7 Rekomendasi Kerja Remote yang Bisa Anda Lakukan

Artikel ini terakhir di perbaharui February 19, 2024 by David Ashari
7 Rekomendasi Kerja Remote yang Bisa Anda Lakukan

Ada beberapa profesi yang memungkinkan Anda untuk bekerja remote, sehingga dapat bekerja dimana saja. Adapun untuk profesinya tersebut beragam dari mulai yang berkecimpung dalam dunia desain, informatika, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Profesi yang Dapat Bekerja Remote

Kerja remote adalah pekerjaan yang tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke kantor. Sehingga hal tersebut memungkinkan Anda untuk bekerja di rumah. Selama memang jaringan internet dalam keadaan stabil. Inilah beberapa rekomendasi pekerjaan remote yang memiliki banyak peluang.

Developer

Jika  Anda memiliki pengalaman dan kemampuan dalam dunia pemrograman, maka kerja remote di indonesia satu ini menjadi salah satu opsi terbaik untuk Anda. Kategori pekerjaan ini mencakup berbagai macam rekayasa perangkat lunak sampai dengan pengembangan aplikasi, bahkan hingga desain situs website. 

Tidak hanya itu saja, pekerjaan ini pun mencakup administrasi sistem, infrastruktur ops, dan pengujian. Saat ini profesi ini banyak yang bekerja secara remote dan kebanyakan mereka bekerja untuk perusahaan besar. Untuk memantapkan keahlian Anda, sebaiknya belajar coding dan keterampilan lainnya yang lebih dalam.

Designer

Apabila Anda merasa tidak memiliki keahlian dalam bidang developer, maka pekerjaan ini dapat menjadi salah satu opsi. Banyak perusahaan yang mencari profesi ini karena memang banyak dibutuhkan oleh industri. Adapun profesi desainer ini sendiri mencakup Desain grafis, UI, desain UX, dan desainer lainnya yang memungkinan untuk dikerjakan dengan jarak jauh. Anda juga dapat mengasah kemampuan tersebut jauh lebih dalam dengan mengikuti berbagai macam kursus. Sehingga nantinya, skill yang dimiliki memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Writer atau Editor

Profesi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi atau kemampuan dalam bidang menulis. Selain itu, profesi satu ini pun dapat Anda kerjakan di rumah selama jaringan internet memang stabil. Kebutuhan terhadap profesi ini sejalan dengan kebutuhan informasi yang disajikan secara online.  

Sehingga profesi yang dapat Anda pilih nantinya yaitu menjadi seorang blogger, content writer, script writer, copy writer, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menulis sesuai dengan kebutuhan pasar atau kebutuhan perusahaan. Selain itu, dengan bekerja dalam bidang ini maka kemungkinan Anda untuk mengasah skill jauh lebih dalam. Bahkan nantinya, hasil tulisan tersebut dapat menjadi portofolio.

Digital Marketer

Profesi ini bertanggungjawab terhadap pemasaran produk secara online atau digital. Hal tersebut tentunya selaras dengan perkembangan zaman pada era ini. Dengan begitu, tidak heran apabila banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini untuk kerja remote online dan dapat memasarkan produk secara online.

Sehingga seorang digital marketer harus mampu memiliki beberapa keterampilan,  seperti halnya SEO, SEM, affiliate Marketing, Social Media Marketing,  dan Email Marketing. Sehingga seorang digital marketer harus memiliki kemampuan analisa yang kuat dan akurat. Selain itu, dapat jeli melihat peluang dan bertindak berdasarkan data.

Customer Support

Customer Support, kini sudah banyak yang tersedia untuk posisi remote. Dengan begitu, Anda dapat bekerja dimana saja  selama memang jaringan internet memadai. Customer Support sendiri memiliki tanggung jawab untuk dapat melayani para pelanggan yang mengalami masalah terhadap produk atau layanan dari sebuah perusahaan yang menaungi CS tersebut. 

Selain ketangkasan dalam menggunakan perangkat lunak, Anda pun perlu memiliki kemampuan dalam membantu memecahkan masalah pelanggan. Sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui dan memahami produk maupun layanan yang perusahaan sediakan.

Translator

Kebutuhan terhadap profesi ini semakin meningkat, terutama sejak adanya pasar bebas. Salah satu produk yang sering masuk ke Indonesia adalah produk buku. Baik buku akademik maupun  pengetahuan umum. Sehingga banyak yang menggunakan bahasa asing. 

Maka supaya buku tersebut dapat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Selain buku, banyak juga informasi digital yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga untuk menerjemahkannya, butuh translator. Dengan begitu, jika memiliki kemampuan menguasai banyak bahasa, maka profesi cocok untuk Anda. Untuk mencari lowongan profesi ini, Anda dapat mengunjungi website kerja remote yang resmi.

Data Entry

Profesi satu ini merupakan pekerjaan yang dapat dilakukan dimana saja. Profesi ini bertugas untuk mengumpulkan data yang penting bagi sebuah bisnis. Dimana nanti data ini sendiri digunakan dalam pelacakan inventaris maupun pengiriman. Selain itu, data ini pun dapat membantu perusahaan untuk membuat perencanaan bisnis dan  mengukur kinerja. 

Sehingga wajar, apabila profesi ini banyak dicari oleh perusahaan. Selain itu, profesi ini pun memungkinan Anda untuk bekerja secara remote. Sehingga jika Anda ingin terjun dalam bidang ini, maka dibutuhkan kemampuan dalam komunikasi yang  luar biasa. Tidak hanya itu saja, Anda pun haruslah memiliki pengetahuan mengenai layanan dan produk dengan sangat baik.

 

Cara Mencari Pekerjaan Remote

Bagi Anda yang sudah menemukan profesi apa yang ingin dilamar, maka saat sekarang untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Tidak hanya itu saja, Anda  pun dapat melihat jobdesk lengkapnya seperti apa. Dengan begitu Anda dapat mengetahui gambaran besar pekerjaan yang seperti apa yang hendak dikerjakan nantinya. 

Adapun website kerja remote  yang sering digunakan untuk mencari pekerjaan  diantaranya adalah Fiber, Sribulancer, LinkedIn, Project.co.id, dan lain Sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan bahwa semua transaksi dilakukan melalui platform resmi, apabila job tersebut diambil dari website rekening bersama. Artinya, client membayar dahulu ke aplikasi atau platform baru project tersebut bisa dikerjakan. 

Sehingga nantinya, setelah pekerjaan selesai, Anda dapat menerima bayaran dari platform resmi tersebut. Misalnya, Anda mengambil project di Sribulancer, maka usahakan mengirimkan job juga di situs tersebut. Pasalnya dikhawatirkan terjadinya scam yang mengakibatkan pekerjaanmu tidak dibayar 

Profesi pekerjaan remote memang beragam. Dari mulai penulis, developer, desainer, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih pekerjaan memang sesuai dengan kemampuan. Selain itu, pastikan untuk selalu mengupgrade skill. Sehingga nantinya lebih berkembang menjadi lebih baik.