Bagaimana Mengusir Ular dari Rumah dengan Aman? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 13, 2023 by David Ashari
Bagaimana Mengusir Ular dari Rumah dengan Aman? Simak Ini!

Cara mengusir ular dari rumah yang tepat dapat meminimalisir terjadinya hal yang berbahaya yang akan menimpa Anda. Selain itu, cara yang seperti itu pun dapat memberikan rasa aman tersendiri bagi Anda.   

Cara Mengusir Ular Dari Rumah

Dalam Islam, ada doa mengusir ular yaitu ‘’A’udzu bikalimatillahit tammati min syarri maa khalaq.” Dimana arti dari doa tersebut adalah “ Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya’’. Selain membaca doa, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengusir hewan tersebut dari rumah.

  •     Pembersih Lantai

Untuk metode ini, Anda dapat menggunakan pembersih lantai untuk bisa mengusir ular. Seperti halnya asam karbol. Untuk caranya sendiri, Anda hanya perlu menuangkan bahan tersebut ke dalam tubuh ular, nantinya hewan tersebut akan merasakan sensasi hangat bahkan dapat merusakan sensor gerak pada ular.

Dengan begitu, ular akan jalan secara perlahan sehingga akan lebih mudah untuk Anda tangkap dan usir. Namun, dalam penggunaannya cara ini, Anda haruslah ekstra hati-hati  karena ular bisa saja memberikan perlawanan yang tidak terduga.

  •     Minyak Kayu Manis dan Cengkeh

Apabila cara pertama dirasa cukup berbahaya, maka Anda dapat menggunakan minyak cengkeh dan  kayu manis untuk mengusir ular. Maka silahkan untuk menyemprotkan kedua bahan minyak tersebut ke beberapa sudut ruangan atau bahkan jika Anda berani, menyemprotkannya langsung ke ularnya. 

Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati, terdalam jiak menyemprotkannya di bagian belakang tubuh ular. Pasalnya, bisa saja ular langsung menyerang tanpa aba-aba. Cara inipun dipercaya dapat menyebabkan ular hilang secara perlahan karena tidak menyukai aroma tersebut.

  •     Bubuk Belerang

Ternyata tidak hanya manusia yang tidak tahan akan aroma satu ini. Namun, ular pun ternyata tidak terlalu kuat untuk bisa bertahan dengan aroma bubuk belerang. Hal ini karena  ular dapat merasakan penciumannya terganggu karena aromanya sangat menyengat.

Kamu hanya perlu menyimpan bubuk ini di sudut-sudut atau celah rumah. Misalnya, di area dekat pintu dan lain sebagainya.

  •     Gunakan Amonia

Selain aroma-aroma yang diatas, ternyata ular pun tidak menyukai aroma amonia yang cenderung tidak sedap. Hal tersebut pun didukung oleh beberapa studi yang menulisnya. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu menyempurnakan  amonia pada sudut-sudut rumah atau area yang biasanya menjadi wadah bagi ular.

  •     Bawang Merah dan Putih

Ular takut dengan bau apa? Salah satunya yaitu aroma dari bawang putih dan bawang merah. Hal ini dapat dikatakan efektif dalam pengusiran ular. Hal ini karena kedua bawang tersebut memiliki kandungan asam sulfat.

Dimana ular tidak dapat mentoleransi kandungan tersebut. Sehingga tidak heran apabila nantinya ular akan cepat menghindar. Selain menggunakan bawang, kamu juga dapat menggunakan garam. Untuk cara mengusir ular dengan garam yaitu dengan menaburkannya ke area-area yang sering dilewati dan area masuk ke dalam rumah. Seperti halnya di depan pintu, jendela, dan lain sebagainya.

  •     Hilangkan Sumber Makanan

Cara ampuh mengusir ular dari rumah yaitu dengan menghilangkan sumber makan hewan tersebut di area di dalam maupun area sekitar rumah. Dimana ular menyukai burung, katak, dan ikan. Maka, jika Anda didatangi ular bahkan berkali-kali, tidak ada salahnya untuk menghilangkan atau menghilangkan hewan yang disukai oleh ular.

  •     Menggunakan Kamper

Ada beberapa suara yang memang ditakuti oleh ular, tetapi jika kamu tidak mengetahui suara yang ditakuti ular kobra, maka dapat menggunakan kamper yang bahan utamanya adalah Naftalena. Kandung ini menghasilkan aroma yang dapat membuat ular iritasi.

 Dengan begitu, cobalah untuk melarutkan kapur barus pada beberapa celah maupun lubang yang ada di rumah. Dimana hal tersebut memiliki potensi untuk dimasuki oleh ular. Namun, hati-hatilah saat meletakan kapur ini karena sangat berbahaya untuk hewan peliharaan maupun anak kecil karena bisa saja kapur tersebut tertelan.

  •     Menghilangkan Tempat Persembunyian

Untuk dapat menggunakan metode ini, hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan cara mencari ular yang bersembunyi di rumah. Cobalah untuk memeriksa area rumah yang ada di dalam maupun di dalam rumah. Jika ada retakan maupun lubang, cobalah untuk memperbaikinya dengan segera. 

Begitupun jika menemukan kerusakan pada pipa, ventilasi, dan lain sebagianya, dengan memerpaikinyam maka tidak ada lagi tempat untuk ular bisa bersembunyi. Usahakan pula untuk menata  ruangan dan barang dengan rapi. Usahakan untuk tidak menumpuknya.

  •     Asap

Cara mengusir ular kawat di rumah dapat menggunakan asap karena indera penciumannya sangat tajam terhadap bau. Untuk dapat mengusirnya, silahkan untuk menggali lubang dan membiarkan lubang tersebut berasap selama sehari-hari. Selain itu, Anda pun dapat melapisinya dengan daun diatas arang untuk dapat memberikan hasil yang maksimal.

  • Hubungi Pengendali Satwa

Apabila kamu merasa sulit untuk mengusir nya sendiri, maka tidak ada salahnya untuk menghubungi pihak pengendali stawa professional. Mereka pasti sudah memahami dengan baik  bagaimana cara mengatasi hal tersebut, bahkan jika ada masalah mereka dapat menghadapinya. Hal ini karena umumnya par profesional tersebut sudah terlatih dengan baik.

Cara mengusir ular dari rumah menurut islam dapat dengan menyuruhnya keluar dan membacakan doa yang telah dibahas di atas. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan cara lainnya seperti halnya menggunakan bawang putih dan merah, menggunakan asao, gunakan bubuk belerang, dan sebagainya.