10 Desain Kolam Ikan Minimalis, Rumah Terasa Lebih Hidup!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
10 Desain Kolam Ikan Minimalis, Rumah Terasa Lebih Hidup!

Pecinta ikan hias tentunya ingin sekali memiliki kolam ikan sendiri di rumah tercinta. Kolam ikan menambah keindahan rumah dan juga bisa memberikan kenyamanan untuk menikmati waktu santai sekaligus menonton ikan berenang di kolam.

Jika Anda ingin membuat kolam ikan minimalis di rumah tetapi masih bingung cara memulainya, mungkin ide desain kolam ikan minimalis dan cara membuatnya akan membantu di bawah ini.

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis

Banyak orang meragukan untuk membangun kolam ikan karena tidak tahu cara memulainya. Inilah contoh kolam ikan minimalis yang bisa Anda tiru di rumah.

1. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Aquarium

Desain Kolam Ikan Minimalis

Apakah rumah Anda luas? Jika rumah Anda luas maka cocok untuk memilih kolam ikan minimalis seperti aquarium. Kolam ikan depan rumah bisa juga dibuat dengan pagar depan yang tidak digunakkan.

2. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Alami

Desain Kolam Ikan Minimalis

Jika Anda suka dengan kolam bergaya alami seperti danau kecil maka kolam ikan minimalis bergaya alami patut ditiru. Anda bisa menambah aksesoris seperti pepohonan dan batu alam sehingga menjadi kolam ikan minimalis batu alam atau air mancur untuk menciptakan suasana yang lebih alami dan segar.

3. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Lekukan

Desain kolam ikan dengan lekukan atau asimetris juga indah untuk dipandang. Jika Anda tidak memiliki halaman yang luas, kolam ikan minimalis bentuk lekukan ini bisa dicontoh.

4. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Klasik

Desain Kolam Ikan Minimalis

Untuk Anda pecinta gaya klasik, kolam ikan dengan gaya klasik ini bisa ditiru. Desain ini cocok untuk model kolam ikan minimalis depan rumah atau kolam ikan minimalis belakang rumah.

5. Kolam ikan Minimalis Persegi Panjang

Desain Kolam Ikan Minimalis

Pada umumnya, kolam ikan minimalis berbentuk persegi panjang atau persegi mengikuti bentuk rumah. Bentuk simetris persegi panjang ini efisien untuk Anda yang tidak memiliki halaman luas.

6. Kolam Ikan Hemat

Desain Kolam Ikan Minimalis

Tidak perlu khawatir bila Anda memiliki budget yang sedikit untuk membuat kolam ikan. Anda bisa membuat kolam ikan berukuran di bawah 1 meter.

7. Kolam Ikan Kombinasi Kayu

Desain Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan dengan kayu di tengah ini nampak sederhana tanpa polesan. Platform lantai di sekelilingnya bisa menjadi suasana lebih unik.

8. Kolam Ikan dengan Jembatan

Desain Kolam Ikan Minimalis

Mungkin Anda mengira kolam ini terpisah-pisah. Namun, sebenarnya kolam ikan tersebut luas dan dilengkapi jembatan agar tampak banyak kolam.

9. Kolam Ikan dengan Kaca

Desain Kolam Ikan Minimalis

Dengan hiasan kaca, Anda memiliki kolam ikan minimalis yang berbeda dari yang lain. Kolam unik ini bisa dibuat di depan rumah dan juga di ruang tengah.

10. Kolam Ikan Tengah Taman

Desain Kolam Ikan Minimalis

Anda juga bisa membuat kolam ikan minimalis di tengah taman. Jangan lupa untuk memperhatikan komposisi kolam dan ukuran taman.

Tips Membuat Kolam Ikan Minimalis

Memang benar bahwa kolam ikan minimalis bisa memberikan suasana yang nyaman dan menenangkan. Apa lagi sekarang banyak jasa jual kolam ikan minimalis. Sebelum membuat kolam ikan, berikut tips untuk membuat kolam ikan di rumah Anda. Inilah beberapa tips untuk Anda:

1. Biaya

Rencanakan semua biaya sesuai dengan budget yang Anda miliki. Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman dengan membuat kolam ikan. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan kolam ikan dengan biaya kolam ikan minimalis  per meter sekitar Rp1.500.000 sampai Rp 3.500.000. Harga pembuatan biasanya tergantung desain  gaya kolam ikan keinginan Anda.

Untuk Anda yang ingin membuat kolam ikan non permanen juga bisa. Harga kolam ikan minimalis non permanen adalah sekitar Rp 2.200.000 hingga Rp 3.500.000.

2. Nutrisi Ikan

Ikan tidak hanya membutuhkan kolam untuk berenang tetapi juga makanan yang penuh nutrisi. Nutrisi sangat penting untuk ikan hias agar tumbuh dengan baik dan sehat.

3. Lokasi

Kolam ikan sebaiknya ditempatkan di tempat yang biasa keluarga gunakkan untuk bersantai dan berkumpul. Anda juga perlu memperhatikan masuknya sinar matahari dan sumber air untuk kolam.

4. Pencahayaan

Pencahayaan pada kolam ikan penting untuk diperhatikan untuk menerangi kolam sehingga kolam terlihat hidup dan nampak ikan hiasnya di malam hari.

5. Perawatan

Anda perlu memperhatikan sirkulasi air dan kebersihan tambak. Bersihkanlah kolam secara rutin agar ikan di dalam kolam juga bisa berenang dengan lincah.

6. Ukuran

Sesuai namanya yaitu kolam ikan minimalis tentunya ukurannya juga minimalis dan tidak terlalu berukuran besar. Dengan ukuran kolam ikan minimalis lebih 2×1/2 meter, Anda sudah mendapatkan kolam dengan air mancur sederhana untuk ditempatkan di tengah atau di pinggiran.  Penempatan kolam juga harus diperhatikan untuk bisa dinikmati seluruh anggota keluarga untuk bersantai.

Itu dia desain kolam minimalis yang bisa menjadi contoh untuk kolam ikan Anda di rumah tercinta. Semoga bermanfaat!