6 Ide Desain Rooftop Rumah Minimalis yang Estetik, Bikin Betah!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
6 Ide Desain Rooftop Rumah Minimalis yang Estetik, Bikin Betah!

Mungkin jika sering melihat drama, Anda tentu sudah tidak asing dengan rooftop rumah. Pada drama sendiri, seringkali rooftop atau teras atap dijadikan tempat bersantai, berkebun, dan bahkan tempat tinggal seseorang.

Memiliki teras atap membuat Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti BBQ, berkebun, berjemur, dan lainnya tanpa perlu halaman yang luas. Ini merupakan salah satu ide dari rumah rooftop ala Korea.

Memiliki teras atap di rumah merupakan salah satu hal yang diimpikan seseorang, terutama bagi masyarakat kota. Simak beberapa ide desain rooftop rumah di bawah ini!

Perbedaan Rooftop, Balkon, dan Loteng

Beberapa orang mungkin masih belum paham apa yang dimaksud dengan rooftop? Rooftop adalah bagian luar ruangan teratas dari bangunan. Sedangkan loteng merupakan ruangan dalam rumah antara langit-langit bangunan dan balkon memiliki ukuran lebih sempit, tidak terlalu luas seperti rooftop. 

Ide Desain Rooftop Rumah Minimalis

Secara umum, rooftop berfungsi sebagai spot bersantai atau juga berkumpul bersama para kerabat. Ya, nuansa alam yang menyejukkan menjadikan tempat tersebut sangat cocok digunakan untuk menikmati sisa hari.

Namun, bila Anda tidak memiliki lahan cukup luas, jangan khawatir karena berikut ini terdapat sejumlah desain teras rooftop rumah kecil yang bisa dijadikan contoh.

Pada umumnya, rooftop memiliki fungsi sebagai tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Ya, pemandangan alam yang menyejukkan cocok digunakkan untuk beristirahat dan bersantai.

Namun, jika Anda tidak memiliki tempat yang luas di rumah, jangan bersedih hati karena berikut ini adalah beberapa ide menarik untuk membuat rooftop.

1. Teras Atap Kafe

Teras Kafe

Membuat atap rumah menjadi seperti kafe tentu akan sangat menarik. Desain rooftop cafe biasanya memadukan gaya minimalis dengan ornamen kayu pada meja dan kursi yang digunakan.

Karena tidak membutuhkan banyak furniture, Anda bisa menambahkan dekorasi seperti pohon baik buatan maupun asli. Budget yang diperlukan untuk merealisasikan rooftop rumah minimalis ini sebenarnya tergantung dari luas dan furniture.

2. Rooftop Rumah Mewah

Rooftop Mewah

Jika Anda suka dengan hal-hal mewah, desain satu ini tentu cocok untuk dicoba. Anda bisa membentuk gazebo mini dengan atap awning ditambah berbagai furniture serta layar untuk menonton film bersama.

Dengan penambahan awning membuat Anda tidak perlu khawatir furniture akan kehujanan atau rusak karena cuaca buruk. Furniture, barang-barang lain akan terlindungi dari sinar uv menyengat di siang hari dan hujan.

3. Desain Roof Garden

Rooftop Garden

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan konsep roof garden? Ini merupakan taman di atas rumah atau gedung. Sebenarnya, untuk konsep roof garden sudah sejak lama ada, namun masih jarang diterapkan di Indonesia.

Jika memiliki rumah dengan rooftop garden tentu akan sangat bermanfaat karena Anda bisa bersantai sambil menanam buah atau sayuran. Budget untuk pembuatan desain ini tidak terlalu besar sehingga bisa dicoba.

4. Desain Hutan 

Rooftop Hutan

Hampir mirip dengan desain rooftop garden, perbedaan dari tema hutan adalah pepohonan yang lebih besar dan lebat. Ini juga menjadi solusi sebagai ruang bebas polutan karena dikelilingi oleh tanaman.

Menambahkan tanaman ke lingkungan hidup membantu penghuni rumah melepaskan rasa stres serta memberikan efek terapeutik ketika merawat tanamannya. Jadi, tema ini cocok digunakan jika Anda selalu hidup di bawah tekanan.

5. Ide Desain Rooftop Rumah Sederhana

rooftop sederhana

Tidak sulit untuk membuat teras atap sederhana, karena berbagai furniturenya bisa Anda berikan sesuka hati. Misalnya saja seperti, bangku taman biasa, atau memberikan sofa empuk untuk bersantai sambil menikmati cuaca.

Anda bisa menambahkan dekorasi seperti pot-pot kecil untuk menyegarkan atap atau menanam tanaman yang lebih besar. Jadi, Anda sudah memiliki taman sendiri.

6. Desain Ala Drama Korea

rooftop korea

Teras atap yang biasa diperlihatkan pada drama memiliki gaya romantis, meskipun dipadukan dengan berbagai desain lain seperti vintage, natural, lainnya. Dalam pemilihan gaya, ini tentu terserah Anda.

Pada drama sendiri sering diperlihatkan teras atap dengan bangku-bangku sederhana yang dipadukan gemerlap lampu tumblr. Hal itu tentu akan menenangkan dan memberikan kesan romantis saat digunakan.

Saat ini, masyarakat mulai mengerti bagaimana cara memanfaatkan lahan sempit di rumah, salah satunya dengan pembuatan teras atap. Jika ingin tidak monoton, Anda bisa mencoba gaya rooftop rumah dari film.

Itu dia beberapa ide menarik membuat rooftop rumah minimalis yang estetik dan cantik. Jika Anda tidak memiliki lahan yang terlalu luas maka pilihan di atas bisa dijadikan contoh. Jangan lupa membuka situs linktown untuk membantu Anda mencari informasi hunian impian. Semoga bermanfaat, ya!