitu!

  • Matikan stop kontak dan lepaslah penutup exhaust   dengan aman’
  • Nikmati pula makanan  spesial nanti akan
  • Lalu, vakum lah wadah tersebut dengan hati-hati dan lembut.
  • Gunakan pula penyedot debu, jika dibutuhkan
  • Sering, tunggulah beberapa saat
  • Membersihkan exhaust fan sampai dengan bersih

Cara Membersihkan Exhaust Fan di Dapur

Berikutnya yaitu cara membersihkan exhaust fan dapur dan tentunya agak sedikit berbeda dengan yang lainnya. Selain itu, alat ini pun berfungsi untuk mengeluarkan udara kotor, sekaligus hawa panas sampai dengan aroma yang tidak sedap. Untuk tetap menjaga fungsi alat ini, maka kamu perlu membersihkannya. Adapun untuk lebih rinci yaitu sebagai berikut!

  • Filter Exhaust Fan Dapur

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu melepaskan saringan dari slotnya. Kemudian setelah itu, rendam dengan air panas yang telah dicampur dengan sabun cuci piri.  Sehingga dapat menghilangkan lemak yang membandel dan tambahkan juga secangkir kue soda.

 Kemudian cara membersihkan exhaust fan dapur selanjutnya yaitu menggosok alat tersebut menggunakan sikat gigi yang telah tidak lagi digunakan. Lakukan hal tersebut secara pelan-pelan sehingga tidak merusak alat dan jika sudah bersih, keringkan alat tersebut.

  • Bersihkan Kotoran pada Bagian Dalamnya

Cara membersihkan exhaust fan yaitu dengan membersihkan di bawah tudung kap dari mesin kipas dan bagian bilah kipas. Hal ini karena  minyak maupun kotoran lainnya akan menempel pada bagian ini. Sehingga perlu dibersihkan secara berkala dengan baik. Jika tidak, malah dapat membahayakan diri sendiri karena dapat mengakibatkan kebakaran.

Kamu dapat dapat melepaskan jaring dan redamlah dengan menggunakan air panas yang telah dicampurkan dengan deterjen dengan durasi waktu sekitar 1 jam. Kemudian, bersihkan menggunakan sikat gig bakar dan gosoklah secara perlahan pada bagian jarring.

  • Bilah Kipas

Kamu juga perlu membersihkan bilah kipas dengan mencampurkan sabun dengan air. Kemudian 2 sendok baking soda pada segelas air yang hangat. Dalam melakukan proses ini, ada baiknya kamu menggunakan sarung tangan karet.

Nantinya  gosoklah bilah kipas tersebut dengan merata sampai dengan bersih. Dalam membersihkan, kamu dapat menggunakan sikat kawat untuk membersihkan kotoran yang cukup membandel. Untuk lebih memudahkan gunakanlah pembersihan jendela atau cuka dalam membersihkannya.

  • Pasang Kembali

Apabila semua dirasa sudah selesai dan kering, maka langkah selanjutnya yaitu perlu dilakukan yaitu memasang kembali semua bagian exhaust fan dapur sesuai dengan sebelumnya.  

Adapun caranya yaitu dengan memasukkan kembali kabel memasang ked ala slotnya dan menutup kembali exhaust fan tersebut. cobalah untuk mendorong penutupnya dengan perlahan. Sampai pada akhirnya tertutup rapat dengan baik.

Tips di atas dapat menjadi salah satu referensi untuk kamu yang ingin menjaga kinerja dari alat tersebut. Adapun cara membersihkan exhaust fan plafon mungkin sama seperti halnya membersihkan exhaust yang ada di tempat tidur. Selain itu, pastikan kamu membersihkan alat tersebut saat dalam keadaan memiliki waktu luang yang banyak. Pasalnya, membersihkannya pasti membutuhkan waktu yang tidak sedikit.