Inilah Denah Rumah Minimalis dengan Berbagai Ukuran Lahan!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
Inilah Denah Rumah Minimalis dengan Berbagai Ukuran Lahan!

Selama beberapa tahun ini, desain jenis rumah minimalis memang sangat populer. Banyak pemilik rumah merombak rumahnya untuk mendesain rumahnya menjadi lebih estetik dan minimalis. Ya, desain minimalis ini menyatakan banyak sorotan, sebab mampu menampilkan desain rumah sederhana serta elegan. Selain memberikan suasana baru dan menyenangkan, desain minimalis juga sangat menguntungkan bagi para penghuni rumahnya. Berikut denah rumah minimalis dengan berbagai macam ukuran yang menarik untuk Anda ketahui. 

Keuntungan Mempunyai Rumah Minimalis

Menyusun denah rumah minimalis ini ternyata akan memberikan banyak kenyamanan dan kelebihan dengan karakteristik tersendiri. Sebab desain minimalis ini berbeda dengan desain rumah biasa. Berikut beberapa keuntungan mempunyai rumah dengan mengusung desain minimalis.

  • Nyaman dan aman.
  • Tata ruangan lebih sederhana.
  • Gaya arsitektur bangunan lebih geometris.
  • Dinding lebih lembut dan bersih.
  • Eksterior rumah lebih sederhana tanpa adanya dekorasi tambahan.
  • Ruangan rumah lebih terbuka tanpa adanya pembatas atau sekat.
  • Furniture rumah lebih minimalis dan menarik.
  • Ruangan lebih bersih dan lebih terang.
  • Hanya membutuhkan material bangunan sederhana.

Denah Rumah Minimalis

Arsitektur rumah minimalis selalu menggunakan material bangunan yang mudah ditemukan. Jadi setelah Anda bisa menerapkan desain minimalis sesuai dengan konstruksi serta fungsionalnya untuk Anda tinggal. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui ukuran rumah yang akan Anda bangun. Setiap ukuran atau surat tanah denah rumah juga berbeda-beda posisinya. Berikut beberapa contoh desain denah rumah konsep minimalis dengan berbagai ukuran.

1. Desain Rumah Minimalis 6 x 8

Desain Rumah Minimalis 6x8

Denah rumah minimalis 6×8 ini memang nampak kecil. Namun, denah rumah ukuran ini bisa dibangun dengan 3 kamar dan 2 kamar mandi. Tata ruangannya cukup padat, akan tetapi dibuat tanpa serat. Jadi ruang akan terlihat lebih luas. Selain itu Anda juga bisa mengusung desain tambahan dengan melengkapi taman kecil dan carport di depan rumah. Untuk desain interior untuk ukuran rumah 6X8 ini lantainya bisa dipasang dengan kayu parket muda yang akan membuat rumah terlihat menarik dan mewah.

2. Desain Rumah Minimalis 6×10

Desain Rumah Minimalis 6x10

Untuk denah rumah minimalis 6×10, Anda bisa memiliki sebuah rumah dengan carport cukup besar. Rumah ini  memiliki 1 lantai dengan 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang cuci jemur, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Bukan itu saja, sebagai rumah minimalis, denah rumah ukuran 6 X 10 minim sekat agar membuat ruangan tampak lebih lapang dan luas. Ruang keluarga dengan space cukup besar, bisa digunakan pula sebagai ruang tamu dengan sedikit menambahkan dekorasi sofa serta penyekat. 

3. Desain Rumah Minimalis 6×12

Desain Rumah Minimalis 6x12

Denah rumah 6×12 memiliki ukuran lebar 6 meter dan panjang 12 meter. Total luas lahannya yaitu 72 meter persegi. Rumah 6×12 mempunyai ukuran yang efektif untuk keluarga yang  beranggotakan sekitar 3-4 orang. Anda juga bisa memiliki teras atau halaman yang bisa Anda bangun, juga bisa menggunakan dinding batu alam agar terkesan semakin natural. Karena rumah tidak terlalu luas, rumah 6×12 harganya ini tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk keluarga baru. Denah rumah yang baik yaitu mementingkan keselarasan antar ruangan. 

4. Desain Rumah Minimalis 7×9

Desain Rumah Minimalis 7x9

Pada denah rumah minimalis 7×9, Anda bisa memiliki sejumlah ruangan yang cukup untuk satu keluarga. Pada bagian depan dalam dan belakang rumah terdapat taman cukup luas, area garasi bisa dimiliki samping kiri. lalu, terdapat teras kecil di bagian depan. kemudian ruang tamu serta ruang keluarga dan ruang makan berada dalam satu ruang tanpa partisi atau sekat pemisah. Denah ini mempunyai tiga kamar tidur, yakni kamar tidur utama serta dua kamar anak atau satu kamar anak dan satu kamar untuk tamu dengan ukuran berbeda-beda.

Beberapa denah rumah minimalis dengan masing-masing ukuran lahan tanah bisa jadi referensi untuk Anda. Jadi, dengan contoh desain di atas Anda bisa memikirkan bagaimana desain rumah Anda dengan gambaran yang disediakan di atas. Jika Anda ingin membangun sebuah hunian, maka dapat memperkirakan ukuran lahan serta kebutuhan.