5 Jenis Rumput untuk Halaman Rumah, Cantik dan Asri!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
5 Jenis Rumput untuk Halaman Rumah, Cantik dan Asri!

Adanya Rumput untuk halaman rumah dapat membuat rumah Anda nampak lebih asri. Bukan hanya mempunyai kegunaan untuk menutupi tanah, namun hadirnya rumput juga bisa mempercantik taman. Hal tersebut tidak lain karena tekstur, bentuk, maupun warna rumputnya yang unik. Tentunya jika ingin rumput yang sehat maka perlu disirami dan dirawat dengan baik. Lalu, ternyata terdapat beberapa jenis rumput cantik yang dapat di pasang di halaman rumah. Kira-kira rumput untuk halaman rumah seperti apa yang cocok untuk melengkapinya, ya? 

Jenis Rumput untuk Halaman Rumah

Ada banyak jenis rumput untuk halaman rumah yang bisa Anda pilih untuk menghias pekarangan rumah Anda. Namun, bukan berarti semua jenis rumput tersebut cocok untuk Anda tanam di rumah Anda. Pasalnya, Anda harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya terlebih dahulu karena tiap-tiap jenis rumput memiliki cara perawatan yang tidak sama satu dengan lainnya. Nah, apabila Anda tertarik untuk membuat halaman guna mempercantik eksterior hunian Anda, berikut pilihan jenis rumput taman dan harganya untuk melengkapi tampilan halaman Anda.

1. Rumput Jepang

Rumput Jepang

Jenis rumput untuk halaman rumah pertama yang dapat Anda coba adalah rumput jepang. Rumput jepang punya tekstur kasar, bentuknya pun meruncing tajam. Hal itulah yang menjadikan jenis rumput ini banyak dipilih untuk dipergunakan pada halaman sebuah hunian. Tetapi, apabila halaman itu kerap Anda pergunakan untuk duduk-duduk, maka rumput jepang ini tidak disarankan karena jika terkena permukaan kulit maka Anda dapat merasa sakit layaknya tertusuk jarum. Harga rumput Jepang ini sekitar Rp 35 ribu per meter perseginya sedangkan untuk benihnya, harganya berkisar Rp 7 ribu per satu gramnya.

2. Rumput Gajah Besar

Rumput Gajah Besar

Rumput gajah adalah jenis rumput hias yang cukup banyak ditanam. Jenis rumput gajah besar punya ukuran helai daun yang besar serta kasar. Keunggulan dari rumput taman jenis ini yaitu tahan terhadap injakan kaki manusia. Selain itu bisa bertahan walaupun kekurangan air sehingga Anda tidak perlu mencari rumput gajah besar sering-sering. Perawatan pada rumput gajah pun mudah. Rumput satu ini dapat Anda jumpai di lapangan bola atau pada hunian yang ukurannya besar. Rumput Gajah besar direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki lahan segar, namun tidak punya banyak waktu untuk merawatnya. Kisaran harga rumput gajah besar yaitu Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per meter perseginya.

3. Rumput Peking

Rumput Peking

Rumput untuk halaman rumah selanjutnya adalah rumput peking. Jenis rumput ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rumput Jepang. Hal yang membedakan adalah rumput peking ini cenderung lebih kurus, runcing, serta rapi. Jarak antar rumputnya juga lebih besar daripada rumput jepang. Rumput Peking juga mudah untuk tumbuh lebat. Pada bagian bawahnya pun mudah menguning lantaran jarang terkena paparan sinar matahari. Umumnya, rumput ini ditanam pada bagian halaman yang jarang diinjak atau dilalui orang. Jenis rumput ini punya tampilan rapi serta berkesan mewah. Rumput peking memiliki ketahanan ketika musim hujan. Harga rumput peking kira-kira Rp 30.000-Rp 35.000 per meter perseginya.

4. Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah Mini

Untuk Anda yang berniat membangun sebuah taman minimalis, rumput gajah mini ini cocok. Pasalnya, jenis rumput untuk halaman rumah ini terbilang sangat unik sebab daunya tidak tumbuh ke atas, namun menyamping dan daunnya juga tidak tinggi. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering-sering memangkasnya. Warna daun rumput gajah mini juga lebih hijau daripada rumput pada umumnya, rumput gajah mini ini juga cocok untuk Anda tanam dengan segala jenis cuaca. Rumput gajah mini ini mdah tumbuh bahkan dengan penyinaran matahari 50% serta hanya butuh sedikit pupuk. Untuk harga jenis rumput satu ini sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per meter perseginya.

5. Rumput Swiss

Rumput Swiss

Dari sekian jenis rumput taman yang sudah disebutkan sebelumnya, rumput Swiss mempunyai tekstur paling halus. Selain itu, bentuknya juga rapi nan indah. Akan tetapi, guna memperoleh hasil maksimal, rumput swiss juga butuh perawatan ekstra.mAnda mesti memotongnya secara rutin supaya kelembaban rumput selalu terjaga. Guna mencegah tumbuhnya rumput liar berbahaya, Anda juga harus memberikan pupuk urea. Rumput ini pun mesti memperoleh 80%pencahayaan. Harganya dibanderol sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per meter perseginya.

Nah, sesudah melihat berbagai jenis rumput untuk halaman rumah diatas, manakah yang sekiranya ingin Anda tanam di halaman hunian guna mempercantik panorama? Sebaiknya sesuaikan jenis rumput dengan daerah rumah Anda karena jika sudah menanam rumput namun tidak dapat tumbuh dengan cantik maka sangat disayangkan.