Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium, Lengkap dengan Harganya!

Artikel ini terakhir di perbaharui November 6, 2023 by David Ashari
Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium, Lengkap dengan Harganya!

Kelebihan dan kekurangan kusen aluminum penting untuk kamu ketahui, sebelum akhirnya memilih jenis kusen ini untuk rumahmu. Selain itu, dengan mengenalinya kamu juga dapat memperkirakan apakah cocok untuk jenis rumah yang ingin kamu buat atau tidak. Sehingga kamu akan lebih mudah memutuskan akan menggunakan kusen kayu atau aluminium.

Apa Itu Kusen Aluminium?

Kusen aluminum merupakan salah satu jenis kusen yang terbuat dari alumunium dan tidak membutuhkan perawatan yang rutin. Selain itu, jenis ini pun jauh lebih kuat dibandingkan dengan kayu. Bahkan Dapat menahan siraman air hujan maupun sinar matahari. Namun, meskipun begitu kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan kusen aluminium  jauh lebih detail.

Kelebihan Kusen Aluminium Dibandingkan Kayu

Sebenarnya tidak hanya kaya, tetapi kekurangan aluminium  pun perlu kamu perhatian dengan baik. Namun, sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui lebih detail mengenai kelebihan yang kusen aluminum mili. Adapun keunggulan dari jenis kusen ini sendiri yaitu sebagai berikut!

Tahan Terhadap Cuaca

Berbeda dengan kelebihan dan kekurangan jendela kayu yang dapat mudah dibentuk, tetapi tidak tahan segala cuaca. Jenis kusen ini memiliki sifat tahan terhadap korosi bahkan sekalipun itu adalah air laut.

tidak heran apabila, ia memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca dna tidak mudah berkarat. Untuk jenis kusen ini, cocok untuk digunakan di berbagai ruangan yang cukup lembab seperti halnya ruang cuci, dapur, kamar mandi, dan lain sebagainya.

Kuat

Aluminium merupakan salah satu bahan yang memiliki kekuatan yang terbilang cukup baik terhadap tegangan yang sifatnya mekanik. Selain itu, aksen jenis ini pun tidak akan menurut maupun memuai. Sehingga tidak akan mudah melengkung karena cuaca panas atau sebaliknya.

 Tentu hal tersebut membuat pun akan membuat dinding rumah bangunan tidak mudah retak. Akibat terjadinya pemuaian pada jendela maupun pintu. Dimana hal tersebut menjadi salah satu kelebihan pintu aluminium yang digunakan.

Tahan Terhadap Rayap dan Jamur

Ada beberapa orang yang menggunakan kusen aluminium pintu kayu untuk mendapatkan kekuatan dari kusen dan ingin menampilkan kesan alami yang divisualisasikan oleh kayu. Hal ini karena kusen yang terbuat dari aluminium memiliki daya tahan terhadap serangan rayap maupun jamur.  Sehingga ruangan tidak akan mudah lembab.  Dengan begitu, usia pakai dari kusen tebsit pun akan jauh lebih lama. Tentu hal tersebut, dapat menghemat anggaran keuangan sehingga dapat menggunakanya untuk kebutuhan lainnya.  

Bobot yang Ringan

Kusen ini hanya memiliki berat sebesar 2,7 gram/mc3 sehingga jauh lebih ringan daripada kusen baja maupun besi. Dengan begitu, kusen aluminium tidak memberikan  beban tambahan terhadap dinding maupun tembok rumah.

Pemasangannya dan Perawatannya Mudah

Saat akan memasang maupun melakukan pembocoran, prosesnya relative jauh lebih muda daripada kusen yang berbahan kayu.  Hal ini karena dinding tidak perlu kamu jebol hanya untuk melepaskan kusen. Dengan begitu, pergantian kusen pun dapat dilakukan dengan cepat. Tidak hanya itu saja, perawatannya pun jauh lebih mudah karena hanya perlu menggunakan lap yang sudah dibasahi oleh sabun cuci sedikit saja.

Terdapat Banyak Variasi Warna

Jika kamu sedang ingin kusen yang memiliki warna Bergama dan sedang memeprtimbangkan, lebih baik pintu aluminium atau kayu.

Maka sebaiknya, kamu memilih kusen alumunium karena terdapat banyak pilihan warna. Seingga dapat lebih mudah menyesuaikannya  dengan warna banguan maupun rumah.

Kekurangan Kusen Aluminium

Kelebihan dan kekurangan kusen kayu dan aluminium sama-sama memiliki bobot yang cukup ringan daripada kusen besi atau tembaga. Smenetara untuk kekurangnnya terdapat beberapa perbedaan. Untuk lebih jauh, yuk simak kekurangan dari kusen jenis ini!

