7  Contoh Desain Teralis Pintu Beserta Tips untuk Memilihnya!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
7  Contoh Desain Teralis Pintu Beserta Tips untuk Memilihnya!

Inspirasi Desain Teralis Pintu 

Pada umumnya, pintu teralis terbuat dari stainless steel, besi tempa, dan plat. Bentuknya pun cukup beragam mulai dari model kotak, bulat, dan ulir. Ukuran teralis biasanya berkisar satu centimeter tetapi jika Anda ingin keamanan yang lebih baik maka pasanglah teralis besi dengan diameter yang lebih besar agar kokoh. 

1. Model Teralis Pintu Gaya Kerajaan

teralis pintu

Dari ukiran pintu di atas nampak sekali gaya klasik pada ukiran. Ukiran pada besi yang dikombinasikan dengan warna emas seperti ada mahkota. Teralis pintu ini cocok buat Anda yang selalu menginginkan rumah model kerajaan. Pintu teralis model ini memiliki diameter yang lebih dari satu sentimeter yang membuatnya kokoh dan menambahkan keamanan pintu.

2. Model Teralis Pintu Tipis

teralis pintu

Rumah minimalis memiliki konsep yang sederhana dan ringkas. Sehingga, properti dan furniture yang digunakan tidak begitu berlebihan. Salah satu desain yang bisa digunakan untuk rumah dengan konsep minimalis adalah teralis tipis. Anda bisa membuatnya dengan model vertikal tipis dengan jarak antar garisnya selebar telunjuk.

3. Model Teralis Pintu Kayu

teralis pintu

Furniture dari kayu memang menjadi pasangan yang sangat cocok bagi rumah dengan konsep minimalis. Selain akan membuat tampilan rumah lebih sederhana dan elegan, material kayu juga akan memberikan nuansa alami. Selain itu, pencahayaan menggunakan teralis kayu juga lebih baik. 

Anda bisa membuat desain horizontal dengan jarak antar garisnya sekitar 3 cm. Namun, desain ini memiliki kekurangan, yaitu Anda perlu melakukan perawatan ekstra. Mulai dari proses membersihkannya dan menghindarkannya dari rayap. Sebab jika tidak, teralis akan mudah lapuk dan dibobol oleh orang asing.

4. Model Teralis Pintu Silang Vertikal

Desain teralis silang vertikal menjadi salah satu pilihan terbaik juga untuk rumah dengan konsep minimalis. Selain itu, tingkat keamanan dari desain teralis ini juga sangat tinggi.

Anda bisa membuat corak garis-garisnya melengkung atau corak menarik lainnya. Semakin rumit corak yang digunakan, teralis pintu silang vertikal ini juga semakin mahal. Kelebihan lainnya adalah nilai estetikanya tidak berkurang. Sebab, coraknya bisa disesuaikan dengan desain rumah.

5. Desain Pintu Teralis Besi Minimalis Modern

Jika Anda ingin memiliki rumah dengan desain teralis yang modern dan kekinian, maka Anda bisa mencoba menggunakan pintu teralis besi minimalis modern. Anda bisa menyesuaikan corak dan warnanya dengan yang sedang populer saat ini.

6. Teralis Pintu 2 Minimalis Gaya Klasik

Gaya klasik sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah 2 pintu. Biasanya, teralis bergaya klasik ini dilengkapi dengan besi tebal dan corak khas zaman dahulu. Sehingga, nilai estetika rumah akan meningkat.

Selain digunakan sebagai komponen pengamanan, teralis juga kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan estetika rumah minimalis. Oleh sebab itu, Anda harus pintar memilih desain teralis pintu.

7. Teralis Kisi-Kisi Alumunium

Model teralis pintu dari aluminium nampak begitu unik. Perawatannya pun mudah, bahan yang tahan lama, dan harga yang lebih terjangkau dari material pintu teralis lainnya.

Tips Memasang Teralis Pintu

1. Siapkan Budget untuk Bahan Teralis Berkualitas

Pintu teralis yang berkualitas juga dijual dengan harga yang tinggi. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan budget yang cukup. Semakin besar dan tebal ukuran teralis, maka semakin mahal.

2. Memilih Model Teralis yang Menarik 

Selalu sesuaikan pilihan model teralis pintu dengan rumah Anda. Teralis dengan model ulir akan terlihat elegan jika digunakkan dengan rumah yang besar. Namun, Anda perlu lebih selektif dalam memilih pintu teralis untuk rumah yang kecil. Sebaiknya rumah kecil dipasang teralis pintu model minimalis agar tidak terlihat membosankan dan ketinggalan zaman.

3. Pilih Warna Cat Pintu yang Tepat

Warna pintu pada teralis ternyata mempengaruhi suasana interior rumah Anda. Jika Anda suka dengan warna netral, Anda bisa memilih cat warna coklat, hitam, atau silver. Namun, untuk memberikan kesan ceria maka pilihlah warna yang terang. Apa pun warna yang Anda pilih, jangan lupa untuk menyesuaikan warna interior rumah.

4. Lapisi Pintu Teralis dengan Bahan Anti Karat

Setelah memasang pintu teralis, jangan lupa untuk melapisi pintu teralis dengan bahan anti karat agar mengurangi risiko karat akibat paparan air dan kelembapan udara yang tinggi.

Demikianlah informasi seputar desain teralis pintu beserta tips untuk memilihnya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan pintu teralis agar terjaga kebersihannya dan memperbaharui warna cat teralis pintu agar selalu nampak baru. Semoga bermanfaat ya!