8 Cara Merawat Tanaman Calathea agar Tumbuh Subur dan Indah

Artikel ini terakhir di perbaharui November 10, 2022 by
8 Cara Merawat Tanaman Calathea agar Tumbuh Subur dan Indah

Tanaman Calathea tak kalah indah dengan tanaman janda bolong. Bahkan, tanaman Calathea menjadi tanaman yang terkenal tahun ini. Calathea banyak diminati karena unik dan indah di lihat sehingga banyak pecinta tanaman terpikat. Tahukah Anda bahwa tanaman Calathea disebut prayer plant karena tanaman Calathea menggulung daunnya seperti sedang berdoa. Selain unik, cara merawat calathea cukup mudah. Bagi Anda yang tertarik dengan tanaman Calathea, berikut jenis calathea dan gambarnya. Yuk, simak!

Mengenal Tanaman Calathea

Tanaman hias yang bernama Calathea ini merupakan tanaman daun yang punya karakteristik pada corak daunnya yang unik dan juga mencolok. Ya, tanaman hias yang termasuk ke dalam keluarga Marantaceae ini sekilas memang mirip dengan tanaman hias Aglaonema yang sama-sama karakteristiknya mencolok pada bagian daun. Sebetulnya, kedua tanaman hias tersebut mempunyai perbedaan yang cukup mencolok, yaitu daun Calathea lebih punya warna belang-belang serta batangnya lebih kaku. 

Bentuk daun Calathea yaitu oval dan tumbuh secara horizontal. Namun terkadang dapat melengkung ke bawah. Tanaman hias satu ini dapat membuat rumpun dengan batang yang sangat panjang. Cakathe termasuk ke dalam tanaman tropis yang cukup sensitif akan suhu dingin. Tetapi, ketika daun Calathea ini terkena sinar matahari secara langsung, maka akan menggulung serta berpengaruh terhadap kualitas pertumbuhan bunganya.

Cara Merawat Tanaman Calathea

Anda dapat menciptakan lingkungan yang cenderung hangat dan lembab untuk merawat tanaman Calathea. Silahkan Anda letakkan tanaman hias Calathea di tempat yang lembab namun hangat supaya dapat tumbuh secara optimal.

Salah satu hal unik pada tanaman hias Calathea ini yaitu kemampuan daunnya untuk bergerak tiap hari. Hal tersebut karena adanya faktor yang berupa tekanan air di ruas-ruas pangkal pada setiap daun Calathea. Proses yang terjadi pada tanaman hias ini dinamakan dengan nyctinasty. Mari kita simak cara merawat tanaman Calathea di bawah ini.

1. Sedikit Pencahayaan

Cara Merawat Tanaman Calathea agar Tumbuh Subur dan Indah

Berbeda dengan tanaman yang lain, tanaman Calathea tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Jadi, tanaman ini cocok untuk ditempatkan dalam ruangan, dan jangan tempatkan dekat dengan  jendela yang langsung terkena matahari. Perlu diingat bahwa semakin gelap tanaman Calathea seperti jenis Calathea Ornata maka semakin rendah keperluan cahayanya.

2. Perhatikan Kelembaban Tanaman

Cara Merawat Tanaman Calathea agar Tumbuh Subur dan Indah

Tanaman Calathea senang dengan kelembaban. Idealnya, kelembapan Calathea sekitar 50 persen atau lebih. Namun, tanaman Calathea memiliki beberapa jenis, terdapat jenis Calathea yang dapat hidup dalam kelembaban yang lebih rendah dari 50 persen. Sedangkan jenis Calathea yang lebih sensitif memerlukan kelembaban yang cukup tinggi sekitar lebih dari 60 persen.

3. Periksa Kadar Air

Cara Merawat Tanaman Calathea agar Tumbuh Subur dan Indah

Cara merawat tanaman Calathea agar tumbuh subur berikutnya yaitu dengan memeriksa kadar airnya. Sama seperti tanaman lainnya, Calathea juga senang disiram air yang disaring atau di deklorinasi. Jika Anda belum tahu air dalam rumah mengandung klorin atau tidak bisa dengan cara memasukkan air dalam semprotan tanaman dan diamkan semalam. Dengan cara ini akan membantu menghilangkan klorin ada air .

4. Perhatikan Media Tanamannya

Cara Merawat Tanaman Calathea agar Tumbuh Subur dan Indah

Calathea juga senang tanah yang lembab. Perlu diingat bahwa Calathea selalu ingin tanahnya lembab dan bukan yang basah. Media tanam calathea yang sehat adalah dari 50 persen pot tanah, arang 20 persen, kulit anggrek 20 persen, dan perlit 20 persen. Lalu, untuk mengecek jika tanah lembab atau tidak yaitu masukkan satu jari dalam tanah dan rasakan apakah tanahnya kering atau lembab.

5. Tepat dalam Memilih Pot

Tepat dalam Memilih Pot

Tepat di dalam memilih pot juga merupakan salah satu cara merawat tanaman Calathea yang tepat. Dari dulu, pot terakota dikatakan tidak dapat tumbuh jika dimasukkan dalam pot terakota. Hal ini karena pot terakota hanya melembabkan dan tidak membuat tanaman basah. Tanaman Calathea memang menyerap kelembaban sehingga tanah akan terus lembab secara optimal.

6. Pembasmian Hama dan Pemberian Pupuk

Pembasmian Hama dan Pemberian Pupuk

Cara merawat tanaman Calathea selanjutnya adalah membasmi hamanya serta memberikan pupuk pada tanaman hias ini. Agar Calathea tumbuh subur, Anda harus rutin memberi pupuk setiap sebulan sekali. Jangan lupa juga memperhatikan pemberian proses pupuk, pembasmian hama, dan penyiangan. Rutinlah mengecek tanaman agar bebas dari tanaman gulma.

7. Ketahui Tanaman Sakit

Ketahui Tanaman Sakit

Tahukah Anda tanda Calathea tidak sehat? Perhatikan tanda yang menampakkan adanya hama. Calathea harus mendapatkan jumlah air yang banyak supaya tetap sehat. Air yang sedikit akan menyebabkan daun mengering sehingga akan menggulung. Jika Calathea terlalu terkena cahaya matahari, Calathea tidak dapat tumbuh dengan sehat.

8. Budidaya Untuk Usaha

Budidaya Untuk Usaha

Melihat minat masyarakat Indonesia terhadap Calathea dapat memberikan Anda peluang untuk berbisnis Calathea. Anda bisa meraup untung dari bisnis tanaman Calathea.

Nah, itu dia cara merawat tanaman Calathea. Ingat ya, Calathea tidak terlalu memerlukan banyak paparan sinar matahari jadi cocok untuk di pajang di dalam rumah. Untuk jenisnya, Calathea memiliki 7 jenis diantaranya yaitu Contravenestra ,Black Lipstick, Merak, makoyana , Levonero, Picturata Argentea, dan Lancifolia. 

Untuk harganya cukup relatif mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp55.000. Lalu, untuk Jenis Calathea termahal yaitu Jenis Calathea Contravenestra dengan ciri khas gradasi warna hijau lebih banyak dari hijau muda hingga hijau tua. Sudah tahu, ya cara membudidayakan Calathea, selamat mencoba!