5 Ide Desain Interior Ruang Tamu Favorit Keluarga, Intip Yuk!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
5 Ide Desain Interior Ruang Tamu Favorit Keluarga, Intip Yuk!

Ruang tamu adalah ruang yang pertama kali ditemui tamu ketika berkunjung ke rumah. Tak hanya sebagai ruangan untuk menerima tamu, namun desain ruang tamu juga menentukan first impression orang ketika pertama kali masuk rumah. Interior ruang tamu yang nyaman dan bersih sudah pasti banyak menjadi impian untuk memberikan tampilan yang  mengesankan kepada tamu yang datang, bahkan sudah ada banyak sekali desain interior yang bisa Anda ciptakan pada ruang tamu.

Nah, berikut ini ada beberapa desain terbaik untuk menciptakan ruang tamu rumah Anda semakin meriah dan menarik.

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu

Mengingat bahwa ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang pertama kali akan dimasuki pengunjung maka jika ruangan tersebut nyaman akan membuat siapapun yang duduk di sana menjadi lebih betah. Oleh karena itu, Anda harus bisa mendesain ruangan dengan baik dan benar agar menghasilkan ruang tamu yang nyaman dan juga indah dipandang. Berikut ini ada beberapa model yang bisa Anda pilih.

1. Desain Interior Ruang Tamu Modern

Desain Interior Ruang Tamu Modern

Interior ruang tamu modern minimalis bisa menjadi pilihan ruang tamu keluarga. Kesan putih dan bersih membuat pemandangan di ruang tamu menjadi luas. Desain ini sangat cocok untuk Anda  yang tidak mau repot dalam menentukan furnitur dan hiasan yang sesuai dengan rumahmu. Rahasianya adalah selalu memilih perabotan warna dasar dan minimalis seperti sofa berwarna abu atau putih dengan meja minimalis.

Jika kamu tidak menginginkan ruangan yang terlalu polos, tidak ada salahnya kamu mencoba menggabungkan lukisan abstrak dengan warna dasar putih, atau menerapkan kombinasi warna cat rumah serta dinding dengan sentuhan marble yang menghiasi pertengahan ruangan. Tampilan ini pastinya membuat semua ruangan di rumah Anda terasa modern dan tentunya nyaman.

2.  Desain Interior Ruang Tamu Mewah

Desain Interior Ruang Tamu Mewah

Ruang tamu mewah sudah pasti menjadi idaman bagi banyak orang yang ingin suasana rumah mewah. Ruang tamu dengan desain seperti ini relatif berwarna gelap dan memiliki ruangan yang luas. Untuk mendapatkan suasana rumah mewah, Anda dapat menerapkan warna hijau, marun, navy, dan warna yang bercorak. Dengan demikian, nuansa elegan dan mewah akan selalu hadir pada desain interior ruang tamu minimalis modern ini. Pastikan untuk mendekorasi ruangan dan desain dinding yang mewah seperti lemari atau meja antik.

3. Desain Interior Ruang Tamu Elegan

Desain Interior Ruang Tamu Elegan

Ruang tamu dengan desain berikut ini cocok bila ingin suasana ruangan tampak elegan. Apalagi jika rumah Anda memiliki langit-langit yang tinggi, maka bisa menerapkan desain interior yang satu ini. Pada dasarnya ruangan dengan langit-langit tinggi akan membuat ruang tamu minimalis terlihat lebih elegan. Tak hanya itu saja, melainkan juga akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Untuk menambahkan kesan elegan yang maksimal, Anda bisa menambahkan dekorasi pelengkap yang terkesan elegan sehingga menaikkan kelas ruang tamu Anda.

4. Desain Interior Ruang Tamu Aesthetic

Desain Interior Ruang Tamu Aesthetic

Ruang tamu aesthetic ini juga tak kalah menarik, sehingga bisa menjadi pilihan terbaik Anda selanjutnya. Terlebih lagi jika Anda menginginkan suasana ruangan lebih segar namun hangat, maka ini adalah pilihannya. Pasalnya ruang tamu aesthetic memiliki desain yang sederhana namun tetap unik dan berbeda dengan desain lainnya. Furniture antik bisa Anda lakukan untuk mendekorasi ruangan aesthetic ini.

Misalnya, dengan memasang lukisan kuno, cermin yang berbingkai antik, kursi dan meja dari kayu jati, dan meja anyaman. Untuk memberikan kesan yang lebih maksimal, Anda bisa mendekorasi ruangan dengan warna yang hangat seperti warna oranye, biru, merah dan pastel.

Ingin desain ruang tamu Anda tidak membosankan? Tiru saja inspirasi di atas! Pilih juga dekorasi seperti meja dan kursi serta aksesori penunjang lainnya. Setiap desain dan model interior ruang tamu seperti contoh-contoh di atas memang berbeda-beda. Meski demikian, semuanya sama-sama mampu menciptakan ruangan semakin mewah dan elegan.

Nah, dengan penataan yang tepat, maka ruang tamu akan terlihat semakin indah dipandang. Hal yang terpenting dalam membuat ruang tamu adalah mengenai penataan dekorasi dan warna yang tepat sehingga tercipta ruang tamu impian Anda.