10 Model & Jenis Batu Alam Dinding Rumah yang Bikin Sejuk

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
10 Model & Jenis Batu Alam Dinding Rumah yang Bikin Sejuk

Salah satu pilihan material untuk dinding rumah agar nampak menarik dan sejuk yaitu dengan menggunakan batu alam. Alasan mengapa batu alam dijadikkan sebagai dinding karena akan menjadikan rumah lebih alami dan sejuk. Untuk Anda yang ingin suasana rumah lebih alami dan sejuk namun masih bingung batu alam yang mana yang akan Anda pilih simak berikut ini tentang model dan jenis batu alam dinding dan harganya!

Batu alam adalah batu yang diambil dari alam dan biasa digunakkan untuk pagar atau lantai agar lebih indah. Anda tidak perlu bingung lagi karena di bawah ini adalah  beberapa contoh batu alam dinding rumah minimalis yang bisa Anda gunakkan. Jadi, apa saja jenis batu alam? Yuk, simak!

1. Batu Sabak 

batu sabak

Model batu alam dinding luar rumah yang berasal dari kali/sungai ini cocok Anda gunakan untuk dinding rumah. Keunggulan dari batu sabak salah satunya adalah sangat kuat untuk menjadi pondasi bangunan rumah. Selain kokoh, batu sabak dapat dibelah menjadi potongan kecil sehingga mudah untuk ditempelkan menjadi pelapis dinding. 

Batu sabak biasa digunakkan untuk luar ruangan misalnya dinding pada pagar, pilar, kolam ikan minimalis penghias taman kering. Jika Anda berencana untuk menambahkan taman atau kolam, maka bisa mencoba mengaplikasikan batuan yang satu ini. Pasti tampilan rumah Anda akan semakin menarik.

2. Batu Andesit

batu andesit

Untuk Anda yang ingin batu alam yang tahan segala cuaca untuk dalam atau luar rumah, dinding batu alam andesit adalah jawabannya. Selain motif yang beragam, batu alam ini memiliki pori-pori kecil. Kelebihan batu andesit ini adalah tahan cuaca dan tahan dari jamur dan lumut sehingga tidak perlu memberikan zat pelapis untuk membasmi lumut. 

Karena keunggulan tersebut maka Anda tidak perlu khawatir dengan jamur dan cuaca yang akan mempengaruhi batu alam ini. Tak heran jika batu andesit ini cukup populer untuk material rumah sejak zaman dulu. Meski sering terkena paparan sinar matahari dan air hujan, tidak menjadi masalah. Batu alam dinding harga ini sekitar 90-180 ribu.

3. Batu Granit

batu granit

Batu granit merupakkan batu alam yang sering digunakkan banyak orang. Batu alam ini menjadi favorit di kalangan masyarakat untuk digunakkan sebagai dinding dapur atau dinding kamar mandi untuk memberikan kesan alami di rumah. Selain tampilannya yang terlihat alami, batu granit nampak mewah. Selain digunakan dalam rumah, batu granit bisa digunakan untuk dinding teras rumah dan mempercantik luar rumah. 

Batu alam dinding yang satu ini memang memiliki pori-pori yang kecil. Oleh karena itu, jenis batu ini tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Selain itu, jenis batu alam granit termasuk kuat dan tahan akan berbagai kondisi alam, baik saat hujan dan panas. Anda bisa kombinasikan dengan berbagai furniture dari kayu yang kuat. Beberapa furniture yang bisa Anda gunakan yakni kabinet dan rak gantung.

4. Batu Porselen

batu porselen

Batu porselen sering digunakkan untuk pembangunan rumah. Bahkan, batu alam ini diaplikasikan juga untuk furniture. Warna dan corak porselen membuat kesan mewah di rumah. Maka dari itu, batu porselen cocok untuk mempercantik bagian luar rumah untuk memberikan kesan mewah pada rumah. Selain tampilannya yang mewah, batu porselen ini cukup kuat.

Jenis batu ini sudah sering dijumpai pada rumah-rumah, apalagi pada area lantai atau permukaan meja dapur rumah.  Warna dari jenis batu ini juga cukup beragam. Mulai dari yang warna putih, coklat, dan hitam sehingga bisa Anda sesuaikan dengan keinginan.

5. Batu Palimanan

batu palimanan

Batu palimanan yang asalnya dari Cirebon ini memang cukup populer sebagai material dinding rumah batu alam. Jenis batu ini cocok Anda tempatkan pada bagian rumah mana pun. Baik untuk dalam rumah maupun luar ruangan yang mudah terkena sinar matahari dan hujan. 