Desain Terbatas

Kusen ini tidak dapat diberikan ornamen tambahan maupun diukir seperti halnya kusen yang terbuat dari kayu. Dengan begitu, desain nya hanya terbatas sehingga tidak heran apabila desainnya hanya itu-itu saja.

Harus Dengan Tenaga Ahli atau Profesional

Dalam pemasangannya, kamu perlu menggunakan jasa tenaga ahli yang profesional karena tidak dapat dipasang begitu saja. Jika pemasangannya terus dipaksakan seperti itu pada akhirnya akan merusak tembok maupun dinding.

Pengukuran Harus Teliti dan Akurat

Kusen yang terbuat dari alumunium, umumnya sudah memiliki ukuran yang sudah ditentukan berdasarkan produksi pabrik. Dengan begitu, pengukuran dinging perlu diperhatikan dengan teliti sehingga pembuatan luba apda tembok hausalah akurat.

Selain itu, lubangnya pun tidak boleh miring ataupun melengkung. Hal ini karena dapat menyulitkan proses pemasangan kusen pada dinding. Maka untuk mengatasi hal tersebut, salah satu caranya yaitu dinding perlu dibongkar lagi mengikuti ukuran kusen yang telah kamu pesa.  

Biayanya Lebih Mahal Dibandingkan Kusen Kayu

Kekurangan kusen kayu memang memiliki daya tahan yang kurang baik, tetapi tidak semahal kusen aluminium. Penyebab dari harganya mahal yaitu karena biaya bahan pokok dan biaya tukang dalam pembuatan kusen terbilang cukup tinggi. Sehingga tidak heran apabila harga jualnya tinggi, tetapi hal tersebut setara dengan kelebihan yang didapatkan.

Daftar Harga Kusen Aluminium

Seperti yang diketahui,  bahwa harga kusen aluminium vs kayu memiliki memiliki perbedaan. Dimana biaya nya jauh lebih tinggi daripada kayu. Untuk lebih jauh, simak ulasan mengenai  beberapa harga dari kusen jenis ini!

 

Harga Kusen Bahwa Aluminium Alexindo

Harga jenis aluminium untuk pintu berbeda-beda tiap warnanya dan ukurannya. Misalnya, kusen warna coklat dengan ukuran 3 inci berwarna coklat di harga sekitar Rp 140.000 per meternya. Untuk lebih jauh, simak ulasan berikut ini!           

Ukuran 3 Inci

  • Warna silver : Rp 140.000 per meter
  • Warna putih: Rp180.000 ribu per meter
  • serat kayu:  Rp260.000 per meter

Ukuran 4 Inci

  • Warna hitam: Rp150.00 per meter
  • Warna silver: Rp170.000 per meter
  • Warna coklat: Rp170.000 per meter
  • Warna hitam): Rp150.000 per meter
  • Warna putih : Rp200 ribu per meter
  • serat kayu): Rp290.000 per meter

Harga Kusen Aluminium Forta

Untuk harga jenis ini berkisar sekitar Rp 85.000 untuk warna silver per meternya dan Rp 100.000 per meter untuk warna coklat.  Sementara untuk ukuran  4 inci harganya beragam, dari mulai harga Rp 95.000 per meter untuk warna silver dan Rp 110.000 untuk warna coklat serta hitam per meternya.

Harga Kusen Aluminium Aluprima

Untuk kusen jenis ini biasanya dihargai sekitar Rp 85.000 sampai dengan Rp 95.000 per batang nya dengan ukuran 3 inci. Semenara untuk ukuran 4 inci dibandrol sekitar Rp 95.000 sampai dengan Rp 105.000 per batangnya.

Harga Kusen Aluminium Inkalum

Kusen yang memiliki ukuran 3 inci dengan warna silver yaitu sekitarnya Rp 222.000 untuk permeternya dan warna coklat  serta hitam Rp 233.000 per meternya.  Adapun untuk ukuran 4 inci yaitu dihargai sekitar  RP 244.000 per meternya untuk warna silver. Sementara untuk warna coklat berkisar Rp 242.000 dan warna hitam Rp 245.000 per meternya.

Harga Kusen Aluminium HP Metal

Jenis kusen alumunium ini dengan ukuran 3 inci di harga Rp 75.000 per meter untuk warna silver, warna coklat Rp 85.000 per meternya, warna putih Rp 95.000   per meter, dan  silver Rp 95.000 per meter. Sedangkan untuk warna coklat dengan ukuran 4 inci di harga sekitar Rp 95.000 per meternya.

Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium antara lain memiliki bobot yang ringan, memiliki daya tahan yang kuat, memiliki beragam warna, dan lain sebagainya. Sementara untuk kekurangannya yaitu harganya lebih mahal, desain terbatas, dan lain-lain.