5 Tips Dekorasi Teras Rumah Estetik dan Fungsional

Artikel ini terakhir di perbaharui June 20, 2023 by David Ashari
5 Tips Dekorasi Teras Rumah Estetik dan Fungsional

Teras umumnya berfungsi sebagai bagian rumah yang digunakan untuk menerima tamu dan bersantai. Konsep minimalis pada teras banyak diminati karena nampak natural. Selain menilai dari keindahan, Anda perlu juga memperhatikan aspek kenyamanan bagi penghuni dalam dekorasi teras rumah. Mari kita intip berbagai tips dekorasi teras rumah yang bisa Anda aplikasikan agar rumah terlihat lebih cantik dan natural.

Inspirasi Teras Rumah yang Cocok untuk Hunian 

Untuk dapat menciptakan sebuah konsep teras yang menawan, Anda perlu memperhatikan aspek-aspek pendukungnya seperti pengaturan serta tatanan bisa Anda sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Namun jika masih bingung dan belum mampu menciptakan gambaran yang unik dan berbeda, silahkan simak tips berikut untuk menambah referensi inspirasi teras rumah.

1. Konsep Alami Teras Rumah Tanaman Hias

teras dengan tanaman

Tanaman hias menjadi salah satu aspek pendukung yang mampu memberikan kesan estetik dengan maksimal. Umumnya tanaman-tanaman ini diletakkan dengan posisi menggantung pada bagian tertentu teras. Selain menciptakan kesan unik, tanaman hias juga dapat memberikan wajah hunian tampak mahal dan kekinian. Terapkan konsep alami teras rumah dengan tanaman hias supaya rumah terlihat alami atau bisa juga menempatkan taman di depan rumah agar teras semakin cantik.

2. Konsep Teras Rumah Minimalis Colourful

teras rumah konsep warna warni

Mendesain teras dengan konsep colourful, bisa memberikan wajah ceria pada bagian depan hunian Anda. Ciptakan tampilan teras dengan aksen keramik motif, yang mendukung tampilan semakin menarik dan berbeda. Namun tatanannya juga harus Anda perhatikan, guna menghindari kesan teras yang terlalu ramai dan justru merusak kesan ceria tersebut. Anda bisa menggunakan warna cerah seperti kuning atau oranye dan furniture yang simpel. Dengan seperti ini, rumah Anda akan terlihat lebih terang.

3. Konsep Teras Rumah Model Sederhana

teras minimalist sederhana

Tatanan satu ini umumnya digunakan oleh penyuka konsep yang cenderung praktis dan simple. Selain itu, teras model sederhana biasa diaplikasikan oleh orang yang tidak terlalu menyukai tampilan yang ramai dan menyolok. Untuk dapat mewujudkannya, Anda bisa memadukan furniture minimalis dengan warna krem atau abu-abu. Ukuran furniture serta material pendukungnya juga berpengaruh, sehingga aspek itu tetap perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan.

4. Konsep Teras Rumah Model Aesthetic

teras aesthetic

Konsep satu ini tengah populer di kalangan masyarakat. Anda bisa membuat teras rumah yang minimalis dan aesthetic. Namun tahukah Anda apa itu konsep aesthetic? Aesthetic mengandung makna bahwa sebuah tampilan mampu menunjukkan kesan unik, dengan look yang sederhana namun mampu memanjakan mata. Untuk dapat mewujudkannya, Anda bisa mengkombinasikan dengan berbagai gaya yang kekinian seperti Rustic hingga Scandinavian. Padukan warna cat yang lembut, dan taruhlah kursi dan meja minimalis.

Contoh Dekorasi Teras Rumah yang Bisa Anda Coba

Kunci utama untuk menciptakan tampilan teras unik dan berbeda, terletak pada furniture pendukungnya. Mengingat keberadaan furniture yang cukup penting, karena mampu membantu memberi kesan teras menjadi lebih baik. Dalam hal ini, Anda tentu harus cermat dan teliti saat ingin membeli. Pastikan sesuai fungsi serta pas dengan ukuran teras yang ada. Berikut contoh furniture pendukung yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi.

1. Sofa atau Kursi Rotan

Saat Anda ingin menciptakan model teras rumah yang kekinian, nyaman dan estetik. Menambahkan suatu furniture fungsional akan menjadi aspek yang penting. Salah satunya yakni kursi. Kehadiran kursi teras mampu membuat dekorasi semakin nyaman dan indah. Anda bisa memadukannya dengan sofa outdoor atau kursi rotan. Dengan begitu, teras akan nampak lengkap.

2. Lampu Gantung

Menggunakan lampu gantung di teras rumah, ternyata juga bisa membuat dekorasi kian menarik. Lampu ini selain berfungsi untuk penerangan, juga mampu mendukung aspek terciptanya teras yang sangat estetik. Namun, Anda juga tetap harus cermat saat memilih lampu gantung. Upayakan untuk menyesuaikan dengan bentuk atap, konsep teras serta warna tembok. Jangan sampai keberadaannya justru mengganggu.

3. Kursi Santai

Meletakkan kursi santai di teras rumah, selain memberikan fungsi dan mendukung kegunaan kursi itu sendiri, nyatanya juga bisa menjadi properti pendukung guna menciptakan tampilan teras yang menawan. Kursi santai ini juga bisa menjadi tempat berbincang yang asyik bersama dengan keluarga tercinta.

Tips Desain Teras Rumah

Menciptakan desain teras rumah nyatanya tidak muda. Jika Anda sudah memiliki gambaran, pasti akan jauh lebih mudah merealisasikannya. Namun jika belum, Anda tentu butuh beberapa referensi untuk tambahan informasi. Berikut ini uraian tentang tips desain teras yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Pilih Warna Cat yang Tepat

Warna cat menjadi penentu yang paling utama dalam menciptakan sebuah hunian. Untuk membuat tampilan yang enak dipandang, Anda dapat menerapkan cat dengan tone warna lembut serta kekinian, seperti pink muda, hijau tosca serta putih. Pilih sesuai selera dan buat dekorasi teras rumah Anda secantik mungkin.

2. Pilih Furniture yang Sesuai

Meletakan furniture pendukung di teras rumah tentu harus cermat dan teliti. Pastikan setiap furniture memiliki fungsi penunjang yang efektif, serta tidak mengganggu penampilan dari teras itu sendiri. Tetap perhatikan bentuk dan ukuran furniture, sesuaikan keseluruhannya dengan look teras terutama warna cat yang ada.

Nah, itu tadi uraian singkat tentang dekorasi teras rumah, lengkap dengan beberapa tips desain unik yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi. Ciptakan hunian secantik dan sebaik mungkin buat para tamu agar betah bertandang ke rumah. Semoga informasi mengenai dekorasi teras rumah ini dapat membantu serta bermanfaat untuk Anda.