5 Rekomendasi Dapur Minimalis Cocok untuk Rumah Berukuran Mungil

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
5 Rekomendasi Dapur Minimalis Cocok untuk Rumah Berukuran Mungil

Desain dapur sederhana dapat menjadi dapur minimalis yang cantik sehingga menciptakan kesan lebih luas dibanding aslinya. Tak hanya mengutamakan desain yang cantik, dapur minimalis juga harus mempertimbangkan fungsi dari dapur tersebut. Apalagi jika Anda hanya memiliki ruangan sempit untuk kegiatan memasak. 

Sekarang tak perlu khawatir, meskipun dapur Anda berukuran kecil, Anda bisa menciptakan dapur yang sebelumnya kecil dan sempit menjadi nampak lebih luas dan semakin nyaman untuk memasak. Langsung saja simak desain dapur minimalis di bawah ini!

Rekomendasi Dapur Minimalis 

Tak perlu khawatir, meskipun memiliki ukuran dapur mungil, Anda tetap dapat menciptakan ruangan dapur yang nyaman. Dengan begitu, kegiatan memasak akan terasa menyenangkan. Berikut ini adalah desain dapur yang dapat Anda terapkan.

1. Minimalis Modern

Minimalis Modern

Contoh dapur minimalis modern ini terlihat sangat sederhana, namun tetap ada kesan elegan. Desain ini memang banyak digunakan pada era modern saat ini. Anda dapat menggunakan perpaduan bahan kayu dan marmer sebagai dasar desainnya. Marmer dapat digunakan sebagai meja kitchen set dan juga meja makan.

Sementara untuk kitchen set dapat menggunakan warna hitam atau coklat kayu. Selain itu, tambahkan tanaman hijau serta pajangan dinding untuk mempermanis dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik.

2. Minimalis Nuansa Kayu

Minimalis Nuansa Kayu

Model dapur minimalis sederhana selanjutnya yakni dapur minimalis dengan nuansa kayu. Pemilihan dapur dengan nuansa kayu ini memberikan tampilan dan suasana yang hangat. Bahkan untuk mendesainnya juga cukup mudah. Hal ini karena hanya perlu menggunakan warna-warna kayu saja.

Aplikasikan bahan kayu untuk berbagai macam perabotan seperti kitchen set, rak, hingga perlengkapan makan. Dapur minimalis sederhana agar tidak monoton warna kayu, Anda menambahkan warna hitam atau putih. Selain itu, dapat memberikan dekorasi tanaman hijau untuk setiap sudutnya.

3. Minimalis Tema Industrial

Minimalis Tema Industrial

Bentuk dapur minimalis dengan tema industrial juga dapat Anda terapkan. Dapur ini memang banyak disukai oleh kalangan para pasangan muda yang baru menikah. Dapur minimalis ukuran 3×3 yang sangat simpel dan tidak memiliki banyak dekorasi. Biasanya memiliki pilihan warna abu-abu, hitam, putih, hingga coklat. Warna abu-abu yang menjadi warna yang paling dominan. Sementara untuk ketiga warna lainnya hanya sebagai pelengkap saja.

4. Minimalis Serba Putih

Minimalis Serba Putih

Warna putih menjadi warna netral yang dapat menjadikan ruangan dapur tampak lebih luas. Selain itu, pemilihan warna ini juga membuat pencahayaan dapur terasa lebih baik. Anda dapat menggunakan kitchen set berwarna dasar putih dengan sentuhan warna coklat kayu. Hal ini agar dapur tidak tampak monoton.

Selain itu, untuk membuat dapur minimalis terbuka Anda dapat menambahkan jendela. Sementara, penataan dapur minimalis apabila tidak ingin kitchen set atas, maka gunakan rak kayu dengan warna putih. Rak ini sebagai tempat penyimpanan peralatan makan agar mudah dijangkau.

5. Minimalis Ala Vintage

Minimalis Ala Vintage

Inspirasi desain dapur yang dapat dipilih selanjutnya yakni ala vintage. Bagi penyuka vintage,  pastinya akan sangat menyukai desain dapur ini. Anda dapat membuat kitchen set dengan warna telur asin dan bagian atas mejanya menggunakan marmer.

Untuk kompornya, Anda bisa menambahkan kompor tungku agar terlihat jadul. Anda memang perlu mencari perabotan vintage untuk mendukung tampilan dapur yang indah. Meski cukup sulit dilakukan, namun perabotan vintage ini dapat menjadi dekorasi di dalam dapur sehingga sifatnya menjadi multifungsi. Apabila sudah tidak dipakai, maka menjadi dekorasi dapur minimalis unik dan cantik.

Dapur minimalis yang banyak dipilih tidak hanya dapur minimalis modern mewah. Saat ini ada banyak desain dapur yang cantik untuk dapur kecil Anda. Meski memiliki ukuran rumah mungil, tidak masalah untuk membuat dapur yang cantik dan nyaman.