Contoh Proposal Usaha Lengkap dengan Tata Cara Pembuatannya

Artikel ini terakhir di perbaharui December 19, 2023 by David Ashari
Contoh Proposal Usaha Lengkap dengan Tata Cara Pembuatannya

Mengerti tentang contoh proposal usaha akan memberikan perbedaan pandangan yang bisa dipelajari oleh siapapun. Terkait kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan usaha melalui bantuan proposal agar bisa memasuki segmentasi pasar. Dimana hal ini, tentu dapat memberikan keuntungan dari segi waktu yang jadi lebih cepat masuk di pasaran.

Contoh proposal usaha lengkap misalnya, yang secara umum dibuat oleh seorang pengusaha sebagai pengajuan kerja sama atau dukungan keuangan kepada investor. Memuat penjabaran isi yang cukup detail meliput rencana hingga konsep usaha secara keseluruhan. Namun, jika Anda masih belum tahu apa itu proposal dan bagaimana cara membuatnya, yuk dapatkan referensi contoh pemformatannya di sini!

Pengertian Proposal Usaha

Proposal usaha adalah pengajuan yang dibuat secara tertulis dengan tujuan untuk menawarkan kerjasama kepada pihak tertentu. Dimana proposal ini berfungsi sebagai media penengah yang dapat menarik perhatian mitra agar mau menerima kerja sama. Secara umum proposal juga dapat ditujukkan kepada siapapun yang memang memiliki visi dan misi sama untuk menjadikan usaha jadi lebih besar.

Selain itu, proposal pun dapat menjadi dokumen untuk memperkenalkan suatu usaha yang ingin dijalankan. Ketika ada beberapa kesempatan penawaran untuk mengikuti berbagai komunitas atau pameran yang ingin mengekspos usaha kepada konsumen. Untuk jenisnya sendiri proposal terbagi menjadi 2 bagian yakni ; proposal  langsung dan proposal tidak langsung.

Proposal langsung adalah jenis proposal pertama yang dibuat pada umumnya dengan tujuan untuk mengajak vendor lain untuk bergabung bersama. Dalam merintis sebuah usaha yang saling memberikan kontribusi berbeda antara satu sama lain. Jenis proposal secara langsung merupakan simbolis yang mengharapkan terjadinya balas jasa untuk saling menguntungkan.

Sementara proposal tidak langsung termasuk bagian dari salah satu istilah marketing yang digunakan untuk memasarkan usaha. Baik produk atau jasa dari usaha yang ingin dijalankan. Contohnya, brosur yang secara cuma-cuma dibagikan kepada orang lain dan memiliki fungsi untuk memperkenalkan usaha tanpa mengharapkan balas jasa.

Adapun kerangka dari format penulisan proposal yang dapat Anda ketahui cukup bervariatif. Tergantung bagaimana cara Anda membuat konstruktif isi proposal yang semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian investor. Namun, setidaknya pastikan proposal memuat latar belakang usaha, target pasar, deskripsi produk, strategi marketing, rencana anggaran dan eksekusi.

Contoh Berbagai Proposal Usaha

Perlu Anda ingat bahwa jenis usaha tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Pasalnya ads bermacam-macam jenis usaha yang memiliki ciri khas masing-masing. Tanpa terkecuali contoh proposal usaha yang dapat Anda simak berikut ini!

Bisnis Makanan

Pertama contoh proposal usaha makanan yang mungkin dapat Anda coba ikuti secara sederhana yakni sebagai berikut :

  • Nama Produk : Gorengan Ragam Bentuk Bu Ai
  • Latar Belakang Usaha :  Dilatarbelakangi oleh bisnis rumahan yang pertama kali dimulai dengan door-to-door. Jenis usaha kuliner yang satu ini sudah menjangkau 50 pelanggan/hari sehingga pembukaan secara kaki lima diharapkan dapat menjangkau lebih banyak konsumen.
  • Target Pasar : Lokasi berada di area strategi kawasan kampus dan perusahaan dengan target pasar berfokus pada mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan terakses oleh orang banyak.
  • Deskripsi Produk: Akan ada 5 jenis gorengan yang berbeda bentuk mulai dari bakwan, risoles, kroket, cireng, dan molen. Bisa dipesan secara khusus atau menunggu di tempat.
  • Strategi Pemasaran: KOL kuliner di Bidang sejenis.
  • Rencana Anggaran : Mulai dari bahan baku, biaya roda, peralatan masak, dan promosi produk.
  • Rencana Eksekusi: Stand roda akan dibuka 2 bulan setelah perencanaan disetujui oleh pihak

Contoh proposal usaha makanan tersebut berlaku bagi semua orang yang ingin mengajukan kerja sama dengan menggunakan bantuan proposal. Dimana untuk isi dan pemaparan poin-poin dapat kembali dibuat ulang menyesuaikan kebutuhan usaha.

