7 Contoh Patung Dekorasi yang Bikin Rumah Anda Tambah Unik

Artikel ini terakhir di perbaharui June 20, 2023 by David Ashari
7 Contoh Patung Dekorasi yang Bikin Rumah Anda Tambah Unik

Patung dekorasi adalah ornament atau pajangan, yang memberi kesan tertentu dan berguna sebagai dekorasi pada suatu rumah atau ruangan. Bahkan, patung dekorasi bisa memperkuat konsep desain interior atau eksterior rumah. 

Namun untuk mendapatkan kesan sempurna, perhatikan desain rumah Anda dengan pilihan ornamen yang akan diaplikasikan agar tidak menghilangkan nilai seni ornamen tersebut. Nah, patung dekorasi seperti apa yang cocok untuk dijadikan dekorasi rumah? Yuk, cek jenis dan gambar patung dekorasi ini.

Mengenal Jenis Patung Dekorasi 

Patung dekorasi terdiri dari beragam jenis dengan model yang berbeda. Saat ini banyak sekali patung dekorasi contohnya jenis seni, religi atau kerajinan. Jika Anda begitu menyukai nilai seni pada suatu kerajinan, inilah beberapa contoh ornamen yang dapat menjadi pilihan yang cocok.

1. Monument 

Patung dekorasi berfungsi sebagai elemen yang memperindah ruangan, salah satu jenisnya yaitu monument. Biasanya, monument diletakkan pada tempat bersejarah seperti museum, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin memilikinya pada hunian. Bentuk ornamen seperti inilah yang memiliki nilai seni cukup kuat, dan tentunya mengingatkan siapa saja yang melihatnya akan masa lalu.

2. Seni 

Patung seni adalah memiliki nilai estetika tinggi dan bisa dengan mudah ditemukan pada pameran kesenian atau museum. Patung dengan nilai seni yang tinggi adalah seperti bentuk tiga dimensi yang menyerupai bentuk aslinya. Misalnya, jenis patung Buddha yang mirip dengan aslinya yang berada di tempat ibadah.

7 Model Patung Dekorasi Untuk Rumah 

Mendekorasi rumah tidak harus mengeluarkan biaya mahal, beberapa jenis ornamen di bawah ini bisa dijadikan dekorasi rumah untuk mempercantik suasana rumah Anda dengan berbagai pilihan jenis dan model. Apakah Anda ingin mendekorasi rumah dengan patung? Simak dulu 7 contoh patung dekorasi untuk rumah di bawah ini!

1. Patung Abstrak

Patung dekorasi contohnya adalah patung abstrak dicintai dan dinikmati oleh pecinta kesenian. Karena patung tersebut adalah abstrak maka bisa dijumpai dalam berbagai bentuk, termasuk patung dekorasi untuk di rumah. Ini artinya bahwa patung abstrak bisa menyesuaikan dengan gaya rumah Anda. Patung jenis ini biasanya dibentuk atas dasar kesenian yang sebenarnya. Di balik pembuatan patung abstrak, tentunya pencipta menuangkan pemikiran dan makna pada patung.

2. Patung Souvenir

Patung Souvenir

Selanjutnya, patung souvenir bisa dijadikan patung dekorasi di rumah. Patung souvenir ini berukuran kecil sehingga nampak praktis dan sering dibuat seperti ikon dari objek wisata yang pernah dikunjungi. Biasanya, patung souvenir dijadikan oleh-oleh dan dipajang di rumah sebagai kenang-kenangan dari tempat wisata yang dikunjungi. Jika Anda senang berlibur, pastikan bawa oleh-oleh patung souvenir untuk dipajang di dalam rumah ya!

3. Patung Taman

Patung Taman

Tidak hanya patung indoor yang bisa dijadikan patung dekorasi. Namun patung taman juga termasuk patung dekorasi yang menjadi nilai seni. Patung taman didominasi oleh batu karena perlu bertahan dari berbagai perubahan cuaca. Biasanya, bentuk patung taman diadaptasi dari karakter imajinasi seperti, kurcaci, peri, atau malaikat. Patung dekorasi dapat menghidupkan suasana taman rumah yang monoton. 

4. Patung Arsitektur

Patung Arsitektur

Patung berbentuk konstruksi rumah juga bisa dijadikan sebagai patung dekorasi. Patung dekorasi jenis ini sering disebut dengan patung arsitektur. Anda juga bisa memiliki patung dengan konstruksi bangunan yang lainnya seperti monumen bersejarah, rumah bergaya klasik, atau museum. Biasanya, patung jenis ini dibuat bersamaan dengan konstruksi bangunan.

5. Patung Hewan

Patung Hewan

Patung hewan ini banyak disukai oleh para pecinta hewan, dan tentunya ingin memiliki patung hewan kesayangannya dipajang dalam rumah. Patung hewan dibentuk dengan aslinya dan juga ada yang seperti kartun. 

6. Patung Religi

Patung Religi

Salah satu patung dekorasi terkenal yaitu patung religi karena sudah ada sejak zaman dahulu. Selain menghias rumah, patung religi ini memiliki fungsi untuk kegiatan berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya dan dibuat mirip sekali dengan agama yang bersangkutan. Tentunya patung ini menambah nilai seni dalam rumah Anda.

7. Patung Monumen

Patung Monumen

Patung dekorasi monument yaitu patung yang memiliki tujuan untuk mengingat sebuah sejarah. Biasanya patung ini diletakkan di museum. Untuk Anda yang suka dengan sejarah, patung monumen cocok diletakkan di dalam rumah Anda.

Itulah informasi mengenai patung dekorasi yang perlu Anda ketahui. Ada berbagai macam patung dekorasi yang bisa Anda pilih di atas untuk mempercantik rumah. Dengan pemilihan patung yang tepat maka nilai estetik rumah Anda akan juga meningkat!