Warna yang cerah pada dinding teras tentunya akan membuatnya tambah cantik. Namun, penggunaan batu ini perlu dilapisi zat khusus supaya tahan lama karena batu palimanan biasanya terdapat lumut. Jadi, sebaiknya lapisi batu palimanan dengan zat khusus untuk melindungi batu dari jamur dan lumut.

6. Batu Paras Jogja

batu paras jogja

Dari tampilannya saja nampak sangat menarik. Batu paras Jogja ini sangat cocok dijadikan dinding rumah Anda. Selain untuk di dalam rumah, di luar rumah juga cantik digunakkan seperti di teras. Batu alam dinding teras terbaru dari ukiran seni yang elegan membuat tampilan rumah Anda semakin cantik dan artistik. Tentunya Anda akan betah duduk di teras dan menikmati indahnya ukiran pada batu paras Jogja.

Biasanya batu paras Jogja yang digunakan sebagai dinding batu alam. Jenis batu ini terbagi menjadi dua macam, yakni jenis batu paras Jogja krem dan batu paras Jogja putih. Biasanya untuk batu paras Jogja yang berwarna putih memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini karena memiliki tampilan yang lebih mempesona. Batu yang cantik ini cocok Anda gunakan sebagai bahan desain keramik batu alam untuk bagian interior rumah dengan teksturnya lembut.

7. Batu Susun Sirih

batu susun sirih

Batu susun sirih yaitu batu alam yang berbentuk ukuran kecil yang panjang. Bahan batu sirih terbuat dari beberapa campuran batu alam seperti batu palimanan, andesit, dan batu cupang merah. Batu alam campuran ini bisa dijadikan pagar tembok, pilar, dan material tiang.

Batu alam susun sirih ini biasanya memiliki bentuk dalam ukuran 3×30 cm atau 3×40 cm.Untuk hasil pemasangannya, dinding batu susun sirih ini akan tampak bertekstur dan juga unik. Hasilnya sangat cocok untuk mempercantik bagian tiang dan model pagar rumah yang minimalis.

8. Batu Cladding

batu cladding

Batu alam dengan teknik penyusunan ini adalah batu cladding. Dinding ini dibuat dengan berbagai warna dan disusun secara acak. Hasilnya, batu alam di rumah seperti mozaik. Teknik yang satu ini jadi pilihan tepat untuk bagian fasad desain rumah modern. Jenis batu mozaik bisa memberikan kesan alam yang elegan dan penuh warna. Bahkan sangat cocok Anda aplikasikan pada dinding luar maupun dalam rumah. Selain itu, batu ini juga cocok untuk area pagar depan rumah serta dinding luar kolam renang.

9. Batu Candi

batu candi

Batu candi adalah batu yang berasal dari candi. Batu alam dinding hitam dari batu candi ini memberikan suasana alam untuk rumah Anda. Batu candi memiliki tekstur yang sedikit kasar dan berpori dengan warna abu kehitaman. Selain itu, batu candi ini cocok untuk rumah semi-modern. Jika Anda ingin menggunakan batu candi ini maka Anda tidak akan kesulitan memasangnya di rumah. Sebab, batu candi ini dijual seperti lempengan sehingga mudah untuk dipasang pada dinding. Harga candi juga cukup murah dibanding dengan batu alam lainnya. 

Namun, batu candi ini tidak cocok untuk di luar ruangan karena mudah menyerap air sehingga bisa menumbuhkan lumut. Jika masih ingin memasangnya di luar maka jangan lupa untuk rutin memberi lapisan khusus untuk mengurangi lumut yang tumbuh.

Penggunaan batu alam candi ini tidak membuat bangunan jadi kuno, justru akan membuat bangunan terlihat alami dan menambah nuansa sejuk. Batu ini yang bisa dijadikan sebagai material pembuatan dinding luar rumah dan juga kolam hias. Pemasangannya juga tergolong mudah serta sangat mudah untuk Anda bersihkan.

 10. Batu Templek

batu templek

Batu templek memiliki banyak jenis tergantung dengan daerah produksi. Batu templek jenisnya seperti templek Garut, Purwakarta, atau Salagedang. Yang membedakannya hanya motifnya saja. Namun, motif persegi lebih mahal karena pemasangan dinding akan lebih mudah dari pada motif lainnya. 

Batu alam templek ini yang memiliki motif acak tidak kalah menarik. Hal ini karena akan memberikan hasil akhir alami yang memukau dan lebih natural. Hadirnya dalam bentuk yang padat dan keras, sehingga tahan cuaca, lumut, dan juga jamur. Bahkan, perawatan jenis batu ini tergolong mudah.

Itulah model batu alam yang bisa jadi inspirasi untuk mempercantik dinding rumah. Anda bisa pilih model di atas dan segera pergi ke toko jual batu alam dinding untuk mempercantik rumah Anda. Semoga bermanfaat!