Bisnis Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan merupakan jenis bisnis yang sedang booming akhir-akhir ini, seperti produk keychain akrilik. Apabila Anda tertarik untuk coba menekuninya, terlebih dahulu dapat membuat proposalnya. Sebagaimana contoh proposal usaha dagang.

  • Nama Produk : Kerajinan Tangan Keychain Akrilik KPOP dan Animasi
  • Latar Belakang Bisnis : Inspirasi produk keychain berawal dari kebohongan merchandise KPOP yang dapat dijual secara ekonomis hingga mendapat keuntungan tinggi.
  • Target Pasar : Wanita remaja hingga dewasa yang menyukai KPOP
  • Deskripsi Produk: Keychain berukuran sekitar 5 x 6 cm dengan bahan terbuat dari akrilik dan gantungan terbuat dari besi stainless steel yang tersedia dari 20 jenis karakter.
  • Strategi Pemasaran : Strategi social media self promotion dan freebies di lokasi konser
  • Rencana Anggaran : Material dan kebutuhan lain
  • Rencana Eksekusi : Produk akan diproduksi 1 bulan setelah disetujui oleh mitra.

Bisnis Jasa

Contoh proposal usaha singkat biasanya dapat Anda temukan di penawaran bisnis jasa. Hal ini karena, modal bisnis jasa lebih sedikit daripada usaha lain sehingga tidak begitu memerlukan paparan terkait kebutuhan dana. Anda hanya perlu melihat contoh proposal usaha lengkap  berikut ini!

  • Nama Produk : English Online Courses for Kids 7th
  • Latar Belakang Usaha :  Bahasa Inggris saat ini merupakan mata pelajaran yang tidak lagi wajib dipelajari oleh anak sekolah dasar. Oleh karena itu, sebagai orang tua pasti akan mencari solusi agar anaknya tetap bisa mendapat pembelajaran Bahasa Inggris di luar kelas.
  • Target Pasar: Orangtua yang memiliki anak usia 7 tahun.
  • Deskripsi Produk: Kursus pembelajaran Bahasa Inggris secara online akan dilaksanakan dengan Kurikulum Cambridge yang tersedia kelas intensif 1-on-1 dan premium bagi 5 orang.
  • Strategi Pemasaran : Menggunakan social media ads.
  • Rencana Anggaran : Ketersediaan online platform subscriptions (Zoom) , gaji guru, dan adsense.
  • Rencana Eksekusi : Promosi akan segera dilakukam setelahi 1 bulan proposal disetujui.
  • Dimana format tersebut dapat jadi contoh proposal usaha word yang tentunya memudahkan Anda untuk membuatnya.

Tata Cara Pembuatan Proposal

Tata cara pembuatan proposal sendiri jika melihat contoh di atas memang terlihat sederhana. Namun, untuk proposal usaha makanan pdf dan lainnya yang sudah berbentuk badan usaha tidak semudah yang Anda bayangkan. Proposal harus memuat 9 bagian yang menjelaskan bagan berbeda-beda dari usaha.

Termasuk saat membuat contoh proposal usaha makanan ringan pdf yang memiliki masing-masing bagian penjelasan meliputi :

  • Membuat pendahuluan terkait latar belakang usaha, visi dan misi yang dicapai kedepannya
  • Mencantumkan profil perusahaan seperti jenis usaha, nama dan lokasi.
  • Membuat struktur organisasi perusahaan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan
  • Menjelaskan produk usaha mulai dari jenis, cara pembuatan hingga keunggulan
  • Menentukan target pasar sesuai kondisi demografi konsumen dan lainnya
  • Menyusun promosi pemasaran secara matang
  • Menyusun laporan keuangan secara realistis
  • Membuat penutup yang sekiranya dapat meyakinkan mitra
  • Menyusun lampiran berupa data-data pendukung seperti biodata pemilik usaha, surat izin, surat perjanjian usaha, sertifikat dan lainnya

Contoh proposal usaha memang berbeda-beda jika dilihat berdasarkan jenis bisnis dan fungsi kegunaannya. Akan tetapi, untuk tata cara pembuatannya sendiri,  proposal memiliki alur penulisan kerangka format yang sama. Selain itu, sebaiknya Anda dapat melihat contoh proposal usaha pdf sehingga formatnya tidak berubah-ubah. Meskipun digunakan di perangkat atau Microsoft berapapun.