5 Contoh Rumah Atap Miring Modern Minimalis

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
5 Contoh Rumah Atap Miring Modern Minimalis

Pemilihan bentuk atap dapat berpengaruh pada tampilan eksterior rumah secara keseluruhan. Untuk itu, memilih desain atap secara tepat saat membangun rumah baru perlu diterapkan untuk menampilkan kesan menawan. Apalagi dengan banyaknya model atap, Anda dapat mengaplikasikan rumah atap miring yang modern untuk hunian impian. Tak hanya tampil unik, namun rumah atap miring juga memiliki banyak kelebihan. Salah satunya, dapat mengendalikan suhu agar rumah terasa lebih sejuk dan banyak lagi manfaat lainnya. Yuk, simak selengkapnya!

Rekomendasi Atap Rumah Miring modern minimalis

Tak hanya berfungsi sebagai pelindung rumah, atap juga bisa menjadi elemen dekorasi yang mampu mempercantik hunian. Desain atap yang menjadi tren saat ini yakni model rumah atap miring. Meski dahulu model atap rumah atap miring kurang diminati, tetapi kini menjadi tren dan banyak digunakan. Berikut ini adalah rekomendasi atap rumah miring modern.

1. Rumah Atap Miring Kombinasi

Rumah Atap Miring Kombinasi

Memadukan dua jenis atap pada satu bangunan rumah bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan penghuni yang menyukai area rooftop. Desain atap datar yang berpadu dengan atap miring ini, bisa mengurangi kesan kaku yang seringkali muncul. Selain itu, juga mampu meningkatkan aspek desain eksterior hunian. 

Rumah atap miring sederhana ini juga dapat Anda desain dengan membuat ruang untuk area santai, menjemur dan lain sebagainya sehingga rumah Anda tidak hanya tampil cantik tetapi memaksimalkan fungsi rumah.

2. Rumah Atap Miring Satu Sisi

Rumah Atap Miring Satu Sisi

Konstruksi atap miring satu sisi dengan konsep minimalis umumnya menggunakan atap yang lebih modern. Rumah atap miring satu sisi dapat bervariasi tergantung pada bahan yang akan Anda gunakan. Misalnya, untuk kemiringan rendah, lembaran logam atau baja adalah pilihan terbaik. Desain atap miring belakangan ini semakin populer sebab dianggap sesuai dengan wilayah Indonesia yang beriklim tropis.

Bahkan, rumah dengan atap miring satu sisi bukan hanya membuat tampilan  lebih cantik, namun mampu menambah nilai jual properti karena memiliki desain yang unik. Dengan demikian, atap miring adalah pilihan tepat karena menawarkan banyak keuntungan dari bentuk hingga nilai jual properti yang lebih tinggi saat dijual nanti. 

3. Atap Rumah Modern Dua Sisi

Atap Rumah Modern Dua Sisi

Selanjutnya yaitu atap rumah modern dua sisi. Anda dapat mencoba mengaplikasikan rumah atap miring dua sisi kiri atau kanan bangunan dengan bersamaan. Umumnya, desain atap rumah ini menerapkan kemiringan antara 22,5 hingga 30 derajat. Model kemiringannya bisa ke depan, kebelakang, ke samping kiri, ke samping kanan atau kombinasi antara beberapa kemiringan.

Desain atap pada rumah ini memiliki kuda kuda atap bagian kanan bangunan yang dibuat lebih tinggi dari kuda kuda atap bagian kanan. Hasilnya yaitu gabungan 2 bumbungan atap miring tampak bertumpuk. Komposisi ini juga menghadirkan kesan asimetris yang kuat pada bangunan. Namun, pastikan untuk memilih sudut yang sesuai agar menjadi jalan untuk air hujan dan tidak mengenai bagian dinding bangunan.

4. Gaya Modern Minimalis Butterfly

Gaya Modern Minimalis Butterfly

Saat melihat sekilas model atap yang satu ini, terbilang mirip dengan bentuk sayap kupu-kupu. Model atap pada hunian ini terdiri dari dua permukaan miring dan saling bertemu pada bagian tengahnya. Bagian tengahnya memungkinkan air hujan dikumpulkan, sehingga bermanfaat untuk aliran air hujan.

Sebuah downspout melekat pada tong hujan atau jenis reservoir air lainnya dapat dipasang untuk air yang dikumpulkan di bagian tengah. Sudut atas dapat Anda pasang jendela yang lebih besar agar lebih banyak cahaya alami, dan menghadirkan kesan terbuka pada hunian. Tak hanya memberikan tampilan yang unik, ide atap rumah ini pun membantu menambahkan kesan mewah yang indah di pandang mata.

5. Modern Minimalis Konsep Industrial

Modern Minimalis Konsep Industrial

Contoh Rumah Atap Miring terakhir yaitu konsep industrial. Tampilan desain  yang urban, namun tetap modern cocok dikombinasikan dengan desain minimalis atau tropis. Gaya industrial biasanya diciptakan dengan beberapa material seperti palet baja beton, plat stainless steel, baja dan cermin. Sementara, penambahan unsur kayu bermanfaat untuk menghadirkan kesan yang hangat pada ruangan.

Selain itu, Rumah atap miring ke belakang satu sisi ini memadukan banyak bukaan kaca pada bawah atap sehingga bisa menangkap cahaya alami. Konsep desain rumah ala industrial termasuk salah satu konsep desain rumah yang banyak diminati dan diaplikasikan. Tentu saja, Anda pun dapat mengaplikasikan desain atap rumah yang satu ini karena memberikan kesan estetik. 

Itulah Contoh rumah atap miring dapat menjadi inspirasi Anda saat akan membangun rumah impian. Inspirasi rumah atap miring bukan hanya unik, tetapi juga membuat hunian Anda lebih menonjol daripada rumah lainnya. Namun, pastikan untuk menyesuaikan desain dengan selera dan kebutuhan Anda agar nyaman ke depannya. Lantas, manakah rumah atap miring pilihan Anda?